8 Rekomendasi Film Perang Sejarah Terbaik, Banyak Hikmahnya

0
70

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Menonton film perang sejarah bisa menjadi sarana pembelajaran yang baik buat semua kalangan. Bukan hanya belajar bahasa, tapi juga belajar tentang makna perjuangan, arti cinta sejati, dan beragam pesan moral lainnya.

Buat Ladies yang menyukai sejarah, coba deh nonton rekomendasi film perang sejarah terbaik penuh pelajaran yang bisa dipetik ini. Mengharukan dan kaya akan pengetahuan, loh.

1. Grave of The Fireflies

Film-Perang-Sejarah

Siapa bilang film perang sejarah mengharukan harus film aksi? Film animasi besutan Isao Takahata dan Studio Ghibli ini menceritakan betapa pilunya kehidupan kakak beradik korban perang.

Seita dan Setsuko harus bertahan hidup di kala gempuran perang antara Jepang dan Amerika. Keduanya berteduh di sebuah gua kecil dan menggunakan kunang-kunang sebagai penerangan di malam hari. Akibat kelaparan, Setsuko sang adik meninggal dan kemudian disusul oleh Seita sang kayak seminggu kemudian. Siapin tisu ya Ladies saat menonton film ini.

2. Saving Private Ryan

Film-Perang-Sejarah

Steven Spielberg memang jago dalam membuat film ciamik. Saving Private Ryan dirilis pada 1998 silam namun tetap melegenda sebagai salah satu film perang sejarah terbaik.

Berkisah tentang seorang prajurit bernama James F. Ryan yang hendak diselamatkan oleh Kapten Miller dan 8 anggotanya. Nasib naas tak dapat terelakkan karena pasukan penyelamat Ryan harus tewas dan menyisakan 2 orang saja. Keputusan yang tepat di kala terdesak bakal jadi pesan moral yang bisa kita petik dari film ini.

3. The Imitation Game

Film-Perang-Sejarah

Mau nonton film perang tapi bukan tembak-tembakan dan penuh darah? The Imitation Game jawabannya! Film ini mengangkat kisah nyata Alan Turing, yang berperan besar dalam memecahkan kode Enigma untuk menghentikan perang antara Nazi dan sekutu. Meskipun menjadi pahlawan, Turing harus bernasib tragis akibat seksualitasnya.

Kegigihan Turing dan timnya patut menjadi pelajaran berharga bagi kita. Film ini dibintangi oleh Benedict Cumberbatch dan Keira Knightley.

4. Hacksaw Ridge

Film-Perang-Sejarah

Kisah Desmond Doss kala Perang Dunia II hingga digelari Medal of Honor oleh Presiden Harry S. Truman menginspirasi film Hacksaw Ridge ini. Aktor Andrew Garfield tampil menawan dan penuh penghayatan sebagai Doss yang berhasil menyelamatkan 75 tentara di Hacksaw Ridge.

5. 1917

Film-Perang-Sejarah

Film 1917 memiliki latar belakang Perang Dunia I. Dua tentara Inggris bernama Schofield dan Blake ditugaskan untuk menjalani misi rahasia yang dapat menghentikan perang. Di tengah misi, Blake meninggal. Schofield pun berusaha seorang diri untuk menyelesaikan misi dengan memberitahu Kapten Mackenzie agar menghentikan serangan.

6. Dunkirk

Film-Perang-Sejarah

Kali ini giliran sutradara Christopher Nolan yang unjuk gigi dengan membuat film perang sejarah terbaik berjudul Dunkirk. Dibintangi oleh Harry Styles dan Tom Hardy, film ini mengisahkan perjuangan 400 ribu tentara Inggris dan Prancis untuk bertahan dalam keadaan terdesak di tepi pantai yang berada di Kota Dunkirk ketika Perang Dunia II.

7. War Machine

Film-Perang-Sejarah

Film War Machine diangkat dari buku fenomenal berjudul The Operators: The Wild and Terrifying Inside Story of America’s War in Afghanistan yang ditulis oleh Michael Hastings. Bercerita tentang Glen McMahon (diperankan oleh Brad Pitt), jenderal Angkatan Darat Amerika Serikat yang sombong namun berhasil menghentikan perang di Irak.

McMahon pun kembali ditugaskan untuk menghentikan perang di Afghanistan. Akankah misi tersebut berhasil? Cari tau jawabannya di akhir film!

8. Beasts of No Nation

Film-Perang-Sejarah

Perang bersejarah juga bisa terjadi antara saudara. Seperti yang dikisahkan dalam film Beasts of No Nation ini. Bercerita tentang seorang anak yang harus ikut perang saudara di desa tempat tinggalnya.

Seru-seru banget deh rekomendasi film perang sejarah terbaik penuh pelajaran yang bisa dipetik ini. Jangan lupa masukin ke daftar what to watch ya, Ladies.

Baca Juga:

7 Rekomendasi Film Semi Terbaru di Netflix, Ingat Hanya untuk 18+

5 Kumpulan Film Anime Romantis, Siap-Siap Baper Deh Ya!

Rekomendasi 5 Film Action Korea Terbaik yang Wajib Ditonton