Apa Perbedaan Cinta dan Sayang Menurut Psikologi? Simak Penjelasannya

0
202

Penulis: Adriana | Editor: Agnes

Kata sayang dan cinta tentunya bisa membuat siapa pun yang mendengarnya jadi merona. Apalagi buat pasangan yang sedang dimabuk asmara, kata cinta dan sayang bagai jurus ampuh untuk menunjukan besarnya perasaan kita. 

Namun, apakah Ladies tahu jika sayang dan cinta ternyata memiliki makna yang berbeda meskipun terlihat sama. Penasaran apa beda sayang dan cinta? Yuk baca selengkapnya di bawah ini, Ladies!

Pengertian Cinta

Sebelum mengetahui beda dari cinta dan sayang, ada baik ya untuk Ladies mengetahui dulu apa arti saat mengucapkan kedua kata tersebut. 

Pertama dengan kata cinta. Dilansir dari CNN Indonesia, kata cinta berarti rasa sayang yang kerap diperlihatkan kepada seseorang spesifik dan secara otomatis membentuk perasaan perhatian, sayang, dan ingin memiliki keinginan untuk meningkatkan keintiman. Dilanjutkan juga jika cinta adalah rasa yang tumbuh dari waktu ke waktu. 

Pengertian Sayang 

Lanjut dengan pengertian rasa sayang. Sebenarnya tidak jauh dengan kata cinta, sayang juga bermaksud sebagai kata yang menunjukan perasaan seseorang kepada yang lain. 

Jika dilihat dari kamus Besar Bahasa Indonesia, kata sayang berarti suatu perasaan tulus atau amat suka yang mengasihi. Singkatnya rasa kasih sayang dari seseorang kepada pribadi yang lain. 

Bahkan jika dilihat dari kamus Oxford, sayang merujuk pada perasaan tulus yang tidak mengharapkan balasan. 

Rasa sayang sendiri muncul karena logika yang berpikir untuk melindungi, menjaga, serta mengasihi, namun tidak ada rasa ingin memiliki secara romantis atau seksual. 

Beda Cinta dan Sayang 

Jika sudah mengetahui apa itu arti dari masing-masing sayang dan cinta, sekarang saatnya Ladies kenali apa bedanya. 

Pertama, biasanya cinta dialami kepada satu orang spesifik seperti pasangan hidup. Sedangkan sayang bisa ke banyak orang dan lebih meluas, bisa ke teman, saudara, hingga orang-orang terdekat. 

Kedua, perasaan cinta biasa muncul perlahan-lahan dan alasan spesifiknya. Oleh karena itu, perasaan cinta tumbuh kepada pasangan yang perlu proses pendekatan terlebih dahulu. 

Sebaliknya perasaan sayang muncul secara alamiah dan kepada banyak kalangan tanpa ada perlu alasan. Seperti contoh perasaan sayang dari ibu yang tulus kepada anaknya yang tidak mengharapkan balasan. 

Ketiga, jika seseorang sudah cinta, pasti ada rasa sayang juga kepada orang yang dicintainya sehingga membuat timbulnya rasa ingin memiliki. 

Sedangkan untuk rasa sayang, belum tentu ada rasa cinta ingin memiliki kepada orang yang disayanginya. Rasa sayang sekedar naluri alamiah ingin melindungi, mengasihi, dan tidak ingin adanya hal buruk yang menimpa orang terdekat. 

Nah, itu dia arti dan beda dari sayang serta cinta yang perlu Ladies ketahui. Sekarang tidak bingung lagi kan saat akan mengucapkan kata cinta atau sayang ke orang terdekat atau pasangan, Ladies

Baca Juga:

13 Quotes Galau Bahasa Inggris tentang Putus Cinta

Bikin Doi Mabuk Kepayang, Coba 5 Trik Ciuman Bibir Romantis

Cari Teman atau Pasangan? Cobain 8 Rekomendasi Aplikasi Kencan Online Ini