7 Nama-Nama Lain Hari Kiamat Menurut Islam, Wajib Diketahui!

0
71

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Allah SWT selalu mengingatkan kita dalam Al-Qur’an bahwa kiamat pasti akan terjadi. Tidak ada satu pun makhluk yang bisa memprediksi kapan terjadinya. Semua itu adalah rahasia ilahi yang hanya perlu kita yakini kebenarannya, Ladies.

Kiamat juga memiliki rangkaian kejadian disetiap harinya. Sebagai umat Muslim, tentunya kita harus mengetahui nama-nama hari kiamat. Lalu apa sajakah nama-nama hari tersebut? Berikut penjelasannya, Ladies.

1. Yaumul Ba’ats/Hari Kebangkitan

Inilah hari dimana semua manusia akan bangkit kembali dan Allah lantas berfirman dalam surat Ar Rum ayat 57 yang artinya: “Maka pada hari itu tidak bermanfaat (lagi) bagi orang-orang yang zalim permintaan uzur mereka, dan tidak pula mereka diberi kesempatan bertaubat lagi.”

2. Yaumul Hisab/Hari Perhitungan

Usai kita bangkit dari alam kubur, kita akan mempertanggungjawabkan segala amal perbuatan kita di hari perhitungan. Allah lantas berfirman:

Al-yauma tujzā kullu nafsim bimā kasabat, lā ẓulmal-yaụm, innallāha sarī’ul-ḥisāb.

Artinya: “Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya.” (QS. Al Mu’min:17).

4. Yaumul Hasrah/Hari Penyesalan

Tentunya, manusia yang memiliki tingkat keimanan yang tinggi dan pahala yang berlimpah akan bahagia, begitu pula sebaliknya. Allah juga menjelaskan dalam QS. Maryam ayat 39 yaitu manusia akan diberikan peringatan pada hari dimana segala telah diputuskan. Akan tampak manusia yang lalai dan beriman.

5. Yaumul Fash/Hari Pemisahan

Tanda-Kiamat-kubra

Saat hari ini tiba, akan ada pemisahan atau perbedaan antara orang yang beriman dan tidak sebagaimana firman Allah yaitu:

Hāżā yaumul-faṣlillażī kuntum bihī tukażżibụ.

Artinya: “Inilah hari keputusan yang kamu selalu mendustakannya,” (QS. Ash-Shaffat: 21).

6. Yaumul Jama’/Hari Berkumpul

Pada hari ini, semua manusia akan berkumpul dari masa Nabi Adam hingga orang-orang akhir zaman, lantas Allah berfirman dalam surah Asy-Syura ayat 7 yang artinya:

“Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Quran dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura’ (penduduk Makkah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya. Segolongan masuk surga, dan segolongan masuk Jahannam.”

7. Yaumul Khulud/Hari yang Kekal

Tanda-Kiamat-kubra

Ketika semua orang baik dan jahat sudah terpisah, inilah saat kehidupan kekal mereka di akhirat yaitu di surga atau neraka. Allah pun menjelaskan:

Udkhulụhā bisalām, żālika yaumul-khulụd.

Artinya: “Masukilah surga itu dengan aman, itulah hari kekekalan.” (QS. Qaf: 34).

Itulah nama-nama hari kiamat yang harus kita ketahui agar semakin teringat bahwa semasa hidup selalu berbuat baik. Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi kita semua dalam menjalani kehidupan di dunia hingga akhirat kelak.

Baca Juga:

Bacaan Doa Tahlil Arab dan Artinya, Amalkan Agar Mendapat Pahala

Doa Malam Pertama untuk Pengantin Baru Supaya Berkah

Doa Ulang Tahun untuk Diri Sendiri Agar Berlimpah Berkah