8 Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tahan Lama dan Sehat

0
4

Penulis: Sabrina | Editor: Agnes

Smoothing adalah salah satu cara yang dipilih banyak orang untuk mendapatkan rambut lurus dan halus. Sayangnya, metode ini menggunakan bahan kimia, sehingga rentan menimbulkan efek samping.

Guna menghindari efek samping tersebut, sebaiknya kamu melakukan perawatan khusus untuk merawat rambut yang telah di-smoothing. So, kali ini Ladies Corner sudah merangkum delapan cara merawat rambut smoothing agar tahan lama dan tetap sehat. Keep scrolling and reading this article, Ladies!

1. Perawatan dengan Minyak Alami

Cara-Merawat-Rambut-Smoothing

Cara merawat rambut smoothing adalah menggunakan minyak alami. Tujuannya untuk menjaga kelembapan dan menutrisi kulit kepala serta rambut.

Kamu bisa menggunakan ekstrak minyak dari rosemary, thyme, alpukat, zaitun, kelapa, atau lavender. Ekstrak minyak dari bahan alami tersebut mengandung antioksidan dan omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan rambut.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, loh. Kamu cukup menuangkan beberapa tetes minyak alami ke telapak tangan. Setelah itu, aplikasikan ke kulit kepala hingga ujung rambut. Jangan lupa untuk memijat kulit kepala agar minyak alami benar-benar terserap ke kulit kepala.

2. Pilih Sampo yang Bebas Kandungan Sulfat

Cara-Merawat-Rambut-Smoothing

Pada umumnya, produk sampo yang dijual di pasaran mengandung sulfat. Senyawa tersebut berguna untuk menghasilkan busa. Sayangnya, kandungan sulfat yang berlebih dalam sampo dapat menghilangkan kelembapan alami rambut, sehingga membuat rambut mudah kusut dan kering.

So, buat kamu yang sudah smoothing rambut, sebaiknya tidak menggunakan sampo yang mengandung sulfat. Pilihlah sampo yang mengandung bahan alami.

3. Gunakan Kondisioner

cara-merawat-rambut-smoothing

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan kondisioner untuk merawat rambut smoothing. Kondisioner mengandung nutrisi yang baik untuk rambutmu, Ladies.

Cara menggunakannya juga mudah, setelah keramas kamu hanya perlu mengoleskan kondisioner ke rambut. Setelah itu, diamkan 3-5 menit agar seluruh nutrisi terserap hingga ke akar rambut. Bilas dengan air hingga bersih, Ladies.

4. Perawatan Menggunakan Masker Pisang

cara-merawat-rambut-smoothing

Buah pisang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk menutrisi rambut. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa membuat masker alami rambut daribuah pisang.

Caranya dengan menghaluskan satu buah pisang lalu campurkan dengan dua sendok minyak zaitun dan 1 sendok yogurt tanpa gula. Aduk semua bahan hingga tercampur rata, lalu oleskan masker ke kulit kepala sambil dipijat dengan perlahan. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Jangan Menguncir Rambut Terlalu Sering

cara-merawat-rambut-smoothing

Menarik rambut terlalu kuat dapat mengurangi kekuatan akar rambut, sehingga rambut smoothing jadi mudah rontok. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya janagn menguncir rambut terlalu kuat dan sering. Sebaiknya, lepaskan kunciran saat kamu ingin tidur. Selain itu, hindari menguncir rambut setelah keramas ya, Ladies.

6. Perawatan Menggunakan Masker Mayones

cara-merawat-rambut-smoothing

Selain masker rambut dari pisang, Ladies juga bisa menggunakan mayones sebagai masker rambut. Mayones terbuat dari minyak sayur dan telur yang mengandung asam amino. Nutrisi tersebut baik untuk menutrisi dan menjaga kelembapan rambut.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup campurkan 2 sendok makan mayones dengan dua sendok teh hijau. Olehkan masker alami tersebut pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Agar rambut tidak terasa lepek, kamu bisa membersihkan rambut menggunakan sampo.

7. Gunakan Cuka Apel

cara-merawat-rambut-smoothing

Cuka apel adalah solusi untuk mendapatkan rambut halus dan berkilau tanpa menggunakan bahan kimia. Cuka apel dapat menyeimbangkan pH kulit kepala, menghilangkan sisa-sisa kimiawi smoothing, dan menutup kutikula rambut sehingga membuatnya halus serta berkilau.

Cukup campurkan 200 ml air dengan satu sendok makan cuka apel. Semprotkan larutan tersebutke kulit kepala lalu pijat perlahan. Diamkan selama 3 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

8. Gunakan Serum Rambut

cara-merawat-rambut-smoothing

Kalau tidak ingin repot, kamu bisa menggunakan serum rambut, Ladies. Serum mengandung vitamin dan mineral dengan konsentrasi tinggi yang mampu menutirsi kulit kepala dan akar rambut. Selain itu, serum rambut juga mampu melindungi rambut dari paparan sinar UV, polusi, atau hair styling.

Saat ini banyak brand memproduksi berbagai varian serum rambut. Jadi, kamu bisa memilih serum rambut yang sesuai dengan kondisi rambutmu, Ladies.

Kamu hanya perlu menuangkan beberapa tetes serum ke kulit kepala sambil dipijat perlahan. Setelah menggunakan serum, kamu tidak perlu membilas rambut lagi. Jadi, praktis banget buat kamu yang sibuk beraktivitas.

Itulah delapan cara merawat rambut smoothing yang bisa kamu ikuti, Ladies. Ikuti cara tersebut secara konsisten untuk menjaga dan merawat rambutmu agar tetap sehat, Ladies.

Baca Juga:

5 Serum Penumbuh Rambut Terbaik, Bikin Rambutmu Makin Lebat!

7 Warna Ombre Rambut yang Cocok Bagi Kulit Sawo Matang

7 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami dan Cepat, Dijamin Efektif!