Mengenal Lebih Dekat tentang Arti dan Nilai Pancasila Indonesia

0
273

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia sekaligus sebagai pedoman dalam hidup bermasyarakat. Kita tentu sudah hafal betul tiap sila dalam Pancasila itu sendiri. Namun, tidak banyak yang betul-betul memahami arti serta nilai yang terkandung dalam Pancasila Indonesia.

Pancasila sendiri berasal dari bahasa sansekerta “panca” yang artinya lima dan “syla” yang berarti sendi. Secara umum, Pancasila ini memuat hal-hal yang jadi landasan dalam berbangsa dan bernegara. Berikut ini arti dan nilai dari Pancasila yang sebaiknya kita pahami.

Sila Pertama: Nilai Ketuhanan

Arti Pancasila

Bunyi sila pertama adalah “Ketuhanan yang Maha Esa”. Ini menunjukkan bahwa negara Indonesia merupakan negara beragama sekaligus menganut kepercayaan pada Tuhan. Tiap warga negara dibebaskan memilih serta menjalankan agama yang dianut.

Penerapan dari nilai ketuhanan ini antara lain toleransi antarumat beragama, beribadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, hingga tolong-menolong tanpa membedakan agama. Nilai dari sila pertama inilah yang kemudian menjadikan bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa harmonis di atas ragam perbedaan.

Sila Kedua: Nilai Kemanusiaan

Arti Pancasila

Sila “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” menekankan pada kata “manusia” di dalamnya. Artinya, setiap warga negara berhak diperlakukan adil sejalan dengan harkat sekaligus martabatnya sebagai manusia. Kemanusiaan harus dijunjung tinggi semua elemen bangsa, baik itu rakyat maupun pemerintah.

Kemanusiaan sendiri tidak boleh membeda-bedakan status, suku, ras, maupun agama. Misalnya, tidak boleh ada perbedaan perlakuan hanya karena warna kulit berbeda. Seseorang tidak boleh berperilaku sembrono kepada orang lain hanya karena merasa beda ras dan agama.

Sila Ketiga: Nilai Persatuan

Arti Pancasila

Selanjutnya, sila ketiga yang berbunyi “Persatuan Indonesia” bermakna kemauan hidup berdampingan di atas segala perbedaan. Seperti kita tahu, Indonesia ini kaya akan budaya, suku, ras, serta agama. Semuanya tersebar di seluruh pelosok Indonesia dan inilah yang menjadi modal utama untuk bersatu.

Nilai persatuan ini juga ditopang dengan adanya semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Meski dari latar belakang berbeda-beda, sudah sepantasnya warga Indonesia menjunjung tinggi persatuan. Contoh penerapan dari nilai ini misalnya dengan bangga menggunakan bahasa Indonesia serta menjaga warisan budaya Indonesia.

Sila Keempat: Nilai Kerakyatan

Arti Pancasila

Sila keempat berbunyi “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat dan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan”. Nilai paling penting dari sila ini adalah kebebasan demokrasi yang ada di tangan rakyat. Sistem ini mengutamakan musyawarah demi mencapai kesepakatan bersama.

Penerapan dari sila ini salah satunya adalah adanya sistem Pemilu di Indonesia dalam menentukan pemimpin negara. Selain itu, dalam lingkup lebih kecil, kebiasaan musyawarah dalam organisasi juga menerapkan nilai sila ini.

Sila Kelima: Nilai Keadilan 

Arti Pancasila

Terakhir sila kelima “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia” menitikberatkan pada keadilan sosial sekaligus kesejahteraan untuk semua warga. Tujuan Indonesia adalah menyejahterakan rakyat tanpa adanya ketimpangan. Entah dari segi ekonomi, sosial, maupun budaya.

Penerapannya antara lain bersikap adil pada semua orang, menjalankan kewajiban sebagai warga negara, serta mendapatkan hak. Pembangunan yang dilakukan negara juga hendaknya benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga.

Setelah mengenal arti dan makna Pancasila di atas, semoga kita makin bisa mengimplementasikan nilai luhurnya dalam hidup bermasyarakat. Dengan begitu, kehidupan berdasarkan Pancasila pun dapat kita lakukan tiap hari.

Baca Juga:

5 Olahraga Ini Ampuh Mengencangkan Otot Payudara Loh!

Olahraga Penurun Berat Badan Agar Tubuh Cepat Langsing  

Dance Challenge TikTok yang Viral di FYP, Wajib Coba!