8 Olahan Buah Segar, Hidangan Khas Nusantara yang Dijamin Bikin Nagih

0
261

Penulis: Aufia | Editor: Agnes

Terletak di daerah beriklim tropis, Indonesia dikaruniai dengan jenis buah-buahan yang melimpah. Selain memiliki rasa yang segar, buah-buahan juga kaya akan vitamin, serat, dan mineral yang baik untuk tubuh. Sayangnya, tak semua orang suka mengonsumsi buah secara langsung.

Apakah Ladies juga termasuk orang yang tidak suka buah? Nah, supaya asupan buah tetap masuk ke dalam tubuh, cobalah beberapa olahan buah segar nusantara berikut ini! Dijamin rasanya seenak salad luar negeri dan pastinya bikin nagih.

1. Es Buah

Yup, olahan buah segar yang jadi primadona adalah es buah. Sebenarnya hampir semua buah segar bisa dijadikan bahan es buah. Namun, umumnya es buah menggunakan buah naga, nangka, nanas, semangka, pepaya, melon, dan mangga.

Tak lupa dipadukan dengan sirup, susu kental manis, dan biji selasih. Paling pas jika disantap saat cuaca panas. Pasti bikin nagih deh Ladies!

2. Rujak Buah

Siapa tak kenal rujak buah? Makanan yang dikenal sebagai salad khas nusantara ini populer banget. Saking populernya, hampir semua daerah di Indonesia memiliki rujak khasnya masing-masing. 

Biasanya, rujak menggunakan parutan buah dengan cita rasa segar atau asam seperti kedondong, mangga mengkal, nanas, timun, pepaya muda, dan belimbing. Dilengkapi dengan saus yang terbuat dari campuran gula merah, cabai rawit, asam jawa, dan terasi. Ngebayangin rasa segar, pedas, dan asamnya pasti bikin segar sekali. Pokoknya wajib coba rujak buah, Ladies!

3. Es Pisang Ijo

Kalau Ladies berkunjung ke Makassar, jangan lupa mencoba es pisang ijo. Hidangan ini terbuat dari pisang raja yang direbus kemudian dibalut adonan tepung terigu dan pasta pandan. Dilengkapi dengan kuah sirup merah, santan, bubur sumsum, dan es batu. Hemm, pastinya segar dan gurih banget. Cocok dimakan di siang hari yang panas.

4. Kolak

Hidangan yang identik bulan Ramadhan ini juga dibuat dari pisang loh Ladies! Bahan baku utama kolak adalah buah pisang, air, santan, gula, garam, dan pandan. Biasanya juga dicampur dengan ubi jalar, kolang-kaling, dan serutan kelapa muda. Bahkan beberapa sajian ditambahkan dengan pacar cina. Selain bisa lezat, olahan ini pasti membuat perut kenyang, Ladies!

5. Asinan

Siapa tak kenal asinan? Olahan buah segar dengan cita rasa pedas, asam, dan sedikit manis ini juga sangat populer. Asinan dibuat dari potongan buah tropis, seperti mangga mengkal, kelengkeng, bengkuang, nanas, kedondong, rambutan, dan salak. Kemudian disiram kuah dari campuran gula jawa, asam, dan cabai. Dicampur cuka sedikit juga enak. Disajikan saat dingin pastinya segar banget deh!

6. Manisan

Olahan buah segar yang satu ini juga akan membuatmu mendadak doyan makan buah. Hampir semua jenis buah bisa dijadikan manisan loh Ladies. Ladies juga bisa buat sendiri. Cukup merebus potongan buah segar dengan air dan gula pasir. Setelah itu, sajikan di dalam wadah dengan tutup yang rapat. Bagaimana, mudah bukan?

7. Es Kulkul

Kalau buahnya dibikin es kulkul, pastinya laris manis, Ladies. Hidangan ini diolah dari pisang yang dilumuri coklat kemudian dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Sensasi rasa dingin dan manisnya pasti bikin ketagihan. Apalagi kalau coklatnya ditaburi sprinkle, meses atau potongan kacang, dijamin makin lezat deh.

8. Keripik Buah

Buat Ladies yang suka ngemil juga bisa merasakan lezatnya keripik buah. Yup, keripik tidak selalu dari umbi-umbian, keripik berbahan dasar buah juga ada loh Ladies. Biasanya olahan ini dijadikan oleh-oleh saat mengunjungi suatu daerah, yang paling populer Malang. Buah-buahan yang biasanya digunakan juga macam-macam, seperti salak, pisang, apel, nangka, dan buah naga.

Banyak sekali kan jenis olahan buah segar khas nusantara? Di antara olahan di atas mana yang ingin segera Ladies coba?

Baca Juga:

9 Makanan Khas Jawa Timur yang Menggoyang Lidah, Sudah Pernah Coba?

Menu Makanan Sehat dan Simpel, Cocok Buat Kamu yang Belajar Memasak!

Ikuti 5 Tips Mengatasi Pacar yang Sedang Bad Mood, Dijamin Si Doi Baikan!