7 Jenis Sayuran Tinggi Nutrisi untuk Ibu Hamil, Bikin Tubuh Sehat

0
34

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Sayur kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan sel-sel untuk memlihara kesehatan tubuh. Hal ini yang membuat sayur menjadi makanan wajib bagi semua orang, termasuk ibu hamil, Ladies. Ada beragam jenis sayuran yang dijual di pasaran yang pastinya nikmat dan menyehatkan.

Nah, buat Ladies yang ingin lebih tahu, kali ini Ladies Corner sudah merangkum informasinya. Berikut ini beberapa rekomendasi sayur tinggi nutrisi yang baik untuk ibu hamil. So, keep scrolling and reading this article, Ladies! 

1. Sayur untuk Ibu Hamil – Bayam

Sayuran-untuk-Ibu-Hamil

Sayur bayam sangat cocok dikonsumsi selama masa kehamilan. Sayur bayam mengandung asam folat, kalsium, vitamin, mineral, serta serat yang baik untuk nutrisi ibu hamil. Selain itu, nutrisi tersebut membantu pertumbuhan sel dan jaringan tubuh janin.

Dilansir dari Alodokter, dalam 100 gram bayam megnaudng 23 kalori. Menu yang satu ini rendah lemak, sehingga cocok dikonsumi buat kamu yang sering mual selama hamil. Rasanya yang ringan membuat bayam bisa dimasak menjadi berbagai menu hidangan yang nikmat dan menyehatkan.

2. Sayur untuk Ibu Hamil – Brokoli

Sayuran-untuk-Ibu-Hamil

Brokoli merupakan sayuran hijau dengan kandungan gizi yang dibutuhkan para ibu hamil. Mulai dari serat, asam folat, kalsium, vitamin K, vitamin C, vitamin A, hingga zat besi semua komplit dalam sayur ini. 

Tak cuma itu, mengonsumsi tumis brokoli juga membantu mencegah risiko sembelit pada ibu hamil. Dalam 100 gram brokoli menyumbang 39 kalori dengan kadar lemak yang rendah. Agar semakin nikmat, Ladies dapat menumis brokoli bersama daging cincang.

3. Sayur untuk Ibu Hamil – Kale

Sayuran-untuk-Ibu-Hamil

Rekomendasi sayur untuk ibu hamil selanjutnya adalah kale. Sayur yang satu ini mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Kale kaya akan vitamin A dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidanuntuk menangkal radikal bebas.

Tidak hanya itu, sayur kale juga mengandung vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang dan jantung, loh. Dalam setiap 100 gram sayur kale, mengandung 50 kalori yang kaya nutrisi dan serat. Menyehatkan banget, Ladies!

4. Sayur untuk Ibu Hamil – Sawi Hijau

Sayuran-untuk-Ibu-Hamil

Tumis sawi hijau menjadi menu sayur andalan banyak ibu hamil karena mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Di balik rasanya yang segar, sawi mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan tubuh ibu hamil dan janin, Ladies.

Sayur ini kaya akan serat, asam folat, kalsium, magnesium, zat besi, vitamin B6, serta vitamin C. Tidak hanya itu, sayur ini rendah kalori karena dalam 100 gram hanya mengandung 42 kalori saja. Selain nikmat, sawi tidak bikin gendut bagi ibu hamil. 

5. Sayur untuk Ibu Hamil – Bit

Sayuran-untuk-Ibu-Hamil

Bit merupakan sayuran jenis umbi-umbian berwarna kemerahan. Tiga kandungan utama dalam sayur ini adalah kalsium, vitamin C, dan asam folat. Kandungan tersebut sangat diperlukan untuk perkembangan janin dan menjaga kesehatan tubuhmu selama hamil, Ladies.

Selain diolah menjadi sup atau ditumis, sayur bit bisa diolah menjadi jus yang menyehatkan. Dalam satu gelas jus bit tanpa gula mengandung 100 kalori. Agar semakin nikmat, kamu bisa menambah madu, Ladies.

6. Sayur untuk Ibu Hamil – Wortel

Sayuran-untuk-Ibu-Hamil

Wortel sebagai sumber vitamin A sangat penting dikonsumsi selama masa kehamilan. Vitamin A tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi juga baik untuk menangkal radikal bebas, Ladies.

Kamu dapat mengkreasikannya menjadi berbagai menu masakan seperti cap cay, sop, maupun jus. Menu sederhana ini dijamin tidak membuat mual dan rasanya enak.

7. Sayuran Tinggi Nutrisi untuk Ibu Hamil – Selada

Sayuran-untuk-Ibu-Hamil

Keunggulan selada ada pada kandungan asam folatnya yang tinggi. Asam folat menjadi nutrisi penting untuk ibu hamil. Pasalnya, kekurangan asam folat dapat meningkatkan risiko cacat pada janin. Oleh sebab itu, rutin mengonsumsi selada sangat baik untuk memenuhi asupan asam folat guna menurunkan risiko cacat pada bayi.

Selada dapat dimakan sebagai lalapan yang lezat maupun diolah menjadi bahan campuran jus. Selain itu, sayur yang satu ini rendah lemak dan kalori karena dalam 100 gram selada hanya mengandung 15 kalori saja.

Itulah tujuh sayur untuk ibu hamil yang kaya nutrisi. Selain mengonsumsi jenis sayur di atas, tidak ada salahnya mengonsumsi jenis sayuran lain seperti kangkung, kembang kol, buncis, dan lain-lain. Jangan lupa untuk rutin berkonsultasi dengan dokter ya, Ladies.

Baca Juga:

14 Menu Makanan Sehat untuk Diet, Enak dan Bernutrisi Tinggi!

9 Jenis Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Wajib Dihindari

10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Wajib Kamu Coba