Ladies Ternyata Letak Jerawat Punya Arti Loh!

0
150

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Jerawat, apa yang Ladies bayangkan begitu mendengar kata tersebut? Noda di wajah? Kotor? Secara umum, sebenarnya jerawat timbul karena masalah minyak berlebih pada wajah. Selain itu, terdapat sel-sel kulit mati dalam pori-pori yang tersumbat. Sehingga bakteri tumbuh di lapisan kulit sehingga menyebabkan peradangan dan menimbulkan jerawat.

Nah, kira-kira Ladies tahu enggak sih, ternyata letak jerawat memiliki arti, loh. Bahkan jerawat juga bisa menandakan kondisi kesehatan yang sedang dialami loh Ladies. Penasaran? Keep scrolling ya!

1. Jerawat di sekitar rambut

Arti timbulnya jerawat pada bagian sekitar rambut adalah penggunaan shampoo, gel atau hair spray yang sebenarnya sudah tidak cocok dengan kondisi kulit, Ladies. Minyak rambut yang mungkin tidak cocok dan menumpuk pada pori-pori kulit wajah, menyebabkan jerawat timbul di sekitar rambut. Coba perhatikan lagi produk perawatan rambut!

2. Jerawat di dagu

Apabila timbul jerawat di dagu, menandakan adanya masalah kesehatan di usus besar. Hal ini juga dapat dipicu oleh pola diet yang salah. Selain itu, keadaan jerawat pada bagian dagu, seringkali menandakan terjadinya ketidakseimbangan hormon.

Jerawat yang tidak stabil biasanya terjadi karena adanya ketidakstabilan antara hormon andorgen, esterogem, dan progesteron dalam tubuh Ladies, apalagi kalau sudah mendekati siklus menstruasi. Jadi jangan mengabaikan tanda jerawat yang satu ini ya Ladies!

3. Jerawat di hidung

Setelah melihat adanya jerawat di bagian dagu, ternyata jerawat di bagian hidung juga cukup berbahaya nih. Jerawat pada hidung merupakan tanda adanya masalah pada jantungmu.

What? Yuk segera periksa tekanan darahmu ke ahlinya. Selain disebabkan adanya permasalahan pada jantung, hal ini juga dapat dipicu karena sisa make up yang belum terangkat optimal. Kelebihan mengonsumsi garam juga bisa jadi penyebabnya. So, cobalah untuk mengosumsi makanan sehat dan rendah garam mulai dari sekarang.

4. Jerawat di telinga

Pada bagian telinga, jerawat dapat menjadi tanda ada yang salah dengan ginjalmu. Ginjal yang kurang sehat dapat diobati dengan mengurangi konsumsi kafein, minuman berakohol, dan makanan tinggi garam. Untuk mengatasi hal ini, tentunya kita perlu perbanyak minum air putih.

5. Jerawat di pipi

Nah, bagian pipi merupakan bagian wajah yang paling sering ditumbuhi jerawat. Nah, rupanya jerawat yang ada pada pipi, menandakan adanya iritasi pada paru-paru atau masalah medis lainnya. Sayangnya, seringkali jerawat di bagian ini diabaikan begitu saja.

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk menghilangkan jerawat di pipi adalah kebersihan tempat tidur. Jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah ya karena tangan menjadi sarang bakteri. Saat menelepon, usahakan untuk tidak menempelkan layar smartphone dengan pipimu karena banyak bakteri! 

6. Jerawat di sekitar mulut

Jerawat di sekitar mulut merupakan menunjukkan kalau Ladies sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat dan bergizi. Untuk menghindari jerawat ini, cobalah perbanyak konsumsi makanan sehat yang kaya akan serat, vitamin, mineral, dan rendah lemak. Cobalah untuk konsumsi buah-buahan dan sayur ya, Ladies. 

7. Jerawat di daerah mata

Jerawat pada bagian ini juga disebabkan kekurangan serat pada tubuh, Ladies. Ada 3 buah yang cukup manjur untuk mengatasi permasalahan ini, seperti melon, mentimun, dan labu. Segera konsumsi buah-buahan tersebut kalau kini ada jerawat di sekitar mata kamu!

Setelah membaca informasi di atas, ternyata sebagian besar penyebab timbulnya jerawat adalah kurangnya kebersihan dan konsumsi makanan yang kurang sehat. Nah untuk itu cobalah menerapkan pola hidup sehat! Apalagi saat pandemi ini, jangan lupa pakai masker ya.

Baca Juga:

Rawat Kulit Wajah dengan 7 Serum untuk Jerawat Terbaik dan Aman

Kulit Kusam dan Berjerawat? Simak 8 Skincare untuk Remaja!

Buat Ladies, Yuk Kenalan dengan Jenis Brush Make Up!