Simak! Ini 8 Bahan Alami untuk Mencerahkan Wajah

0
272

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Punya wajah cerah menjadi dambaan seluruh perempuan, jadi tidak perlu heran kalau produk perawatan perempuan banyak dan mahal. Namun sebenarnya kita bisa loh mendapat wajah cerah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bukan hanya pas di kantong, tetapi yang pasti bahan-bahan ini aman digunakan dan bebas zat kimia.

Masker yang terbuat dari buah-buahan atau tanaman lainnya bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut beragam produk alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai masker.

1. Timun

ahan Alami untuk Mencerahkan Wajah

Timun merupakan sumber antioksidan yang mengandung vitamin A dan C yang dapat mengurangi iritasi dan menghidrasi kulit wajah. Antioksidan dalam timun mampu merangsang pembentukan kolagen, sehingga membuat kulit terasa kenyal dan kencang. Bahkan masker timun bermanfaat mencegah kerutan, jerawat, dan komedo, loh.

Ada dua cara mengolah timun menjadi masker. Ladies bisa mengiris tipis timun, lalu letakkan di permukaan wajah. Selain itu, Ladies juga bisa memarut timun hingga halus, lalu oleskan pada wajah. Diamkan 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat.

2. Yogurt

ahan Alami untuk Mencerahkan Wajah

Yogurt mengandung asam laktat yang menghambat produksi enzim tyrosinase. Enzim ini bertugas memproduksi melanin, sehingga kulit kusam Ladies bisa berubah menjadi cerah.

Aplikasikan secukupnya yogurt plain pada wajah, diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas menggunakan air. Melakukan perawatan ini secara rutin bisa membantu kulit wajah bersinar secara alami, loh.

3. Oatmeal

ahan Alami untuk Mencerahkan Wajah

Selain bisa dimakan sebagai menu sarapan sehat, oatmeal juga bisa loh digunakan sebagai masker wajah. Ladies bisa mengeksfoliasi wajah menggunakan oatmeal agar sel-sel kulit mati terangkat, sehingga wajah akan lebih cerah, halus, dan bersih.

Campurkan oatmeal dengan air hangat ke dalam mangkuk. Aduk hingga teksturnya menjadi seperti pasta dan diamkan hingga dingin. Setelah itu, oleskan pada wajah dan diamkan 10-15 menit. Langkah terakhir sebelum dibilas, Ladies bisa memijat wajah secara perlahan untuk memastikan seluruh sel kulit mati terangkat.

4. Pepaya

ahan Alami untuk Mencerahkan Wajah

Kandungan antioksidan dan enzim papain dalam pepaya mampu mengikis sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit wajah. Buah yang satu ini juga mampu memudarkan flek hitam yang kerap muncul akibat paparan sinar UV. Ladies hanya perlu menghaluskan daging buah pepaya, lalu oleskan pada wajah selama 20 menit. Gunakan masker pepaya secara rutin minimal satu minggu sekali agar mendapat hasil yang maksimal.

5. Bubuk Kunyit

ahan Alami untuk Mencerahkan Wajah

Tanaman herbal yang satu ini telah dikenal punya beragam manfaat untuk wajah. Kandungan antibakteri, antiradang, dan antioksidan mampu memudarkan noda hitam, mengatasi jerawat, hingga mencerahkan wajah. Ladies bisa menggunakan bubuk kunyit sebagai pencerah kulit alami.

Caranya cukup campurkan air, bubuk kunyit, dan madu secukupnya. Aplikasikan masker alami ini ke permukaan wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.

6. Putih Telur

ahan Alami untuk Mencerahkan Wajah

Bahan makanan yang satu ini pasti mudah didapatkan di dapur nih,Ladies. Pisahkan kuning dan putih telur, lalu buat putih telur menjadi masker alami. Oleskan putih telur pada wajah dan diamkan hingga masker mengering, lalu bilas dengan air bersih. Kulit wajah akan tampak lebih cerah, kencang, dan komedo pun hilang. Lakukan langkah ini secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal.

7. Alpukat

ahan Alami untuk Mencerahkan Wajah

Buah yang satu ini punya banyak sekali zat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Kandungan vitamin A, C, E, B1, B6, dan folat membuat alpukat wajib menjadi opsi masker alami, Ladies. Sifat antioksidan dalam alpukat membantu mencegah kerusakan sel kulit, melembapkan, dan meremajakan kulit.

Untuk dijadikan masker, cukup haluskan setengah buah alpukat, lalu oleskan secara merata di wajah. Diamkan mengering selama 15-20 menit dan bilas menggunakan air hangat. Lakukan step ini 3 kali dalam satu minggu dan dapatkan wajah cerah dan kenyal.

8. Air Beras

ahan Alami untuk Mencerahkan Wajah

Setelah mencuci beras, airnya jangan langsung dibuang. Ladies bisa memanfaatkan air cucian beras tersebut sebagai masker alami. Caranya, bilas wajah dengan air hangat terlebih dahulu dan keringkan wajah. Setelahnya, basuh air cucian beras ke wajah dan biarkan hingga 15 menit. Lalu bilas kembali dengan air bersih dan sabun cuci wajah.

Kandungan vitamin A, C, fenolic, dan flavonoid mampu menyehatkan kulit. Selain itu, air beras juga diperkaya dengan oryzanol yang mampu menahan radiasi sinar UV.

Setelah mengetahui 8 bahan alami yang bisa dibuat menjadi masker, apakah tertarik untuk langsung mencoba, Ladies? Selamat mencoba!

Baca Juga:

7 Rekomendasi Skincare dari Brand Lokal Atasi Kulit Berjerawat

Kulit Kusam dan Berjerawat? Simak 8 Skincare untuk Remaja!

Waspada! Ini 8 Daftar Kosmetik Berbahaya dan Palsu