8 Tips Brazilian Wax Agar Tidak Sakit, Wajib Tahu Ladies

0
4

Penulis: Sabrina | Editor: Agnes

Salah satu cara menghilangkan bulu adalah dengan melakukan brazilian wax. Dibandingkan dengan mencukur, waxing dianggap lebih efektif mencabut bulu hingga akar dengan risiko iritasi yang lebih kecil. Selain itu, brazilian wax membuat pertumbuhan bulu jadi lebih lama dibandingkan dengan pisau cukur.

Sayangnya, beberapa brand waxing menggunakan jenis lilin yang bisa meninggalkan rasa sakit atau perih. Untuk menghindari efek samping tersebut, tim Ladies Corner telah merangkum tips menggunakan brazilian wax di bawah ini. So, check this out, Ladies!

1. Biarkan Bulu Tumbuh

tips-brazilian-wax

Dengan membiarkan bulu di sekitar daerah kewanitaan membuat kerja wax lebih maksimal. Bulu yang agak panjang akan lebih mudah menempel pada cairan wax, sehingga bulu mudah dicabut.

Untuk mencabutnya, Ladies tidak perlu menumbuhkan bulu terlalu panjang. Kamu sudah bisa mencabutnya menggunakan brazilian wax, ketika bulu sudah tumbuh sepanjang 1 atau 2 cm.

2. Jangan Scrub Bagian yang akan Dicukur

tips-brazilian-wax

Secara umum, membersihkan kulit menggunakan scrub efektif mengangkat sel kulit mati, sehingga membuat kulit lebih cerah dan lembut. Namun melakukan scrub di area yang akan di-waxing mungkin akan menjadi masalah.

Kulit yang sudah di scrub menjadi tipis karena sudah bergesekan dengan butiran scrub. Waxing di area tersebut membuat kulit semakin iritasi karena bulu dan sel kulitmu juga ikut terangkat, Ladies.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak melakukan eksfoliasi sebelum melakukan waxing. Akan lebih baik, melakukan eksfoliasi satu hingga dua hari sebelum waxing dilakukan.

3. Kurangi Minuman yang mengandung Alkohol dan Kafein

tips-brazilian-wax

Tahukah Ladies jika kandungan alkohol dan kafein dalam prdouk makanan dan minuman dapat memengaruhi pori-pori kulit? Kandungan alkohol dan kafein menyebabkan kulit menjadi lebih kencang, sehingga pori-pori wajah semakin mengecil.

Hal tersebut dapat menghambat proses waxing. Semakin kecil poris-pori wajah, maka semakin sakit pula pencabutan bulu. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi konsumsi alkohol dan kafein sebelum melakukan waxing.

Kamu juga bisa mengompres area yang akan di-waxing menggunakan air hangat supaya pori-pori kulit terbuka. Dengan begitu, proses pencabutan bulu terasa lebih mudah dan tidak menyakitkan.

4. Gunakan Pakaian yang Longgar

tips-brazilian-wax

Setelah waxing, kamu disarankan memakai pakaian dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat dan lembut. Selain itu, tidak disarankan menggunakan pakaian yang ketat karena menimbulkan gesekan antara kain dan kulit, sehingga menimbulkan iritasi.  Tidak hanya itu, pakaian longgar membuat sirkulasi udara lebih baik, sehingga pori-pori kulit bisa bernapas. 

5. Minum Pereda Nyeri

tips-brazilian-wax

Jika kamu memiliki toleransi rasa sakit yang rendah namun masih ingin mencoba waxing, cobalah mengonsumsi obat pereda nyeri, misalnya paracetamol. Kamu bisa menemukan obat ini di apotek maupun supermarket terdekat.

Konsumsi obat ini sekitar 30 menit sebelum melakukan waxing. Namun, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker ya, Ladies.

6. Jangan Berhubungan Seks

tips-brazilian-wax

Bagi kamu yang ingin waxing di daerah kewanitaan sebaiknya menunda berhubungan seks ya, Ladies. Area kewanitaan yang sudah di-waxing masih sensitif dan rawan iritasi. Hal ini karena berhubungan intim dapat menimbulkan gesekan pada kulit, sehingga menyebabkan rasa perih dan iritasi berkelanjutan.

7. Kurangi Olahraga Setelah Waxing

tips-brazilian-wax

Bukan berarti Ladies tidak boleh berolahraga, hanya saja keringat yang dihasilkan setelah olahraga dapat mengiritasi kulit yang baru saja di-waxing. Gesekan yang terjadi akibat gerakan olahraga juga meningkatkan risiko iritasi dan kemerahan pada kulit. Kamu bisa kembali berolahraga setelah 1 atau 2 hari setelah melakukan waxing

8. Jangan Mandi Setelah Waxing

tips-brazilian-wax

Setelah melakukan brazilian waxing sebaiknya kamu tidak mandi untuk beberapa jam. Hal ini karena suhu air yang terlalu panas membuat kulit menjadi lebih sensitif sehingga menimbulkan ruam kemerahan.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang baru saja waxing sebaiknya tidak berendam di kolam renang maupun pantai. Hal ini karena lingkungan pemandian umum rentan menularkan bakteri. Waxing membuat pori-pori terbuka sehingga bakteri dapat masuk melewati pori-pori tersebut. 

Itulah penjelasan mengenai tips melakukan brazilian waxing agar tidak sakit dan tidak iritasi. Buat kamu yang masih ragu, semoga artikel ini bisa membantumu ya, Ladies.

Baca Juga:

6 Produk Sabun Mandi untuk Kulit Sensitif, Aman dan Nggak Bikin Iritasi

5 Cara Pakai Air Mawar Untuk Perawatan Wajah, Bikin Kulit Sehat

7 Rekomendasi Sabun Muka untuk Kulit Berminyak, Ampuh Banget!