7 Jenis Kain Katun, Ketahui Ciri-Ciri dan Keunggulannya

0
65

Penulis: Rinan| Editor: Agnes

Katun merupakan salah satu jenis kain unggulan yang banyak dipilih untuk membuat pakaian. Hal ini karena kain katun dapat menyerap keringat karena memiliki banyak rongga, sehingga cocok digunakan di di Indonesia yang beriklim tropis.

Sebenarnya kain katun yang dijual di pasaran terdiri dari banyak jenis, Ladies. Nah, buat Ladies yang ingin berbisnis di dunia fashion, nggak ada salahnya untuk mengetahui jenis-jenis bahan kain katun. So, keep scrolling Ladies!

1. Kain Katun Biasa

Jenis-Kain-Katun

Harga kain katun ini sangat terjangkau, sehingga kerap digunakan industri tekstil dalam membuat produk-produk pakaian. Daya serapnya pun beragam, ada yang berdaya serap sedang hingga terbaik. Selain itu, motifnya pun beragam sehingga bisa disesuaikan dengan biaya produksi.

2. Katun Toyobo

Jenis-Kain-Katun

Kain katun toyobi memiliki tekstur lebih halus, lembut, dan tebal dibandingkan dengan kain katun biasa. Warna yang ditampilkan juga bersifat lebih glossy daripada kain katun biasa. Katun toyobo lebih sejuk daripada kain wolfis atau wollycrepe. 

Keunikan kain ini lebih nyaman digunakan karena modelnya yang jatuh.Saat disentuh kain toyobo lebih licin dibanding katun biasa. Di pasaran, kain ini biasanya dijual dalam bentuk polosan atau tanpa motif.  

3. Katun Supernova

Jenis-Kain-Katun

Selanjutnya, kain katun supernova yang sering dikoleksi oleh para hijabers. Katun supernova lazim digunakan untuk membuat gamis syar’i, jilbab, ataupun baju formal. Jika diamati dengan lebih seksama, kain katun ini akan terlihat serat-serat benang halus agar pakaian tidak transparan saat dikenakan.

4. Katun Madinah

Jenis-Kain-Katun

Salah satu bahan kain katun lainnya yang cocok dijadikan busana muslimah adalah kain katun madinah. Secara umum, sifat dari kain katun ini sama degan katun supernova. Bahan katun ini bersifat sejuk, jatuh, tidak menerawang, dan lembut, sehingga nyaman digunakan.

Dari segi kualitasnya, kain katun madinah berada satu tingkat di atas jenis katun supernova. Bagi Ladies yang menyukai katun ini, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik dan benar. Ladies tidak perlu menyikat berlebihan agar kain tidak terburai saat dibersihkan. Cukup disikat perlahan atau digosok perlahan untuk menghindari kerusakan.

5. Katun Oxford

Jenis-Kain-Katun

Katun oxford merupakan jenis katun yang bertekstur rata. Permukaannya terlihat sangat rapi karena dibuat dari penyilangan dua benang hingga membentuk semacam jalinan titik-titik menyerupai pixel. Karakteristik paling khas dari jenis kain ini yaitu terasa lembut saat dikenakan.

Bobot yang cenderung ringan membuat pakaian yang terbuat dari katun oxford terasa nyaman saat dikenakan. Katun oxford sering menjadi bahan utama pembuatan seragam kerja dan seragam sekolah. Kain ini juga kerap dipakai sebagai bahan dasar pembuatan kemeja casual, baju koko, blouse perempuan, hingga gamis.

6. Katun Flanel

Jenis-Kain-Katun

Siapa yang tidak tahu kain flanel? Jenis katun ini memiliki permukaan yang berbulu karena dibuat melalui proses penyikatan. Karakteristik katun flanel yang lebih tebal dari kain katun lainnya membuatnya cocok dijadikan bahan outer. 

7. Katun Jepang

Jenis-Kain-Katun

Jika Ladies sedang mencari kain katun yang 100% terbuat dari bahan organik, maka kain katun jepang adalah pilihan yang terbaik. Sesuai dengan namanya, kain katun ini berasal dari negeri Jepang. Kain ini dibuat dari pabrik tekstil yang sudah berlisensi resmi dari pemegang hak paten di Jepang. 

Seluruh permukaan katun jepang terasa halus. Kain ini juga ringan, lembut, menyerap keringat, dan tidak berbulu. Katun jepang dengan kualitas terbaik biasanya dilengkapi dengan watermark “Japan Design” beserta kode berupa warna pada ujung kain. Jenis kain katun ini sering kita jumpai dalam bentuk sprei dan mukena.

Itulah penjelasan mengenai tujuh jenis kain katun yang perlu Ladies tahu. Jenis katun yang dipilih bisa disesuaikan dengan budget dan model pakaian yang ingin dibuat, Ladies.

Baca Juga:

Penampilan Memukai dengan 6 Tips Mix and Match Baju Biru

4 Jenis Motif Tie Dye dan Cara Membuatnya, Ternyata Mudah Loh!

Anti Gagal! Ini 7 Inspirasi Warna Hijab yang Cocok untuk Merah Maroon