8 Urutan Adab Membaca Al Quran, Umat Muslim Wajib Tahu!

0
35

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Al Quran adalah kitab suci utama dalam agama Islam yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab suci Al Quran menjadi pedoman dalam kehidupan, baik di dunia maupun akhirat. Kitab ini terdiri dari beberapa surat dan pada setiap suratnya terdiri dari beberapa ayat.

Allah SWT telah memerintahkan umat Muslim untuk membaca Al Quran, seperti yang tertulis dalam surat Al Ankabut ayat 45. Nah, ternyata dalam membaca Al Quran tidak boleh sembarangan loh, Ladies. Ada beberapa adab yang harus diperhatikan. Berikut adalah adab-adab dalam membaca Al Quran yang wajib kamu ketahui.

1. Berwudhu

Adab pertama yang perlu dilakukan ketika hendak membaca Al Quran adalah berwudhu. Sebagaimana yang tertulis dalam Al Quran surat Al Waqiah ayat 77-79.

adab membaca al quran

Artinya: “Dan (ini) sesungguhnya Al Quran yang sangat mulia,”

“Dalam Kitab yang terpelihara (Lauh Mahfuzh),”

“Tidak ada yang menyentuhnya selain hamba-hamba yang disucikan.”

2. Membaca Taawuz

Setelah berwudhu, adab selanjutnya adalah meminta perlindungan kepada Allah SWT dari setan yang terkutuk. Allah SWT berfirman dalam Al Quran surat An Nahl ayat 98:

adab membaca al quran

Artinya: “Maka apabila engkau (Muhammad) hendak membaca Al Quran, mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.”

Sebelum membaca Al Quran, kita perlu ber-taawuz karena hukumnya sangat penting. Adapun bacaan taawuz yang dapat Ladies baca adalah sebagai berikut:

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.”

3. Membaca Al Quran dengan Menghadap Kiblat

Dalam membaca Al Quran, kita dianjurkan untuk menghadapkan wajah dan tubuh ke arah kiblat sebagai bentuk penghormatan. Jadi, jangan sampai melewatkan adab ini ya, Ladies.

4. Membaca Al Quran Secara Tartil (Perlahan-lahan)

Selain itu, dalam membaca Al Quran, wajib hukumnya membaca secara tartil. Membaca secara tartil juga membantu kita untuk menghindari kesalahan dari tajwid. Allah SWT  telah berfirman dalam Al Quran surat Al Muzzammil ayat 4:

Artinya: “Atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan.”

5. Khusyuk

Selain membaca secara perlahan-lahan, membaca Al Quran juga harus dengan khusyuk. Dengan begitu, kita dapat meresapi seluruh ayat yang disampaikan oleh Allah SWT.

6. Tidak Bersuara Keras

Dalam Al Quran surat Al Araf ayat 205, Allah SWT berfirman untuk tidak mengeraskan suara ketika membaca Al Quran. Berikut bunyi ayat tersebut:

Artinya: “Dan ingatlah Tuhanmu dalam hatimu dengan rendah hati dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, pada waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lengah.”

7. Membaca dengan Sabar

Adab selanjutnya adalah membaca Al Quran dengan sabar. Allah SWT berfirman dalam Al Quran surat Al Qiyamah ayat 16 sampai 17 agar umat Islam tidak menggerak-gerakkan lidahnya karena ingin segera bisa membacanya.

Artinya: “Jangan engkau (Muhammad) gerakkan lidahmu (untuk membaca Al-Qur’an) karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya. Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya.”

8. Mengambil Ilmu dari Al Quran

Allah SWT telah memerintahkan umat Muslim untuk mengambil ilmu dari Al Quran. Hal ini juga sudah dijelaskan dalam Al Quran surat Ibrahim ayat 52 yang berbunyi:

Artinya: “Dan (Al-Qur’an) ini adalah penjelasan (yang sempurna) bagi manusia, agar mereka diberi peringatan dengannya, agar mereka mengetahui bahwa Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang yang berakal mengambil pelajaran.”

Itulah penjelasan adab membaca Al Quran yang baik dan benar. Jangan lupa untuk sebarkan informasi bermanfaat ini dan dipraktikkan ya, Ladies.

Baca Juga:

5 Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas untuk Mendapatkah Pahala

Makna dari Surat Al Waqiah, Lengkap dengan Latin dan Terjemahannya

8 Kumpulan Doa Meminta Agar Diberi Kelimpahan Rezeki Halal dan Barokah