Ajaib Banget! Ini 5 Manfaat Daun Dadap Serep buat Kesehatan

0
12

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, pernahkah mendengar tanaman daun dadap serep? Tanaman ini cukup populer dan sering dijadikan sebagai obat herbal oleh masyarakat. Uniknya, daun dadap serep hanya tumbuh pada daerah tropis dan subtropis, salah satunya di Indonesia.

Lalu apa saja manfaat dari daun dadap serep ini? Mau tahu informasi lebih lengkap? Simak artikel ini sampai habis ya, Ladies.

1. Membantu Mengatasi Rematik

manfaat-daun-dadap-serep

Orang yang terkena rematik biasanya kerap mengalami nyeri sendi, kaku, dan pembengkakan. Kondisi ini mengganggu aktivitas sehari-hari dan kalau dibiarkan dapat berbahaya. 

Nah, untuk membantu menyembuhkan rematik kamu bisa menggunakan daun dadap serep, Ladies. Hal ini karena daun dadap serep mengandung senyawa aktif yang bersifat sebagai anti inflamasi sehingga efektif meredakan nyeri akibat rematik.

Caranya juga cukup mudah yaitu dengan memanaskan daun dadap serep pada api kecil hingga sedikit layu. Setelah itu, tempelkan dadap serep pada bagian sendi yang nyeri.

2. Bagus untuk Kesehatan Rambut

manfaat-daun-dadap-serep

Ladies, memiliki rambut yang sehat dan berkilau tentu jadi dambaan setiap wanita. Tak jarang banyak wanita menginginkan rambut lurus dan sehat untuk meningkatkan kepercayaan diri. Ada banyak cara merawat rambut salah satunya dengan bahan alami seperti daun dadap serep. 

Cara menggunakan daun dadap serep juga hampir sama dengan lidah buaya. Caranya dengan mengoleskan daun dadap serep ke rambut.

Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan menumbuk daun dadap serep hingga halus. Setelah itu, oleskan ke rambut lalu diamkan selama beberapa menit. Jangan lupa untuk membilas rambut hingga benar-benar bersih, Ladies. 

3. Pencegahan Infeksi pada Usus

manfaat-daun-dadap-serep

Manfaat daun dadap serep berikutnya adalah untuk mengatasi sakit perut atau mulas. Daun dadap serep mengandung senyawa anti inflamasi yang membantu mencegah munculnya infeksi usus. Jadi, tidak heran kalau beberapa gangguan pada lambung dapat diredakan dengan daun dadap serep.

Untuk penggunaan sebagai obat herbal, kita perlu mencampurkan daun dadap serep dengan daun sosor bebek. Tumbuk secara bersamaan lalu oleskan pada permukaan perut. Jika rutin melakukannya, gejala perut mulas dapat mereda secara perlahan.

4. Memiliki Senyawa Antikanker

manfaat-daun-dadap-serep

Dilansir dari laman Unair, daun dadap serep mengandung lima senyawa pada kulit batang daun dadap serep yang bersifat antikanker, yaitu phaseollin, shinpterocarpin, alpinumisoflavone, dan 8-prenyldaizein. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa senyawa dalam daun dadap serep efektif mencegah kanker. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah lebih lanjut yang membuktikan efektivitas daun tersebut sebagai obat kanker.

5. Memicu Penurunan Demam

manfaat-daun-dadap-serep

Daun dadap serep kaya akan antioksidan yang membantu mengatasi peradangan termasuk demam. Namun perlu penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas daun dadap serep sebagai penurun demam. Jadi, akan lebih baik jika Ladies berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Itulah penjelasan mengenai manfaat daun dadap serep untuk kesehatan tubuh. Selain sebagai tanaman hias, ternyata daun dadap serep punya banyak manfaat ya, Ladies. 

Baca Juga:

5 Manfaat Daun Kemukus Papua dan Fakta Unik Sebenarnya

Kenali 5 Manfaat Daun Kemangi yang Baik buat Kesehatan

Intip 5 Manfaat Daun Kelor yang Ampuh buat Jaga Kesehatan