7 Game Haram di Indonesia Menurut Fatwa MUI, Wajib Tahu

0
39

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Gamer cukup terpukul oleh fatwa yang dikeluarkan oleh MPU Aceh (Majelis Permusyawaratan Ulama) yang memutuskan beberapa game populer dilabeli haram. Fatwa tersebut dikeluarkan lantaran game-game ini membuat candu. Bahkan game ini dinilai mengubah perilaku seseorang dan menyebabkan dzalim pada diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Meski telah dilabeli haram, belum ada sanksi tegas yang dikenakan kepada orang yang melanggar. Namun, tidak ada salahnya untuk berhati-hati menggunakan game haram ini, Ladies.

Nah, berikut ini Ladies Corner telah merangkum game yang dilabeli haram menurut MUI. So, keep scrolling, Ladies!

1. Game Haram: PUBG Mobile

game-haram-di-Indonesia-oleh-MUI

Playerunknown’s Battleground atau PUBG adalah game pertama yang difatwai haram oleh MUI. Di dalam game ini, pengguna terlibat dalam pertarungan sengit yang melibatkan adegan tembak-tembakan.

Oleh karena tidak memberi batasan umur, dikhawatirkan game ini dimainkan oleh anak-anak. Terlebih permainan ini dimbumbui adegan kekerasan yang dikhawatrikan akan memengaruhi anak untuk meniru tindakan seperti dalam game. 

2. Game Haram: Mobile Legends Bang Bang

game-haram-di-Indonesia-oleh-MUI

Game yang dilabeli haram selanjutnya adalah Moblie Legends Bang Bang. Usut punya usut, MPU Aceh menilai adegan pertempuran di game ini memicu perubahan kepribadian para pemainnya. Namun di balik kontroversi, hingga saat ini Mobile Legends Bang Bang tetap menjadi game populer yang digandrungi oleh semua kalangan.

3. Game Haram: Clash of Kings

game-haram-di-Indonesia-oleh-MUI

Permainan penuh strategi seperti Clash of Kings juga difatwai haram oleh MPU Aceh. Pasalnya, game ini dibalut dengan unsur peperangan sehingga mengandung adegan kekerasan yang dikhawatirkan akan ditiru oleh anak-anak.

4. Game Haram: Free Fire

game-haram-di-Indonesia-oleh-MUI

Free Fire adalah game yang mirip dengan PUBG, yaitu game FPS (First Person Shooter). Game ini dilabeli haram dengan alasan yang kurang lebih sama dengan PUBG, yaitu mengandung kekerasan. Hal ini dikhawatirkan dapat memicu perubahan perilaku dan psikologis para pemainnya.

5. Game Haram: Fortnite

game-haram-di-Indonesia-oleh-MUI

Game battle royale lainnya yang juga dicap haram adalah Fortnite. Game yang tengah merebut perhatian ini dinilai tak layak untuk dimainkan karena dapat memberi pengaruh buruk. Selain mengandung adegan kekerasan, game ini juga mengandung unsur gambar tidak senonoh yang tidak baik dipertontonkan anak-anak.

6. Game Haram: Call of Duty

game-haram-di-Indonesia-oleh-MUI

Game Call of Duty tengah meraih popularitas karena setiap adegan terasa sangat nyata seperti kehidupan sehari-hari. Call of Duty juga mengeluarkan banyak seri saking banyaknya permintaan para gamer yang menyukai game ini.

Saking terlihat nyatanya, kekerasan di game ini juga seperti di dunia nyata yang rentan ditiru oleh pemainnya. Oleh karena itu, game ini dicap haram oleh MPU Aceh.

7. Game Haram: Ragnarok M (Eternal Love)

game-haram-di-Indonesia-oleh-MUI

Siapa sangka game Ragnarok M (Eternal Love) juga terkena fatwa haram oleh MUI. Alasannya karena game ini dinilai dapat merusak kesehatan dan mengganggu kepribadian. Padahal game Ragnarok terkenal karena grafisnya yang lucu dan jauh dari kesan horor. 

Itulah kumpulan game yang dilabeli haram di Indonesia oleh MUI. Namun, jika Ladies tetap ingin memainkan game, pastikan usia Ladies sudah cukup ya. Selain itu, bermainlah dengan bijak agar tidak menimbulkan kecanduan.

Baca Juga:

10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Terbaik dengan Budget Terjangkau

Suka Main Game? Simak 7 Rekomendasi Game Offline di Android

Wajib Tahu! 4 Cara Melacak HP yang Hilang Paling Mudah