Dijamin Ampuh! Ini 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Gatal

0
190

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Gatal pada area kulit sering kali membuat aktivitas harian kita terganggu, Ladies. Salah satu penyebab munculnya rasa gatal adalah reaksi alergi. Padahal, alergi sendiri belum tentu jelas asalnya dari mana, kecuali kita sudah sadar punya riwayat alergi tertentu.

Menggaruk permukaan kulit menjadi jalan tercepat untuk meredakan gatal. Namun, tindakan ini justru menyebabkan risiko lain, seperti kulit bersisik, kulit jadi ruam, hingga infeksi. Alih-alih digaruk sembarangan, coba deh bahan alami berikut ini untuk mengatasi kulit gatal!

Lidah Buaya

bahan alami untuk gatal

Menggunakan lidah buaya atau aloe vera di kulit dapat mendinginkan sekaligus mengurangi gatal berlebihan. Kandungan dalam lidah buaya juga baik untuk melembapkan kulit, terutama bagi Ladies yang memiliki kulit kering.

Untuk mengatasi gatal, Ladies bisa menggunakan gel atau krim yang terbuat dari lidah buaya. Kita juga bisa menggunakan lidah buaya segar dengan memotong, lalu mengambil lendir gelnya. Setelah itu, oleskan ke kulit yang gatal.

Cuka Apel

bahan alami untuk gatal

Selama ini cuka apel dikenal sebagai bahan antiseptik alami yang ampuh meredakan gatal di kulit loh. Cuka apel cocok digunakan untuk mengatasi gatal-gatal di area kulit kepala.

Cara menggunakannya juga mudah. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, usapkan larutan ke kulit kepala yang terasa gatal dan biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.

Daun Pegagan

bahan alami untuk gatal

Tanaman yang masih satu rumpun dengan daun peterseli ini memiliki banyak manfaat loh, Ladies. Kandungan di dalamnya bersifat anti peradangan dan anti alergi. Kedua fungsi inilah yang membuat daun pegagan ampuh untuk meredakan gatal di kulit.

Oatmeal

bahan alami untuk gatal

Selain baik untuk diet, oatmeal juga bermanfaat untuk mengurangi gatal-gatal di kulit loh, Ladies. Dalam oatmeal, terdapat kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang mampu mengatasi masalah kulit seperti gatal dan kulit kering. Kandungan humektan di dalamnya juga membantu melembapkan kulit. 

Untuk meredakan gatal, kita cukup menghaluskan oatmeal dan mencampurkannya dengan air hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskan pada area yang gatal. Diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

Baking Soda

bahan alami untuk gatal

Baking soda bukan hanya dipakai sebagai bahan pembuat kue. Kali ini kita bisa manfaatkan bahan ini untuk meredakan kulit yang gatal akibat infeksi jamur.

Baking soda memiliki efek antijamur sehingga mampu mencegah munculnya rasa gatal berlebihan. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Campurkan baking soda ke dalam sedikit air hingga berbentuk seperti bubur. Setelah itu, langsung oleskan saja ke area kulit yang gatal. 

Peppermint

bahan alami untuk gatal

Kulit Ladies gatal akibat gigitan serangga? Minyak peppermint bisa jadi solusinya. Minyak ini bersifat menyejukkan dan mampu mengurangi rasa gatal.

Namun, hati-hati ya dalam mengoleskannya ke kulit. Ini karena mengoleskan minyak peppermint secara langsung dapat menimbulkan sensasi panas. Untuk itu, kita perlu mencampurkannya dengan pelembap atau air terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya ke kulit. 

Minyak Kelapa

bahan alami untuk gatal

Bahan alami selanjutnya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa bersifat antiinflamasi yang efektif meredakan peradangan akibat gatal. Minyak kelapa kaya antioksidan sehingga mampu melindungi sel-sel kulit.

Tidak hanya itu, kandungan asam laurat di dalamnya membantu membunuh bakteri penyebab rasa gatal. Cukup oleskan minyak kelapa ke area yang gatal. Oleskan 3 kali sehari ya, Ladies.

Semoga rekomendasi bahan-bahan alami di atas dapat mengatasi gatal pada kulit, Ladies. Perlu diingat, untuk segera memeriksakan kulit ke dokter jika ruam dan gatal tidak kunjung sembuh.

Baca Juga:

Wajib Tahu! Ini Komponen dan Format Membuat Slip Gaji

8 Rekomendasi Buku yang Bisa Kamu Pilih untuk Membantu Self Improvement

Mau Liburan? Ini 9 Tempat Wisata Malang Paling Hits dengan Tiket Terjangkau