8 Cara Ampuh Mencerahkan Kulit Tangan yang Belang

0
45

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering terekspos selain wajah. Tentunya ini menyebabkan kulit tangan lebih mudah belang Ladies. Banyaknya sinar matahari yang terserap oleh kulit menyebabkan produksi melanin meningkat. Nah jadinya kulit secara alami menjadi gelap. 

Agar warna kulit kembali merata dibutuhkan waktu yang cukup lama loh, Ladies. Tapi tenang aja! Ladies bisa mencoba banyak cara agar belang di kulit tangan Ladies segera hilang. Simak tipsnya yuk!

1. Pakai produk pencerah yang aman

Cara yang pertama, Ladies bisa menggunakan produk pencerah yang aman bagi kulit. Untuk mengatasi kulit belang, Ladies bisa memilih produk pencerah yang mengandung retinoid, kojic acid, glycolic acid, azelaic acis, dan vitamin C. Kandungan-kandungan tersebut menghambat peningkatan produksi melanin, sehingga kulit menjadi lebih cerah.

Ladies juga harus menghindari produk pencerah kulit yang mengandung bahan berbahaya seperti steroid atau merkuri. Jika masih ragu, konsultasikanlah dengan dokter mengenai bahan aktif di produk pilihanmu.

2. Lakukan eksfoliasi

cara-mencerahkan-kulit-tangan-belang

Ladies bisa melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati, Ladies. Gunakan produk eksfoliasi yang sudah BPOM ya, Ladies. 

Selain itu, Ladies bisa menggunakan scrub alami yang ada di rumah seperti gula. Gosokkan perlahan ke area belang di tangan. Setelah scrubbing, pakailah pelembap agar kulit tetap mendapat hidrasi optimal.

Hindari juga sinar matahari langsung setelah eksfoliasi karena kondisi kulit yang mengelupas lebih sensitif. Setidaknya, pakailah sunscreen minimal SPF 30 saat ingin beraktivitas di luar ruangan, Ladies.

3. Basuh air beras

cara-mencerahkan-kulit-tangan-belang

Setelah mencuci beras, jangan dulu buang airnya. Ladies bisa memanfaatkan air tersebut untuk menghilangkan belang di tangan, loh. Air beras mengandung allantoin dan asam ferulic yang bisa mencerahkan dan melindungi kulit dari radiasi sinar UV.

Caranya juga mudah dengan membiarkan air beras agar mengendap. Lalu basuhkan air ke kulit yang belang. Lakukanlah secara rutin untuk mendapat hasil yang optimal.

4. Pakai lidah buaya

cara-mencerahkan-kulit-tangan-belang

Cara mencerahkan kulit belang selanjutnya adalah dengan bahan alami, seperti ldiah buaya. Lidah buaya atau aloe vera mengandung senyawa aloesin yang ampuh menghambat produksi melanin, seehingga kulit menjadi lebih cerah. 

Pemakaiannya juga mudah dengan mengoleskan lidah buaya di tangan secara merata. Diamkan selama 15 menit hingga gel terserap sempurna. Lalu bilaslah hingga bersih Ladies.

5. Hindari penggunaan beberapa bahan alami

cara-mencerahkan-kulit-tangan-belang

Beberapa bahan alami juga harus dihindari agar kulit belang Ladies bisa segera hilang. Hindari terlebih dahulu produk perawatan yang mengandung lemon, jeruk nipis, ataupun kandungan sitrus lain. Buah-buahan ini justru membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV, sehingga rentan menlamai sunburn saat di bawah sinar matahari.

6. Coba aplikasikan teh hitam

Ladies bisa memanfaatkan teh hitam untuk mencerahkan kulit. Efektivitas teh hitam telah teruji melalui toxicological research. Berdasarkan studi tersebut, teh hitam terbukti berhasil mencerahkan kulit kelinci yang berwarna cokelat. 

Ladies bisa mengonsumsi teh hitam untuk merawat kesehatan dan mencerahkan kulit. Selain itu, Ladies juga bisa membuat teh hitam menjadi masker dan mengaplikasikannya langsung ke kulit yang belang. 

7. Oleskan sunscreen

cara-mencerahkan-kulit-tangan-belang

Selain melindungi kulit dari radiasi sinar UV, ternyata sunscreen efektif membantu mencerahkan kulit yang belang loh, Ladies. Ini karena sunscreen bisa menghambat pembentukan melanin dan merangsang percepatan perbaikan warna kulit.

Pakailah sunscreen ber-SPF 30 dengan PA++. Aplikasikan 15-30 menit sebelum keluar rumah ya. Setelah itu, Ladies bisa mengoleskan kembali setiap 2 jam sekali agar pelrindungan kulit lebih optimal. 

8. Oleskan campuran madu dan pepaya

cara-mencerahkan-kulit-tangan-belang

Cara mencerahkan kulit yang terakhir adalah dengan menggunakan masker madu dan pepaya. Madu mengandung senyawa anti inflamasi yang memperbaiki tekstur kulit, sehingga menjadi lebih kenyal. Sementara itu, pepaya diperkaya dengan enzim papain yang efektif mencerahkan kulit.

Campurkan satu potong pepaya yang sudah dihaluskan dengan dua sendok madu. Lalu aplikasikan pada area kulit yang belang. Diamkan selama 20 menit agar kulit dapat menyerap vitaminnya dengan optiomal, lalu cuci hingga bersih.

So, itu dia beberapa cara yang ampuh hilangkan kulit belang. Kunci utamanya adalah hindari paparan sinar matahari terlalu lama, gunakan pakaian yang panjang, dan jangan lupa untuk apply sunscreen, Ladies!

Baca Juga:

Jangan Sampai Salah! Ini 7 Sunscreen untuk Kulit Kering Terbaik

Anti Belang! Rekomendasi 5 Sunblock Waterproof yang Bagus Buat Badan

7 Rekomendasi Sabun Mandi untuk Memutihkan Kulit Badan