9 Jenis Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Wajib Dihindari

0
28

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Demi menjaga kesehatan janin, ibu hamil mesti selektif terhadap asupan makanannya. Selain rutin mengonsumsi makanan bergizi, ternyata ada juga jenis makanan yang dilarang bagi Ladies yang sedang hamil. Tujuannya agar kondisi bayi dan Ladies tetap sehat sampai persalinan nanti.

Lantas apa saja jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil? Ladies, kita sama-sama simak ulasannya berikut ini ya!

1. Daun Pepaya dan Pepaya Muda

jenis-makanan-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil

Menu masakan daun pepaya sebaiknya tidak dikonsumsi bagi Ladies yang sedang hamil. Dilansir dari SehatQ, daun pepaya mengandung zat aktif yang berpotensi memicu racun bagi rahim.

Ibu hamil juga disarankan tidak makan buah pepaya muda karena kandungan getahnya dapat menimbulkan kontraksi uterus. Alhasil, dapat muncul kemungkinan adanya persalinan dini alias sebelum waktunya.

2. Jengkol

Apakah Ladies penggemar jengkol? Meskipun enak, Ladies harus menghindari makanan yang terbuat dari jengkol ketika sedang hamil. Hal ini karena mengonsumsi jengkol terlalu sering berbahaya bagi kandungan.

Asam jengkolat yang terkadung dalam jengkol dapat menyebabkan nyeri perut pada ibu hamil. Bahkan, kalau konsumsi jengkolnya sangat berlebihan, sangat rawan terjadinya pendarahan pada saluran kencing. Pastinya Ladies tidak mau sakit kan?

3. Pare

jenis-makanan-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil

Meskipun rasanya pahit, pare tetap disukai orang-orang Indonesia. Namun, jika Ladies sedang hamil sebaiknya membatasi konsumsi pare. Pasalnya, makan pare rentan memberikan efek samping seperti sakit perut, sakit kepala, hingga diare.

Selain itu kandungan senyawa vicine pada pare juga dapat menurunkan kadar gula darah tubuh hingga terlalu rendah. Tidak hanya itu, pare juga mengandung senyawa fasim yang dapat meningkatkan risiko anemia hemolitik. So, buat Ladies yang sedang hamil segera batasi asupan pare.

4. Sayuran Mentah

jenis-makanan-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil

Buat Ladies yang gemar menyantap lalapan, rasanya perlu mengurang konsumsi hal tersebut ketika hamil. Sayuran mentah rentan terkontaminasi bakteri, parasit, dan pestisida yang dapat menyebabkan keracunan pada ibu maupun janin. Oleh karena itu, sebelum dikonsumsi sebaiknya Ladies mencuci dan memasak sayuran dengan metode yang tepat.

Caranya dengan membersihkan sayuran dengan garam yang telah dilarutkan dengan air hangat untuk memastikan seluruh kotoran hilang. Setelah itu, bilas kembali dengan air bersih yang mengalir.

Selanjutnya masak sayuran sesuai menu kesukaan Ladies. Untuk menjaga kanudngan vitamin di dalam sayuran, usahakan untuk memasak dengan api berukuran sedang dan jangan terlalu lama. 

5. Jeroan

jenis-makanan-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil

Ladies, wanita yang sedang hamil sebenarnya sah-sah saja mengonsumsi jeroan, asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Jeroan seperti hati ayam dan sapi mengandungan vitamin A dan zat besi yang dibutuhkan dalam tumbuh dan kembang janin.

Namun mengonsumsi jeroan terlalu banyak dapat berisiko bagi kehamilan, Ladies. Meskipun mengandung nutrisi, jeroan juga kaya akan lemak. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kolestrol, sehingga berisiko bagi kesehatan jantung. 

6. Sushi

jenis-makanan-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil

Makanan yang dilarang bagi ibu hamil selanjutnya adalah sushi. Makanan berupa ikan atau seafood mentah mengandung cacing parasit dan merkuri yang berbahaya bagi janin.

Oleh karena kebanyakan sushi menggunakan bahan mentah, ada baiknya ibu hamil tidak mengonsumsi makanan ini selama kehamilan. Lebih baik konsumsi daging matang yang jauh lebih aman bagi janin.

7. Telur dan Steak Setengah Matang

jenis-makanan-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil

Selain sushi, ibu hamil juga dilarang terlalu sering makan telur setengah matang. Telur yang belum matang mengandung bakteri salmonella yang berpotensi menginfeksi janin. Selain itu, ibu hamil juga dapat rentan kena diare karena bakteri ini.

Hal yang sama juga berlaku bagi makanan steak. Jika ingin aman, ibu hamil harus mengonsumsi steak yang benar-benar matang atau well done.

8. Kafein

jenis-makanan-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil

Kafein cukup berbahaya bagi kondisi janin. Zat ini dapat tersalurkan ke janin melalui plasenta yang nantinya dapat mengganggu detak jantung bayi.

Kandungan kafein sendiri tidak hanya ada pada kopi, melainkan juga teh dan coklat. Jadi, ada baiknya ibu hamil menghindari minuman tersebut dan beralih ke air putih, susu, atau jus segar.

9. Alkohol

jenis-makanan-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil

Selain kafein, alkohol menjadi pantangan wajib bagi ibu hamil. Hal ini karena alkohol dapat menghambat perkembangan otak bayi, meningkatkan risiko bayi terlahir cacat, dan keguguran. Oleh sebab itu, konsumsi alkohol sangat dilarang ketika sedang hamil. Meskipun dalam jumlah paling sedikit , alkohol tetap membahayakan bagi janin.

Iulah penjelasan mengenai jenis makanan yang dilarang bagi ibu hamil. Jadi, Buat Ladies yang lagi hamil sebaiknya menghindari makanan di atas ya. Perhatikan asupan nutrisi seimbang dan rutin konsultasikan kondisi kandungan ke dokter.

Baca Juga:

5 Cara Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan, Ampuh Banget!

Hamil Muda Boleh Berhubungan Intim Enggak Sih?

Makan Nanas Muda Bisa Membuat Keguguran, Mitos atau Fakta?