Ajaib Banget! Ini 7 Ragam Manfaat Buah Tin bagi Kesehatan

0
123

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

Ladies, pernahkah mengonsumsi buah tin? Selain rasanya yang manis dan segar, ada banyak manfaat buah tin bagi kesehatan tubuh yang perlu Ladies tahu, loh.

Daging buah dengan naman latin Ficus carica ini berwarna merah dan rendah kalori sehingga sangat cocok untuk pendamping program diet. Nah, apa saja, ya, manfaat buah tin untuk tubuh? Simak penjelasan di bawah ini!

Kandungan Nutrisi dan Manfat Buah Tin

manfaat buah tin

Satu buah tin ternyata mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. Dalam 40 gram buah tin menyediakan 30 kalori bagi tubuh dengan nutrisi karbohidrat, serat, magnesium, zinc, kalium, vitamin B6, dan vitamin K. Dengan kandungan nutrisi tersebut, berikut macam-macam manfaat yang Ladies dapatkan dari buah tin.

1. Kesehatan Otak

Vitamin B6 adalah vitamin kunci yang diperlukan untuk membantu tubuh memecah protein makanan dan membuat protein baru. Hal ini menjadi peran penting dalam menjaga kesehatan otak.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah tin telah lama digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk masalah pencernaan seperti sembelit. Buah tin mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan melembutkan dan menambah jumlah tinja, mengurangi sembelit, dan berfungsi sebagai prebiotik atau sumber makanan untuk bakteri sehat.

3. Meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan jantung

Buah tin dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar lemak darah, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian pada hewan bahkan menunjukkan daun buah tin meningkatkan kadar kolesterol total, kolesterol HDL (baik), dan trigliserida.

4. Membantu mengelola kadar gula darah

Studi tahun 1998 menunjukkan, pemberian ekstrak daun buah tin pada 10 orang pengidap diabetes tipe 1 dapat menurunkan kebutuhan insulin mereka. Setelah mereka mengonsumsi teh daun tin, dosis insulin mereka menurun sekitar 12%.

Terlebih lagi, sebuah penelitian menemukan bahwa minuman yang mengandung ekstrak buah tin dosis tinggi memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih baik untuk kadar gula darah.

5. Antikanker

Buah tin berpotensi menurunkan aktivitas antitumor terhadap kanker usus besar, kanker payudara, kanker serviks, dan sel kanker hati. Namun ingat ya, ladies, buah tin hanya mampu mencegah sel kanker, bukan bersifat pengobatan.

6. Menyehatkan kulit

Buah tin memiliki beberapa efek menguntungkan pada kulit, terutama pada orang dengan dermatitis alergi atau mereka yang memiliki kulit kering dan gatal akibat alergi.

Satu penelitian pada 45 anak dengan dermatitis menemukan bahwa krim yang terbuat dari ekstrak buah tin kering lebih efektif dalam mengobati gejala dermatitis daripada pengobatan standar.

Bahkan, kombinasi ekstrak buah tin menunjukkan efek antioksidan pada sel-sel kulit, mengurangi kerusakan kolagen, dan mencegah penuaan dini.

7. Menjaga kesehatan tulang

 Buah tin merupakan sumber kalsium dan potasium yang baik. Dua mineral ini dapat bekerja sama untuk meningkatkan kepadatan tulang sehingga mencegah osteoporosis.

Studi menunjukkan bahwa buah tin mengandung kalsium yang berkontribusi menjaga komponen struktural utama tulang. Mengonsumsi buah tin secara rutin juga membantu meningkatkan asupan kalsium untuk memperbaiki struktur mineral tulang.

Itulah ragam manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh. Pastikan Ladies juga mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat, minum air putih, olahraga, dan tidur yang cukup. 

Baca Juga:

7 Cara Menanam Sayur Organik, Yuk Coba di Rumah

Hobi Menanam? Berikut 8 Contoh Tanaman Hidroponik yang Layak Dicoba!