Bacaan Surah Al-Falaq dan Keutamaannya dalam Islam

0
65

Penulis: Raizza | Editor: Agnes 

Surah Al-Falaq yang berarti “waktu subuh” merupakan surat ke 113 dalam Al Quran. Surah yang terdiri dari 5 ayat ini memiliki dua pendapat terkait jenisnya, antara di surah Makkiyah atau surah Madaniyyah.

Biasanya, surah Al-Falaq sering kali dibaca bersamaan dengan surah An-Nas dan keduanya disebut dengan Mu’awwadzatain atau surat perlindungan. Sama seperti surat-surat di dalam Al Quran lainnya, surat Al-Falaq memiliki sejumlah keutamaan yang membuat setiap pembacanya mendapat keberkahan.

Apa sajakah itu? Berikut Ladies Corner telah merangkum kutamaan surah Al-Falaq. Simak sampai habis agar kita bisa mengamalkannya, Ladies!

Bacaan Surat Al Falaq Beserta Artinya

قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ

qul a’ụżu birabbil-falaq Katakanlah, 

Artinya: “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar),

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

min syarri mā khalaq,

Artinya: dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan,

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ

wa min syarri gāsiqin iżā waqab,

Artinya: dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,

وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِ

wa min syarrin-naffāṡāti fil-‘uqad,

Artinya: dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya),

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

wa min syarrin ghasidin idja hasad

Artinya: dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.

Keutamaan Surat Al-Falaq

Surah-Al-Falaq-manfaat-dan-keutamaan

1. Meringankan penyakit

Surah Al-Falaq adalah salah satu surat yang bisa kita baca untuk mendoakan orang yang sedang sakit atau untuk diri sendiri. Sebab, salah satu keutamaan dari surah Al-Falaq adalah bisa meringankan beban penyakit yang sedang dialami.

Hal ini dipercaya karena dahulu Nabi Muhammad SAW membaca surah Mu’awwidzat (Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas) lalu diusapkan pada bagian tubuhnya yang sakit. Berikut ini riwayatnya:

“Sesungguhnya Rasulullah saw jika merasa sakit, baginda membaca Mu’awwizat kemudian meniupnya, ketika sakit itu bertambah parah, akulah yang membacakannya lalu aku usapkan dengan tangannya, mengharap keberkahannya,” (HR al-Bukhari: 4629 dan Muslim: 4065-4066). 

2. Mendapatkan perlindungan dari Allah SWT

Tidak hanya menjaga kesehatan kita, keutamaan dari surah Al Falaq lainnya yaitu mendapat perlindungan dari Allah SWT. Hal ini mengacu pada hadist berikut:

“Wahai Ibnu Abbas, maukah kamu aku tunjukkan –atau maukah kamu aku beritahu- sesuatu yang paling baik digunakan untuk berlindung?” Ibnu Abbas menjawab, “Iya wahai Rasulullah.” Beliapun bersabda: “Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbin nas, dua surat ini,” (HR. An Nasa’i; shahih).

3. Merasakan keamanan dan kenyamanan saat tidur

Surah Al-Falaq juga bisa menjadi bacaan yang dibaca saat kita hendak tidur. Tentunya dibarengi dengan surah Al-Falaq, dan An Nas masing-masing 3 kali.

Mengapa membaca surat ini? Karena hal ini yang dicontohkan oleh baginda Rasulullah SAW setiap malam sebelum tidur. Berikut riwayat hadist penjelasannya:

Aisyah ra berkata, “Setiap malam, ketika Rasulullah saw ingin mula tidur, baginda merapatkan kedua tangannya kemudian meniupkan ke arah kedua telapak itu sambil membaca surah al-ikhlas, al-falaq dan al-nas, kemudian menyapu semua anggota badan yang mungkin dijangkau, dimulai dari kepala, wajah dan seluruh bagian tubuh lain sebanyak tiga kali.” (HR al-Bukhari: 4630).

Waktu Terbaik Membaca Surat Al-Falaq

Surah-Al-Falaq-manfaat-dan-keutamaan

1. Setelah shalat Jumat

Membaca surah Al Fatihah, Al-Ikhlas, Al -Falaq, dan An-Nas masing-masing sebanyak 7 kali setelah shalat Jumat, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya di masa lalu. Selain itu, Allah juga akan memberikan pahala sebanyak orang yang beriman kepada Allah dan Rasulnya.

2. Sebelum tidur

Salah satu keutamaan surah Al-Falaq bisa membuat kita tidur dengan nyenyak dan nyaman. Jadi, waktu terbaik untuk membaca surat Al-Falaq adalah sebelum kita tidur.

Seperti yang dicontohkan oleh baginda Rasulullah SAW sebelum tidur yaitu membaca surah Al-Falaq dan An-Nas lalu mengusapkan ke badan dengan tujuan memohon perlindungan Allah SWT dari berbagai macam kejahatan.

3. Saat pagi dan sore hari

Surah Al-Falaq juga dianjurkan untuk dibaca di pagi dan sore hari. Tujuannya agar kita senantiasa mendapat perlindungan Allah SWT ke mana pun kita pergi.

Itulah dia sejumlah keutamaan dari membaca surah Al-Falaq dan kapan waktu terbaik untuk mengamalkannya. Semoga informasi tersebut bermanfaat ya, Ladies. Jangan lupa untuk share informasi ini ya supaya menjadi amal jariyah.

Baca Juga:

7 Nama-Nama Lain Hari Kiamat Menurut Islam, Wajib Diketahui!

Macam-Macam Sholawat Nabi dan Keutamaannya dalam Islam, Wajib Tahu!

Inilah Keutamaan Puasa Muharram dalam Islam dan Niatnya