7 Rekomendasi Obat Batuk Berdahak, Efektif Meredakan Batuk Orang Dewasa

0
31

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Batuk berdahak membuat tenggorokan terasa sakit dan tidak nyaman. Selain itu, batuk disertai dahak dapat mengganggu pernapasan kita, sehingga aktivitas pun terganggu.  Untuk meredakan batuk dan menghilangkan dahak, kita membutuhkan obat batuk.

Ada dua jenis obat batuk yaitu obat batuk berdahak dan obat batuk kering. Jika Ladies sedang batuk berdahak, coba konsumsi rekomendasi obat batuk berdahak berikut ini. 

Actifed Plus Expectorant

Obat-Batuk-Berdahak

Obat batuk berdahak Actifed Plus Expectorant memiliki kandungan yang komplit. Ada Triprolidine HCl yang ampuh menurunkan reaksi alergi serta dextromethorphan Hbr yang bertugas meredakan batuk. Dahak akan lebih encer karena zat guaifenesin yang terkandung dalam obat batuk ini.

Oleh karena itu, obat batuk berdahak Actifed Plus Expectorant sangat cocok untuk orang dewasa. Namun, obat ini tidak boleh bagi dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui ya.

Laserin Sirup

Obat-Batuk-Berdahak

Laserin sirup merupakan obat batuk dengan kandungan alami yang dapat melegakan tenggorokan. Kandungan utama dari obat ini adalah tanaman patikan kebo. Tanaman ini bermanfaat dalam meredakan gejala batuk dengan mengencerkan dahak. 

Selain tanaman patikan kebo, Laserin juga memiliki kandungan daun mint serta licorice. Kedua bahan ini efektif mengencerkan lendir sehingga dahak dapat keluar.

Siladex Mucolytic & Expectorant

Obat-Batuk-Berdahak

Nah, kalau obat batuk berdahak yang satu ini punya komposisi khusus yang bertujuan mengencerkan dahak. Dua kandungan utama bahan ini, yakni guaifenesin dan bromhexine, bekerja sama dengan baik untuk meredakan batuk berdahak.

Guaifenesin merupakan ekspektoran yang mengubah dahak agar tidak lengket. Sementara, bromhexine berperan mencegah munculnya dahak baru yang dapat mengganggu saluran pernapasan.

Prospan Sirup

Obat-Batuk-Berdahak

Kalau Ladies lebih nyaman mengonsumsi obat berdahak herbal, Prospan sirup dapat jadi pilihan. Kandungan utama pada obat ini adalah ekstrak daun ivy. Tanaman ini berfungsi mengencerkan dahak sekaligus memperluas saluran pernapasan.

Obat ini cukup ampuh dan membuat tenggorokan terasa lebih lega. Gejala batuk berdahak pun perlahan akan membaik. Khasiat obat ini memang sebanding dengan harga jualnya yang memang cukup mahal.

Komix OBH

Obat Batuk Berdahak

Jika butuh obat batuk berdahak yang praktis dibawa ke mana-mana, Ladies bisa mengonsumsi Komix OBH. Kandungan guaifenesin dan licorice di dalamnya efektif mengencerkan dahak. Alhasil, dahak dengan lebih mudah keluar saat batuk.

Rasa segar dari Komix OBH juga melegakan tenggorokan, Ladies. Dengan kemasan sepraktis ini, kita tidak perlu repot menyiapkan sendok takar saat mengonsumsinya.

Mucos Drops

Obat-Batuk-Berdahak

Obat batuk berdahak selanjutnya adalah Mucos Drops. Kandungan utama pada Mucos Drops adalah ambroxol yang dapat membantu mengencerkan lendir alias dahak.Selain efektif untuk batuk berdahak, obat ini juga dipakai untuk beberapa penyakit seperti bronkial dan radang paru kronis.

Mucos Drops kerap diresepkan oleh dokter untuk pasien batuk berdahak yang cukup parah. Jadi, ada baiknya meminum obat ini sesuai rekomendasi dan resep dari dokter ya.

Sido Muncul Jamu Batuk Herbal

Obat-Batuk-Berdahak

Selanjutnya ada obat batuk herbal produksi Sido Muncul. Obat SidoMuncul Jamu Batuk Herbal cocok untuk mengatasi batuk berdahak maupun batuk kering. Sakit dan gatal pada tenggorokan berkurang dengan mengonsumsi obat herbal ini.

Kandungan alami berupa daun saga, adas, dan jintan putih efektif meredakan batuk berdahak dan batuk kering. Sementara itu, kandungan jahe di dalamnya ampuh mengatasi radang dan menghangatkan tenggorokan. Obat batuk dari Sido Muncul jadi pilihan tepat buat Ladies yang lebih nyaman menggunakan jenis obat herbal.

Itulah penjelasan mengenai tujuh rekomendasi obat batuk berdahak. Sebelum mengonsumsinya, wajib perhatikan dosis yang tertera pada label kemasan. Jika batuk berdahak tidak kunjung mereda dan kian memburuk, segera periksakan diri ke dokter. 

Baca Juga:

5 Rekomendasi Obat Gusi Bengkak Alami, Ampuh Redakan Nyeri

Ini Dia 6 Jenis Obat Alergi yang Ampuh Meredakan Gatal

Terbukti Ampuh dan Efektif! Ini 7 Rekomendasi Obat Batuk dan Flu Dewasa