8 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Dijamin Bikin Mulus

0
60

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Pori-pori wajah berfungsi sebagai saluran keluarnya sebum. Nah, sebum inilah yang betugas melumasi kulit serta melembapkannya secara alami. Pori-pori yang tersumbat dapat mennggakibatkan sejumlah masalah seperti jerawat, wajah kusam, dan membuat skincare tidak terserap maksimal. 

Sebum dan kotoran yang tersumbat juga membuat pori-pori wajah terlihat membesar. Jika dibiarkan dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit seperti komedo, jerawat, kulit kusam, dan lain-lain.

Nah, berikut ini ada beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa Ladies ikuti. Simak sampai akhir yuk!

1. Rutin Cuci Muka

Cara-Mengecilkan-Pori-Pori-Wajah

Cara mengecilkan pori-pori paling dasar adalah dengan rutin membersihkan wajah secara teratur. Kotoran, minyak, dan sel kulit mati dapat tertimbun di dalam pori-pori, sehingga membuat pori-pori membesar.

Oleh karena itu, Ladies perlu mencuci wajah menggunakan face wash untuk mengangkat seluruh kotoran dan sel kulit mati di wajah. Tuang face wash ke telapak tangan hingga berbusa, lalu aplikasikan ke wajah.

Pijat wajah secara perlahan agar kotoran di pori-pori dapat dibersihkan. Setelah itu, bilas dengan air, keringkan wajah menggunakan handuk bersih, lalu gunakah skincare sesuai jenis kulit.

2. Pilih Produk Berbahan Dasar Air

Cara-Mengecilkan-Pori-Pori-Wajah

Beberapa produk perawatan kulit diformulasikan untuk menambah hidrasi kulit dengan kandungan oil dan petrolatum. Namun, bagi Ladies yang memiliki wajah berminyak, menggunakan produk skincare tersebut dapat meningkatkan produksi sebum.

Pori-pori akan tampak lebih besar apabila terdapat timbunan minyak di kulit. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Ladies memilih produk berbahan dasar air atau water-based.

3. Eksfoliasi Kulit Wajah

Cara-Mengecilkan-Pori-Pori-Wajah

Pori-pori yang besar bisa disebabkan oleh menumpuknya sel kulit mati di kulit. Untuk mengatasinya, Ladies bisa mengangkat sel kulit mati dengan melakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu.

Setelah mengeksfoliasi wajah, gunakan pelembap agar kulit tetap mendapat hidrasi yang cukup. Namun ingat ya Ladies, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi karena dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. 

4. Jangan Lewatkan Pelembap

Cara-Mengecilkan-Pori-Pori-Wajah

Kekurangan hidrasi pada kulit dapat merangsang produksi minyak berlebih, sehingga membuat pori-pori membesar. Oleh sebab itu, kita perlu menggunakan pelembap agar kulit memperoleh kelembapan yang cukup.

Bagi Ladies yang memiliki kulit berminyak bisa memilih pelembap yang bebas minyak dengan kandungan waterbased. Elastisitas kulit juga tetap bisa terjaga dengan pelembap loh.

5. Lindungi Kulit dengan Sunscreen

Cara-Mengecilkan-Pori-Pori-Wajah

Perlu Ladies ketahui bahwa radiasi sinar UV matahari bisa membuat kulit wajah menjadi kering dan iritasi. Hal ini membuat kelenjar sebum akan memproduksi minyak secara berlebih untuk melembapkan kulit.

Akhirnya, kulit jadi berminyak dan membuat kotoran dan bakteru mudah menempel pada wajah dan menyumbat pori-pori. Hal itu membuat pori-pori semakin terlihat membesar, Ladies.

Untuk megecilkan pori-pori wajah, Ladies bisa menggunakan sunscreen denagn SPF minimal 30 hingga 50. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya ulang agar kulit wajah terlindung dari sinar UV.

6. Rajin Membersihkan Riasan Wajah

Cara-Mengecilkan-Pori-Pori-Wajah

Saat malas, kita sering lupa membersihkan riasan pada wajah. Padahal kebiasaan ini justru bisa memperbesar pori-pori, loh. Hal ini karena sisa riasan dan bakteri di wajah menumpuk di pori-pori wajah. 

Cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa Ladies lakukan adalah membersihkan riasan make up menggunakan milk cleanser atau micellar water. Setelah itu, bersihkan kembali sisa kotoran di wajah menggunakan face wash. So don’t miss this step Ladies!

7. Jangan Menyentuh Wajah dengan Tangan

Cara-Mengecilkan-Pori-Pori-Wajah

Tangan yang kotor bisa mentransfer kotoran dan bakteri ke wajah, sehingga pori-pori di wajah rentan tersumbat akibat penumpukan bakteri. 

Jadi, sebelum menyentuh wajah, pastikan Ladies sudah mencuci tangan menggunakan sabun. Kebiasaan sederhana seperti ini bisa membantu mengecilkan pori-pori, mengurangi jerawat, dan mengurangi minyak berlebih di wajah.

8. Pakai Clay Mask

Cara-Mengecilkan-Pori-Pori-Wajah

Clay mask efektif menyerap sebum para kulit wajah, sehingga cocok bagi Ladies yang punya masalah minyak berlebih dan pori-pori besar. Gunakan 1-2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal ya, Ladies. Setelah menggunakan clay mask, jangan lupa aplikasikan serum dan pelembap sesuai jenis kulit. 

Itulah 8 cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa Ladies lakukan. Selain cara di atas, Ladies juga perlu emnerapkan gaya hidup sehat. Hindari makanan tinggi lemak dan terlalu pedas yang dapat meningkatkan produksi sebum wajah.

Baca Juga:

Dijamin Aman! Ini Dia 7 Rekomendasi Cream Pencerah Wajah 

5 Tips Jitu Cara Memakai Serum Agar Wajah Cerah dan Glowing

Coba 7 Cushion Lokal Ini, Bikin Wajah Mulus Natural