7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Ampuh Melembapkan dan Atasi Jerawat

0
52

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Sejak dahulu, minyak zaitun sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan produk kecantikan kulit. Hal ini karena minyak zaitun mengandung polifenol, vitamin E, dan omega 3 yang dibutuhkan dalam perawatan kulit wajah.

Lantas, apa saja manfaat dari minyak zaitun untuk kesehatan kulit? Mampukah mencegah penuaan dini? Mari simak ragam manfaat minyak zaitun selengkapnya di bawah ini, Ladies!

1. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Manfaat-Minyak-Zaitun-untuk-Wajah

Pori-pori besar penyebab munculnya jerawat dan komedo Ladies. Besarnya pori-pori meningkatkan risiko masuknya berbagai partikel kecil ke dalam lapisan kulit, sehingga membuat pori-pori tersumbat.

Penyumbatan ini kemudian menyebabkan bakteri bersarang di kulit, Ladies. Jika dibiarkan maka dapat menyebabkan jerawat dan komedo.

Untuk mengatasinya, Ladies bisa menggunakan minyak zaitun. Minyak ini mengandung vitamin E dan polifenol yang bertugas sebagai antioksidan. Senyawa ini dibutuhkan untuk mengurangi inflamasi dan membunuh bakteri di kulit.

Penggunaannya pun juga mudah, Ladies. Cukup oleskan beberapa tetes minyak zaitun pada bagian wajah yang memiliki pori-pori besar dan berminyak. Pijat beberapa menit supaya terserap ke dalam kulit, lalu bilas dengan air bersih.

2. Sebagai Pelembap Alami

Manfaat-Minyak-Zaitun-untuk-Wajah

Selain mengecilkan pori-pori, minyak zaitun juga efekitf melembapkan sekaligus melembutkan kulit, Ladies. Kandungan lemak omega 3 di dalamnya efektif memberikan hidrasi yang cukup untuk kulit. Pemakaian minyak zaitun secara teratur membuat kulit terasa kenyal, halus, dan elastis.

3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat-Minyak-Zaitun-untuk-Wajah

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami penuaan yang ditandai munculnya kerutan halus dan flek hitam. Hal ini disebabkan oleh radikal bebas dan menurunnya kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen.

Guna mengurangi tanda-tanda penuaan, Ladies bisa menggunakan minyak zaitun. Minyak ini mengandung antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas penyebab kulit kering flek hitam.

Selain itu, kandungan omega 3 dalam minyak ini juga efektif menghidrasi kulit, sehingga kerutan halus dapat dicegah. Tidak hanya itu, kedua senyawa tersebut mampu merangsang produksi kolagen pada kulit. Dengan begitu, sel-sel kulit mati dapat digantikan oleh sel kulit yang baru dan wajah tampak lebih muda.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat-Minyak-Zaitun-untuk-Wajah-1

Selain sebagai masker wajah, Ladies juga bisa membuat scrub alami dari minyak zaitun, loh. Ladies hanya perlu menyiapkan dua bahan-bahan alami yaitu minyak zaitun dan kopi bubuk. Campuran kedua bahan alami ini mampu mengatasi kulit kering dan bersisik.

Untuk membuatnya, campurkan sepuluh sendok teh kopi bubuk dengan 4 sendok teh minyak zaitun. Setelah seluruh bahan tercampur, Ladies dapat mengoleskan scrub alami ini ke area kulit atau wajah yang kering.

5. Meredakan Jerawat dan Memudarkan Bekasnya

Manfaat-Minyak-Zaitun-untuk-Wajah

Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah mengatasi jerawat dan noda bekas jerawat. Minyak ini mengandung senyawa anti mikroba dan antiinflamasi yang efektif meredakan peradangan sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara menggunakannya juga mudah, Ladies. Oleskan minyak zaitun pada jerawat dan noda bekasnya, lalu pijat perlahan selama 5-10 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan lanjutkan dengan rangkaian skincare lainnya.

6. Menghilangkan Kutil pada Wajah

Manfaat-Minyak-Zaitun-untuk-Wajah

Kutil disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam sel kulit yang menyebabkan iritasi dan gatal. Untuk meredakannya, gunakan bahan alami yang bersifat anti bakteri seperti minyak zaitun.

Namun sebelum menggunakannya, bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan facial foam. Setelah itu, oleskan minyak zaitun di area kutil, lalu ulangi tahap ini tiga kali sehari.

7. Makeup Remover

Manfaat-Minyak-Zaitun-untuk-Wajah-1

Manfaat minyak zaitun yang terakhir adalah sebagai makeup remover. Menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih makeup bisa jadi solusi untuk Ladies yang punya kulit sensitif.

Caranya tuangkan minyak zaitun pada kapas, lalu sapu makeup pada wajah sembari dipijat dengan lembut. Jika seluruh makeup sudah terangkat, segera bilas dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat.

Wah, ternyata minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kulit wdan wajah ya, Ladies. Namun jika selama penggunaan minyak zaitun timbul alergi atau reaksi tertentu, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan ke dokter kulit.

Baca Juga:

7 Manfaat Tamanu Oil Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Ampuh Atasi Jerawat!

Rekomendasi 7 Masker untuk Jerawat, Ampuh Banget Ladies!

Super Ampuh! Ini 7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Beruntusan