Kumpulan Bacaan Niat Salat 5 Waktu Lengkap dengan Syaratnya

0
308

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Salat lima waktu merupakan ibadah wajib bagi umat muslim yang harus dilaksanakan sesuai dengan perintah dari Allah SWT. Perintah tentang salat lima waktu Allah turunkan langsung pada Nabi Muhammad SAW tanpa perantara malaikat jibril saat peristiwa isra miraj. Salat lima waktu menjadi kebutuhan sekaligus jembatan penghubung antara Allah SWT dan umatnya. 

Salat yang kita laksanakan lima waktu juga jadi pelengkap dalam kehidupan kita sesuai dengan hadis riwayat Muslim, dikatakan bahwa salat lima waktu seperti aliran air sungai yang melimpah dan jernih mengetuk pintu kemudian membersihkan seluruh isi rumah sebanyak lima kali sehari. Selain mendekatkan diri kita kepada Allah, salat juga membersihkan diri kita dari dosa-dosa.

Waktu Pelaksanaan Salat 5 Waktu dan Bacaan Doa Niatnya

Salat wajib dilaksanakan pada lima waktu yang berbeda dalam sehari dengan jumlah rakaat yang terdiri dari dua hingga empat rakaat. Berikut ini adalah waktu pelaksanaan salat 5 waktu dan juga bacaan doa niatnya yang dapat kita ketahui:

1. Salat Subuh

Salat subuh adalah salat wajib pertama sebanyak dua rakaat yang dilaksanakan pada waktu antara terbitnya fajar hingga menjelang terbitnya matahari. Bacaan doa niat salat subuh adalah sebagai berikut:

2. Salat Zuhur

Salat zuhur bersifat fardu ‘ain (wajib) bagi umat Muslim. Salat dilakukan sebanyak empat rakaat yang dilaksanakan pada waktu setelah matahari tergelincir (tengah hari) sampai  menjelang petang. Bacaan doa niat salat zuhur adalah sebagai berikut:

3. Salat Asar

Salat asar adalah salat wajib dilakukan sebanyak empat rakaat dan dilaksanakan sehabis salat zuhur hingga menjelang terbenamnya matahari. Bacaan doa niat salat asar adalah sebagai berikut:

4. Salat Magrib

Sama seperti salat fardu ‘ain lainnya, salat magrib juga wajib dilakukan sebanyak tiga rakaat dan dilaksanakan pada waktu menjelang matahari terbenam sampai tenggelamnya sinar merah matahari di ufuk barat. Bacaan doa niat salat magrib adalah sebagai berikut:

5. Salat Isya

Salat isya dilakukan sebanyak empat rakaat yang dilaksanakan pada waktu menjelang malam sesudah lenyapnya sinar merah matahari di ufuk barat sampai menjelang terbitnya fajar (setelah waktu magrib hingga menjelang subuh). Salat ini wajib dilakukan bagi umat Muslim. Salat ini menjadi salat penutup dari lima waktu salat wajib yang dilaksanakan umat muslim dalam sehari. Bacaan doa niat salat isya adalah sebagai berikut:

Syarat dan Rukun Salat

Syarat salat merupakan segala sesuatu yang harus dipenuhi sebelum mengerjakan salat. Jika syarat itu tidak terpenuhi maka salat yang kita laksanakan menjadi tidak sah. Berikut ini adalah syarat-syarat  salat yang patut kita ketahui:

Sementara itu, rukun salat merupakan segala hal pokok yang harus dilakukan dalam melaksanakan salat. Berikut ini adalah rukun-rukun salat sebagai berikut:

Itulah niat-niat bacaan salat lima waktu lengkap bersama artinya. Ucapkan syukur atas berkah dan nikmat yang telah diberikan selama ini. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan senantiasa meminta perlindungan Allah ya, Ladies.

Baca Juga:

Ini Dia 6 Macam-Macam Puasa Sunah Beserta Niatnya

Inilah Kumpulan Hadis Pendek yang Membuat Hati Tentram

Begini Hukum, Doa, dan Tata Cara Tayamum