8 Tips Make Up Natural Tahan Lama Seharian, Bikin Cantik Seharian

0
151

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Buat Ladies yang hectic, make up natural yang awet tahan lama menjadi wishlist yang didambakan. Ini karena make up yang tidak tahan lama dan mudah luntur dapat menurunkan kepercayaan diri.

Riasan yang tahan lama bukan hanya dipengaruhi oleh jenis make up yang dipakai, namun juga tergantung cara pengaplikasiannya. Khusus bagi pemula, penting banget mempelajari tips and trick agar make up bisa long lasting. Nah coba mulai belajar dari make up natural dulu yuk. Let’s go through the list!

1. Pastikan Wajah Bersih Menyeluruh

Hal penting yang wajib diingat sebelum menggunakan produk kecantikan wajah adalah memastikan wajah bersih. Cucilah wajah menggunakan face wash dengan air bersuhu normal. Wajah yang bersih sempurna akan membuat make up lebih merata dan awet. 

Setelah menggunakan make up pun kita harus melakukan double cleansing agar tidak ada residu yang tertinggal. Menumpuknya sisa make up atau kotoran di wajah hanya akan menimbulkan masalah kulit wajah lainnya.

2. Gunakan Toner

Setelah wajah bersih sempurna, gunakanlah toner untuk mengembalikan pH kulit. Sebaiknya pilih hydrating toner agar penyerapan nutrisi ke lapisan kulit lebih optimal. Toner berfungsi mengangkat residu di wajah, sehingga produk skincare berikutnya lebih mudah diserap kulit.

3. Jangan Lewatkan Pelembap

Apapun jenis kulit Ladies, entah itu kering atau berminyak tetap aja kita butuh pelembap loh. Moisturizer atau pelembap bisa menghidrasi kulit dan membuat kulit lebih lembap sehingga make up bisa menempel lebih lama. Ini karena kulit kering bisa pakai produk yang super hydrating, sedangkan kulit berminyak sebaiknya pilih produk dengan efek mattifying.

Namun, perlu diingat untuk tidak menggunakan pelembap secara berlebihan. Hal itu justru hanya akan membuat make up mudah luntur.

4. Pilih Foundation yang Sesuai

Langkah berikutnya untuk mendapat make up natural yang tahan lama adalah menggunakan foundation dengan shade yang sesuai dengan tone kulit. Agar mendapat hasil make up natural, pilihkan foundation bertekstur agak cair. 

Ladies juga bisa menggantinya dengan BB cushion. Jenis foundation ini dapat menghasilkan coverage maksimal sekaligus looks glowy. Gunakan bantuan sponge agar lebih merata and smooth. Ladies bisa gunakan sponge kering untuk hasil tahan lama.

5. Aplikasikan Bedak Sesuai Jenis Kulit

Next! Pulaskan bedak yang sesuai dengan jenis kulit ya Ladies. Jika punya wajah berminyak, pilih bedak tabur agar efektif menahan produksi minyak di wajah. Nah kalau kulit kering, coba pakai bedak padat sehingga lebih lama menempel di wajah. 

6. Rias Mata Secara Sederhana

Aplikasikan eyeshadow satu warna dengan natural color seperti pink, nude, peach atau brown. Setelahnya Ladies bisa mengaplikasikan eyeliner dan mascara waterproof, tapi tipis-tipis aja cukup kok, Ladies. 

Supaya eyeliner dan mascara awet, Ladies bisa memasukannya selama 15 menit di freezer. Hal ini dilakukan supaya bentuknya jadi lebih padat dan bisa menempel seharian.

7. Pulaskan Blush On Cerah

Buatlah rona alami di pipi dengan memulas blush on berwarna cerah seperti pink, coral, atau peach. Rona ini akan membuat wajah jadi lebih fresh loh, Ladies.

8. Last! Pakai Lipbalm dan Lipstick

Langkah terakhir adalah memulas bibir pakai lipbalm terlebih dahulu. Kita perlu menggunakan lipbalm sebelum memakai lipstick agar kelembapan bibir lebih tahan lama. So, warna lipstick akan lebih merata dan tidak mudah luntur. Untuk mendapatkan hasil make up natural, pilihlah warna netral seperti peach, nude atau pink. 

Itu dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar membuat make up natural tahan lama dan nggak mudah luntur. Selamat mencoba Ladies!

Baca Juga:

5 Cara Membuat Natural Eye Make Up Look, Simple But Fresh!

Buat Ladies, Yuk Kenalan dengan Jenis Brush Make Up!

5 Rekomendasi Micellar Water Terbaik, Ampuh Bersihkan Makeup