Ternyata Ini Arti Sakinah Mawaddah Warahmah dalam Pernikahan

0
209

Penulis: Adriana | Editor: Agnes

Saat menghadiri pernikahan, kita tentunya sering mendengar ucapan doa agar menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Lantas, sebenarnya apa sih maksud dari sakinah, mawaddah, dan warahmah? 

Pas banget nih buat Ladies yang penasaran, kali ini Ladies Corner akan membahas arti dari ketiga kata tersebut. Yuk langsung saja simak penjelasannya di bawah ini ya, Ladies

Arti Sakinah Mawaddah Warahmah dalam Al-Qu’ran

Sebelum masuk dalam penjelasan, Ladies perlu tahu nih kenapa sakinah mawaddah warahmah menjadi kalimat wajib saat mengucapkan doa di pernikahan. Alasannya sederhana, yakni kalimat tersebut tercantum dalam Al-Qu’ran yang berbunyi seperti ini: 

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS Ar-Rum :21).

Dalam kutipan ayat tersebut, terdapat kata sakinah, mawaddah, dan rahma yang sering digabungkan menjadi sakinah mawaddah warahmah. Lantas, apa arti dari setiap kata tersebut? 

Sakinah

Arti Sakinah Mawaddah Warahmah

Dalam bahasa Arab, sakinah berarti ‘ketenangan, tentram, aman, dan damai.’ Rumah tangga yang baik akan terwujud jika pasangan memiliki jiwa yang damai dan menghindari munculnya pertikaian yang bisa berujung pada perpisahan.

Mendoakan rumah tangga yang sakinah berarti berharap jika kedua pasangan dapat saling menjaga emosi, menyukai kedamaian, dan lembut demi rumah tangga yang tentram. 

Mawaddah

Arti Sakinah Mawaddah Warahmah

Dalam bahasa Arab, mawaddah memiliki ‘arti cinta dan kasih sayang.’ Untuk menjalani rumah tangga yang baik, kedua pasangan harus memiliki kasih sayang dan cinta terhadap satu sama lain. 

Pasalnya kedua hal inilah yang menjadi dasar untuk membawa janji pernikahan sampai ke akhir hayat. Mewujudkan rumah tangga mawaddah dilakukan dengan perilaku kecil seperti mengucapkan sayang setiap hari, menjaga pasangan saat sakit, mendengarkan keluh kesah, hingga memberikan hadiah kecil bisa menjadi pilihan. 

Warahmah

Arti Sakinah Mawaddah Warahmah

Warahma berarti ‘rahmat, rezeki, karunia, dan ampunan yang datang dari Allah SWT.’ Saat mengucapkan warahma kepada pasangan pengantin, artinya kita berdoa agar pernikahan dipenuhi rahmat karunia oleh Allah untuk saling melengkapi satu sama lain. Dengan demikian, mengucapkan sakinah mawaddah warahmah kepada pengantin baru sama saja dengan mendoakan agar rumah tangga mempelai tentram, damai, penuh cinta, kasih sayang, dan berlimpah karunia. 

Nah, itu dia arti sakinah mawaddah warahmah yang sering kali diucapkan untuk para mempelai. Sangat bagus bukan arti dari sakinah mawaddah warahmah?

Baca Juga:

Gaya Hubungan Intim yang Dilarang dalam Hukum Islam

Bikin Deg-Degan! Inilah 8 Drama Korea dengan Adegan Ciuman Romantis

Bikin Doi Mabuk Kepayang, Coba 5 Trik Ciuman Bibir Romantis