8 Kumpulan Doa Meminta Agar Diberi Kelimpahan Rezeki Halal dan Barokah

0
181

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Rezeki itu memang bisa datang dari mana saja dan dalam bentuk apa saja. Namun, nyatanya rezeki itu tidak serta merta datang begitu saja. Sebagai pihak yang membutuhkan, kita perlu berusaha untuk mendapatkannya disertai juga dengan adanya doa kepada sang pemilik semesta dan pemberi rezeki, Allah SWT.

Berikut ini ada beberapa doa minta rezeki yang bisa Ladies panjatkan setiap harinya agar senantiasa diberkahi seberapa pun yang diberi. 

1. Doa minta rezeki yang luas

Pintu rezeki itu bisa datang dari mana saja Ladies, untuk itu bacalah doa berikut ini agar kiranya pintu itu dibukakan seluas-luasnya oleh Allah SWT.

“Allahumma inni as aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairi ta’abin, wala masyaqqotin wala doirin wala nashabin innaka ‘ala kulli syai-in qodir”

Artinya: “Ya Allah, aku minta pada Engkau agar melimpahiku rizki yang halal, luas, dan baik tanpa kesusahan, tanpa kemelaratan dan tanpa kepayahan. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

2. Doa minta rezeki yang halal dan berkah

Kita pasti selalu menginginkan rezeki yang kita terima menjadi berkah dan bermanfaat untuk diri sendiri atau pun orang-orang yang kita sayangi. Untuk itu, inilah doa agar rezeki yang kita terima halal dan berkah. 

Allahumma yaa ghaniyyu ya hamiidu ya mubdi’u yaa mu’iidu ya rahiimu, ya waduuduaghninii bi halaalika’an haraamika wakfinii bi fadhlika ‘amman siwaaka wa shallallahu ‘alaa muhammadin wa aalihi wa sallama

Artinya: “Wahai Allah SWT, Zat Yang Maha Kaya, Zat Yang Maha Terpuji, Zat Yang memulai, Zat Yang Mengembalikan, Zat Yang Maha Penyayang, Zat Yang Maha Mencintai. Cukupilah kami dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu. Cukupilah kami dengan anugerah-Mu dari selain Engkau. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW, juga keluarga dan sahabat beliau.”

3. Doa kecukupan rezeki dari Allah SWT

Sangat manusiawi rasanya kalau kita sering merasa apa yang kita terima belum cukup. Namun, bukan berarti hal itu harus dimaklumi begitu saja. Berikut ini ada doa agar kita senantiasa bersyukur dan merasa cukup atas semua rezeki yang sudah Allah SWT berikan.

Allahummakfini bihalalika ‘an haramik wa aghnini bifadhlika amman siwak

Artinya: “Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.” (HR. Ahmad)

4. Doa minta kemudahan atas semua urusan

Rezeki itu tidak hanya berupa uang. Urusan yang dimudahkan juga termasuk rezeki loh! Berikut ini doa yang bisa Ladies panjatkan kalau ingin urusannya dimudahkan dan berjalan lancar.

Rabbisyrahli sodri wayassirli amri wahlul uqdatam millisani yafqahu qauli

Artinya: “Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah apa-apa saja yang menjadi urusanku dan lepaskan segala kekakuan dalam lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha: 25-28)

5. Doa minta karunia yang luas

Tidak hanya pintu rezeki yang bisa diberikan keluasan oleh Allah SWT, keluasan itu juga bisa diberikan lewat karunia-Nya. Inilah doa yang bisa Ladies panjatkan untuk meminta karunia yang luas.

Allaahumma yaa ghaniyyu yaa karrimu yaa dzal-fadhlil’azhiimi, yaa waasi’al-‘athaa’i wal-karami. Allaahumma aghninii bi halaalika wakfinii bi fadhlika ‘amman siwaaka”

Artinya: “Ya Allah, sang Mahakaya, wahai Yang Maha Pemurah, wahai Yang Mempunyai karunia besar, wahai Yang Mahaluas Pemberian dan Kepemurahan. Ya Allah, kayakanlah aku dengan yang halal di sisi-Mu, dan cukupkanlah bagiku dengan karunia-Mu dari yang selain-Mu.” 

6. Doa terhindar dari kemiskinan dan musibah

Terhindari dari kemiskinan dan musibah juga termasuk rezeki yang patut kita syukuri, berikut ini doanya.

Allahumma inni a’udzubika minal kufri wal faqri wa a’udzubika min ‘adzabil qabri.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung dari kekufuran, kemiskinan dan siksa kubur.” (HR. Ahmad, Nasa’i, dan Abi Syaibah)

7. Doa meminta ilmu yang bermanfaat dan rezeki yang halal

Salah satu rezeki yang mungkin memberikan banyak manfaat tapi jarang disadari adalah keberkahan ilmu. Inilah doa meminta ilmu yang bermanfaat dan rezeki yang halal.

“Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan”

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadis ini shahih).

8. Doa mohon ampunan dan diberi kemudahan rezeki

Jangan hanya meminta keberkahan rezeki tetapi lupa dengan kewajiban kita sebagai manusia. Untuk itu, dalam setiap doa permohonan rezeki, jangan lupa untuk tetap meminta ampunan-Nya, Ladies!

Qaala rabbiighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii ahadin min ba’dii innaka antal wahhaab(u)

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS. Shaad/38: 35)

Itulah tadi doa-doa yang bisa mendatangkan rezeki dan memberikan kita rasa syukur. Semoga Allah SWT selalu mendengar doa-doa dan melihat usaha kita ya, Ladies!

Baca Juga:

Wajib Tahu! Ini Doa untuk Kesembuhan Orang Tua yang Sakit

Kumpulan Doa Saat Turun Hujan Agar Dilimpahkan Berkah

Agar Terhindar dari Bahaya, Ini Doa Tolak Bala