Catat! 6 Bahan Alami Memperpanjang dan Mempertebal Rambut

0
199

Penulis : Rina | Editor: Agnes

Memiliki rambut panjang, tebal, dan indah merupakan impian seluruh perempuan. Sayangnya, tidak semua orang bisa menggapai impian tersebut lantaran kecepatan pertumbuhan rambut yang berbeda-beda. Ketika siklus pertumbuhan rambut terganggu, rambut akan tumbuh lebih lambat sehingga tampak lebih tipis.

Apakah Ladies sedang menghadapi masalah ini? Don’t worry, Ladies. Pertumbuhan rambut bisa dirangsang menggunakan bahan-bahan alami yang tidak cuma aman, tetapi mudah didapat. Beberapa bahan berikut bisa kita temukan di rumah, keep scrolling to solve your problem!

1. Minyak Zaitun

bahan alami untuk memanjangkan rambut

Bagi Ladies yang memiliki rambut tipis bisa mengaplikasikan minyak zaitun. Kandungan omega 3 yang dalam minyak zaitun mampu menutrisi rambut hingga ke akar. Minyak yang berasal dari Mediterania ini juga ampuh menjaga kelembapan rambut. 

Untuk menggunakannya, Ladies bisa mengoleskan minyak zaitun langsung ke rambut dan kulit kepala. Selain itu, minyak zaitun juga bisa dicampur dengan bahan alami seperti alpukat atau madu untuk menambah kelembapan rambut.

2. Alpukat

bahan alami untuk memanjangkan rambut

Alpukat adalah salah satu buah yang terbukti bermanfaat bagi rambut. Vitamin E yang terkandung dalam alpukat mampu menutrisi seluruh batang rambut mulai dari pangkal hingga ujung rambut. 

Cara menggunakannya juga mudah kok, Ladies. Kita bisa membuat masker rambut menggunakan satu buah alpukat yang sudah dihaluskan. Setelah itu, campur dengan satu sendok makan minyak zaitun, lalu aduk hingga rata.  Masker buah ini bisa Ladies aplikasikan setiap 2 kali seminggu agar rambut tumbuh lebat dan indah.

3. Lidah Buaya

bahan alami untuk memanjangkan rambut

Tidak diragukan lagi kalau lidah buaya mengandung nutrisi baik bagi rambut. Bahkan, bahan alami ini sering dipakai sebagai bahan utama produk perawatan rambut. Kandungan antioksidannya mampu mengatasi rambut yang rontok. Sementara itu, zat penting seperti protein, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C, membuat tanaman ini mampu menjaga kesuburan rambut.

Untuk menggunakannya, Ladies bisa mengoleskan gel lidah buaya secukupnya ke rambut dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih dan ulangi perawatan ini sesering mungkin agar rambut tumbuh sehat dan berkilau.

4. Bawang Merah

bahan alami untuk memanjangkan rambut

Dikenal sebagai bumbu dapur, ternyata bawang merah juga bermanfaat bagi kesehatan rambut loh. Antioksidan yang terdapat dalam bawang merah mampu memperbaiki kerusakan rambut, terutama melawan hydrogen peroksida yang jadi penyebab utama kerontokan. 

Ladies bisa mencampurkan bawang merah dengan air dan menghaluskannya. Peras untuk mendapatkan sari bawang merah. Oleskan air bawang merah pada kulit kepala sambil dipijat. Bilas hingga bersih setelah didiamkan selama 30 hingga 60 menit.

5. Telur

bahan alami untuk memanjangkan rambut

Telur merupakan sumber protein yang baik untuk mempertebal dan menguatkan rambut. Bagi Ladies yang punya masalah rambut rontok dan tipis, coba pakai telur sebagai masker rambut. Vitamin dan omega yang terkandung dalam telur mampu merangsang pertumbuhan rambut, loh.

Kocok 1 butir telur dan aplikasikan pada rambut yang setengah basah. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Untuk menghilangkan bau amis gunakan shampoo, lalu bilas kembali. Ulangi treatment ini satu hingga dua kali seminggu agar dapat hasil yang maksimal.

6. Teh Hijau

bahan alami untuk memanjangkan rambut

Ladies sering minum teh hijau untuk menjaga bentuk tubuh? Ternyata, kita juga bisa memanfaatkan teh hijau untuk perawatan rambut loh, Ladies. Teh hijau mengandung beragam zat baik diantaranya polifenol, vitamin C, fluoride, mangan, dan antioksidan yang bermanfaat untuk menebalkan rambut.

Cukup rendam teh hijau semalaman di dalam air, lalu aplikasikan air teh ke rambut dan kulit kepala. Cukup diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

Merawat rambut agar tumbuh tebal dan panjang ternyata juga bisa dilakukan menggunakan bahan alami yang ada di rumah. Agar mahkota Ladies tampak indah, coba cek dapur dan segera buat masker rambut dari bahan alami di atas! Selamat mencoba!

Baca Juga:

Mau Liburan? Ini 9 Tempat Wisata Malang Paling Hits dengan Tiket Terjangkau

Rekomendasi 5 Merek Catokan Rambut Bagus dan Murah Di Bawah Rp 500 Ribu

7 Masker Rambut  Lokal Terbaik dan Murah Ampuh Mencegah Rambut Rusak!