7 Rekomendasi Salep Bisul yang Ampuh dan Efektif 

0
66

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, bisul pada dasarnya bukanlah jenis penyakit menular dan dapat disembuhkan dengan mudah. Biasanya, penderita bisul ringan hanya perlu mengompresnya dengan air hangat. Namun, beberapa kondisi bisul yang lebih parah akan membutuhkan pengobatan khusus, seperti obat salep.

Berikut ini rekomendasi beberapa salep bisul yang ampuh dan efektif menyembuhkan bisul. Siapa tahu informasi ini dapat menjadi bermanfaat bagi Ladies yang sedang menderita bisul. Mari kita simak sama-sama yuk!

1. Salep Bisul: Mupirocin

Salep-Bisul

Obat salep Mupirocin sangat populer karena ampun mengobati bisul. Mupirocin merupakan antibiotik yang efektif melawan bakteri penyebab bisul yaitu Meticillin Resistant Staphylococcus Aureus.

Namun, penggonaan obat salep harus mengikuti petunjuk dari dokter. Hal ini karena penggunaan yang sembarangan dapat mengakibatkan resistensi bakteri terhadap antibiotik.

Cara kerja Mupirocin adalah dengan menghalangi aktivitas enzim isoleusil-tRNA sintetase yang membuat protein untuk menginfeksi tubuh. Dengan menghambatnya enzim tersebut dapat mematikan bakteri sehingga proses penyembuhan bisul bisa lebih cepat.

2. Salep Bisul: Gentamicin

Obat salep bisul selanjutnya tergolong dalam aminoglikosida yang bekerja menghentikan pertumbuhan bakteri pemicu bisul. Ladies perlu memperhatikan petunjuk penggunaan obat agar sesuai dosis. Hal ini karena penggunaan secara berlebihan justru dapat menurunkan efektivitas obat, bahkan membuat bisul tak kunjung sembuh, loh.

Sebelum menggunakan salep ini, pastikan tangan sudah bersih dengan mencuci tangan di air mengalir. Setelah itu, cukup oleskan tipis salep pada bisul sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

3. Salep Bisul: Ichtyol

Salep ini cocok digunakan bagi Ladies yang rentan terkena bisul. Salep ini punya formula khusus untuk menyembuhkan bisul dengan efektif dan cepat.

Kandungan ichtammolum dalam salep ichtyol bersifat anti inflamasi dan antiseptik yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bisul.Tidak hanya itu, zat ini juga dapat membantu meringankan peradangan, sehingga bisul cepat kering, Ladies.

4. Salep Bisul: Pagoda

Salep-Bisul

Pagoda Salep dapat sering disebut sebagai salep serba guna. Selain ampuh meredakan bisul, salep ini juga dapat membantu penyembuhan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, seperti kurap, kudis, dan panu.

Kandungan camphora dan sulfur praecipitatum dalam salep ini mampu menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri. Sebagai catatan, salep ini bukan termasuk antibiotik. Jadi, Ladies dapat membelinya dengan mudah di apotek tanpa resep dokter.

5. Salep Bisul: Myrhax

Obat salep berikutnya juga serba guna, karena dapat menyembuhkan bisul dan mengeringkan luka pada penderita diabetes. Bahan-bahan yang ada pada Myrhax berasal dari ekstrak tumbuhan alami, sehingga aman digunakan untuk kulit.

Pemakaiannya juga mudah, cukup oleskan salep ini secara rutin pada area bisul atau luka. Secara perlahan luka pada kulit akan terobati. Namun, ingat penggunaannya harus sesuai petunjuk yang tertera di kemasan obat ya, Ladies. 

6. Salep Bisul: Atopiclair Cream

Salep-Bisul

Atopiclair cream adalah salep bisul yang terbuat dari bahan alami, sehingga aman digunakan bagi Ladies yang kulitnya sensitif. Kandungan vitis vinivera serta shea butter di dalamnya efektif meredakan peradangan.

Sementara, bahan natrium hyaluronate bertugas menjaga sensitivitas jaringan kulit yang membengkak. Dengan begitu, gejala panas sekaligus nyeri akibat bisul dapat teratasi dengan salep ini.

7. Salep Bisul: Nosib Salp Cap Bison

Salep-Bisul

Bisul dan gatal-gatal di sela-sela jari kaki dapat mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehar-hari. Pemicunya tentu saja jamur dan bakteri yang tumbuh tidak terkendali.

Salah satu produk yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah Nosib Salp Cap Bison, Ladies. Salep ini mengandung sulfur praecipitatum serta acid benzoicum bersifat anti mikroba sehingga efektif membunuh bakteri dan jamur penyebab bisul. 

Itulah 7 rekomendasi salep bisul yang bisa Ladies gunakan untuk mengobati bisul. Namun, jika bisul tidak kunjung sembuh, sebaiknya Ladies berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui penyebabnya dan pengobatan yang tepat. 

Baca Juga:

Ketahui Gejala Penyakit Herpes, Pengobatan, dan Pencegahannya

5 Rekomendasi Obat Gusi Bengkak Alami, Ampuh Redakan Nyeri

Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing dan Cara Memberikannya