7 Kata Mutiara untuk Anak, Mengharukan dan Menginspirasi!

0
67

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Secara naluriah, orang tua pasti menyayangi anak-anaknya ya, Ladies. Baik ayah maupun ibu pasti ingin yang terbaik untuk buah hati mereka. Salah satunya adalah doa dan harapan agar anak tumbuh menjadi pribadi makin baik.

Menanamkan nilai baik sekaligus memberikan teladan ke anak memang bukan perkara mudah. Sering mengobrol dengan anak adalah kunci membangun kepribadian anak, loh. Berikut ini ada beberapa kata mutiara untuk anak yang tak hanya mengharukan, melainkan juga menginspirasi. Keep scrolling, Ladies!

“Jangan takut salah. Dari kesalahanlah kamu dapat belajar jadi orang lebih baik”

Kata-Mutiara-untuk-Anak

Kebanyakan anak-anak sangat berhati-hati agar tidak melakukan kesalahan apa pun. Di benak mereka, berbuat salah identik dengan dimarahi. Itu sebabnya anak-anak cenderung takut mencoba hal-hal baru karena takut salah.

Dengan mengajarkan bahwa kesalahan adalah hal yang biasa, orang tua dapat memberikan sedikit keberanian kepadanya sejak dini. Maka, dia akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih menghargai proses daripada hasil ketika dewasa kelak, Ladies.

“Tuhan tidak menjanjikan hidupmu senantiasa mudah. Tapi Tuhan menjanjikan, dalam kesulitan apa pun, Dia selalu ada buatmu”

Kata-Mutiara-untuk-Anak

Kata mutiara untuk anak-anak ini cocok diajarkan agar anak dapat kenal dengan Tuhan. Berikan gambaran bahwa sosok Tuhan itu layaknya sahabat sehingga dapat memberi ketenangan di hati anak-anak.

Jadi, sesulit apapun hidup anak-anak kelak, mereka percaya bahwa mereka tak benar-benar sendirian menghadapinya. Ada Tuhan yang akan senantiasa menjaga dan menuntun mereka.

“Kalau kamu bahagia, maka ibu juga bahagia”

Kata-Mutiara-untuk-Anak

Saat beranjak dewasa kelak, banyak anak-anak cemas akan ekspektasi orang tua mereka. Alhasil, menomorsatukan kebahagiaan orang tua pasti menjadi prioritas bagi anak. Padahal, orang tua pada dasarnya hanya ingin anak-anak bahagia dengan pilihan hidup mereka sendiri.

Kata mutiara yang ini lebih baik diberikan ke anak-anak sejak masih kecil. Tanamkan pada diri anak-anak bahwa mereka berhak bahagia. Selama anak-anak bahagia, maka orang tua pun merasakan hal yang sama. Betul kan, Ladies?

“Jangan malu meminta maaf duluan. Minta maaf bukan berarti kalah atau lemah”

Kata-Mutiara-untuk-Anak

Sebagian besar orang dewasa sulit mengatakan “maaf” setelah berbuat kesalahan. Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya penanaman nilai-nilai tentang minta maaf dan pengampunan sejak kecil. Terlebih orang suka berpikir bahwa minta maaf berarti kalah.

Anak-anak mesti diajarkan untuk berani meminta maaf ketika mereka melakukan kesalahan atau menyakiti hati orang lain. Jangan sampai anak-anak punya pemikiran bahwa meminta maaf duluan berarti lemah.

“Harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimpi. Mulai sekarang, jangan pernah berhenti berharap ya”

Bagi anak-anak, memiliki mimpi atau harapan besar adalah hal menyenangkan. Seiring pertambahan usia hingga dewasa, mungkin mereka akan menyadari tidak semua hal sejalan dengan mimpi mereka. Di titik itulah mereka akan sedih dan kecewa.

Pentingnya orang tua menanamkan kata mutiara ini ke anak-anak adalah untuk menumbuhkan harapan mereka. Jangan sampai lelah untuk berharap karena itulah kekuatan untuk terus bertahan saat dewasa kelak.

Dari orang tua, anak-anak akan belajar lebih banyak tersenyum

Orang tua yang bahagia akan membuahkan anak-anak yang bahagia juga. Jadi, anak-anak otomatis belajar mengenal kebahagiaan dari sosok orang tua mereka. Orang tua yang banyak tersenyum pasti akan menurunkan keceriaannya ke anak-anak.

Kata mutiara ini sekaligus sebagai pengingat kepada orang tua untuk menjaga kesehatan mental sebaik mungkin. Jangan sampai orang tua terlalu banyak memberi contoh bentuk kecemasan hingga lupa tersenyum.

“Bersemangatlah tiap pagi. Lihat, ayah pun selalu bersemangat, walaupun hidup kadang terasa berat”

Kata mutiara yang terakhir ini cocok diberikan kepada anak-anak yang agak susah bangun pagi. Bagi anak-anak, bagun di pagi hari adalah hal paling berat. Maka, berikanlah contoh sosok ayah yang tetap bisa punya energi baru tiap pagi meski kelelahan saat pulang kerja.

Dengan mengingat sosok ayah, anak-anak akan jauh lebih mudah memulai hari dengan semangat. Jadi, penting ya buat orang tua menjaga semangat untuk mendongkrak keceriaan anak-anak.

Semoga kumpulan kata mutiara untuk anak tadi dapat menjadi pengingat untuk kita ya Ladies. Ingat, anak selalu belajar dari orang tuanya. Ladies, jadilah orang tua yang penuh cinta untuk anak-anak!

Baca Juga:

5 Kumpulan Puisi untuk Sahabat, Bikin Memori Selalu Teringat

Kumpulan Kata-Kata untuk Pasangan yang Suka Bohong, Bisa Buat Status!

16 Kumpulan Pantun Cinta Super Romantis, Bikin Doi Baper