7 Makanan Khas Madura yang Super Enak Untuk Dicoba

0
62

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Berbicara mengenai kuliner, Madura juga memiliki makanan khas yang super enak dan menarik. Kelezatan kuliner daerah yang satu ini memang luar biasa dan banyak diakui oleh para pecinta kuliner. 

Jika sedang singgah di kota ini, ada tujuh rekomendasi makanan khas Madura yang wajib dicoba. Tentunya makanan ini tak kalah lezat dengan sate Madura yang sangat memanjakan lidah kita. Penasaran? Langsung saja simak artikel ini sampai habis, Ladies.

1. Rujak Selingkuh

Makanan-Khas-Tradisional-Madura

Selain namanya yang unik, cita rasa rujak selingkuh sangat kaya dan lezat. Nama ini diperoleh dari campuran antara rujak dan soto babat khas Madura. Olahan dari dua menu tersebut menciptakan kombinasi nikmat yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Madura.

2. Soto Madura

Makanan-Khas-Tradisional-Madura

Siapa yang tak kenal dengan soto madura? Makanan ini sangat mudah ditemukan di berbagai pelosok wilayah Madura. Rasa gurih dari soto ini didapatkan dari santan yang sudah digoreng. Jangan lupa untuk siapkan sepiring nasi hangat, dijamin bikin ketagihan, Ladies.

3. Kaldu Kokot

Makanan-Khas-Tradisional-Madura

Makanan khas Madura selanjutnya adalah kaldu kokot . Makanan ini terbuat dari kacang hijau yang diolah bersama kaldu daging, sumsum sapi, dan kikil. Dari tampilannya, kita bisa membayangkan gurihnya kaldu kokot yang dipenuhi dengan lemak dan berisi daging lembut yang nikmat.

4. Sate Laler

Makanan-Khas-Tradisional-Madura

Meskipun nama makanan ini mengandung unsur serangga, namun sebenarnya makanan ini terbuat dari daging sapi loh, Ladies. Makanan khas Pamekasan Madura ini dibuat dari daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil, sehingga saat matang akan terlihat seperti serangga lalat.

5. Topak Ladhe

Makanan-Khas-Tradisional-Madura

Topak ladhe adalah makanan khas Madura yang sering dihidangkan ketika hari-hari besar seperti Idul Fitri. Menu ini hampir mirip dengan ketupat sayur, tetapi memiliki cita rasa yang berbeda. Kuah makanan ini diolah dengan beragam rempah serta dicampur dengan daging sapi, sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan nikmat.

6. Nasi Serpang 

Makanan-Khas-Tradisional-Madura

Makanan khas Madura lainnya yang tidak boleh terlewatkan adalah nasi serpang. Makanan ini disajikan dengan beragam lauk pauk seperti pepes ikan tongkol, krecek tahu, kerang pedas, soun kecap, telur asin, dendeng sapi, sambal terasi, kerupuk bumbu rujak, dan keripik paru. Keunikan nasi ini yaitu tak menggunakan sayur dan memiliki tekstur sedikit kasar.

7. Tajin Sobih

Makanan-Khas-Tradisional-Madura

Tajin sobih, atau lebih dikenal dengan sebutan bubur sobih, merupakan makanan khas Desa Sobih, Kabupaten Bangkalan, Madura. Makanan ini termasuk dalam hidangan dessert atau pencuci mulut dengan rasa manis dan guri.

Itulah tujuh makanan khas Madura yang wajib kita nikmati. Dengan mengenal masakan khas daerah lainnya, bisa menambah rasa cinta kita terhadap keberagaman yang ada Indonesia.

Baca Juga:

5 Makanan Khas Riau, Kuliner Nikmat Bagi Food Vloger

9 Makanan Khas Jawa Timur yang Menggoyang Lidah, Sudah Pernah Coba?

5 Jenis Makanan Pecel di Indonesia, Dijamin Nikmat dan Lezat