7 Cara Merawat Tubuh Tetap Bugar dan Sehat, Wajib Dicatat!

0
42

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Sibuk beraktivitas sehari-hari membuat kita jarang meluangkan waktu untuk menjaga tubuh tetap bugar. Ada kalanya jam makan berantakan, menu makan sembarangan, hingga jarang olahraga. Kalau sudah begitu, badan pun mudah lelah dan sakit.

Lalu, bagaimana cara agar tetap mampu merawat tubuh agar bugar meski di tengah kesibukan? Ladies dapat menemukan jawabannya lewat tips sederhana yang sudah Ladies Corner rangkum berikut ini. Jadi, simak baik-baik ya!

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Hindari Junk Food

Cara Merawat-Tubuh-Tetap-Bugar-dan-Sehat

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh adalah menghindari konsumsi junk food berlebihan. Meskipun terasa lezat, junk food sebenarnya merupakan jenis makanan yang rendah nutrisi, tinggi kalori, dan tinggi lemak jahat. Bukannya menyehatkan, mengonsumsi junk food justru berpotensi mengakibatkan penyakit berbahaya jika terlalu sering dikonsumsi.

Daripada mengonsumsi junk food, lebih baik Ladies mengonsumsi buah dan sayur karena dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis. Hal ini karena sayur dan buah mengandung banyak zat baik yang dibutuhkan tubuh agar tetap bugar, seperti serat, mineral, vitamin, prebiotik, dan lain-lain.

2. Olahraga Rutin

Cara Merawat-Tubuh-Tetap-Bugar-dan-Sehat

Banyak orang yang malas berolahraga karena berbagai alasan, mulai dari sibuk, tidak ada waktu, sampai lelah bekerja. Padahal, olahraga adalah kunci penting untuk merawat tubuh agar tetap bugar loh, Ladies.

Meluangkan waktu untuk berolahraga selama 15-30 menit sebenarnya sudah cukup. Kita dapat berolahraga di waktu ternyaman versi kita, entah itu di pagi maupun sore hari. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

3. Konsumsi Air Putih Cukup

Cara Merawat-Tubuh-Tetap-Bugar-dan-Sehat

Tubuh kita perlu tetap terhidrasi sepanjang hari. Salah satu cara untuk menjaga hidrasi tersebut adalah dengan minum air putih yang cukup, sehingga metabolisme tubuh jadi lancar.

Selain itu, air putih dapat membersihkan sistem pencernaan kita dengan lebih sempurna. Hal ini karena air putih membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dapat keluar melalui urine dan keringat. Jadi, penuhi asupan air putih minimal 2 liter per hari ya, Ladies.

4. Tidak Melewatkan Sarapan

Cara Merawat-Tubuh-Tetap-Bugar-dan-Sehat

Cara merawat tubuh tetap bugar dan sehat lainnya adalah dengan sarapan di pagi hari. Sayangnya, banyak orang yang sering melewatkan sarapan karena terburu-buru bekerja. Bahkan, ada juga yang sengaja tidak sarapan karena menjalani diet. Padahal kebiasaan tidak sarapan justru dapat menurunkan kebugaran tubuh loh.

Tanpa sarapan, tubuh mudah lemas saat menjalankan aktivitas pagi. Oleh karena itu, konsumsilah makanan sehat di pagi hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Pilihlah menu makanan sehat yang tinggi serat, protein, dan vitamin seperti sandwich.

5. Memiliki Waktu Tidur Berkualitas

Cara Merawat-Tubuh-Tetap-Bugar-dan-Sehat

Banyaknya beban pekerjaan membuat orang mengalami kesulitan tidur pada malam hari. Padahal, kebiasaan begadang dan kurang tidur dapat memengaruhi metabolisme tubuh, Ladies. Kebiasaan begadang dan kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, gangguan jantung, dan obesitas.

Oleh karena itu, sebaiknya Ladies mulai memperbaiki kualitas tidur supaya  tubuh tetap bugar. Salah satu cara yang dapat Ladies lakukan adalah dengan meditasi sebelum tidur. 

6. Mampu Mengelola Stres

Cara Merawat-Tubuh-Tetap-Bugar-dan-Sehat

Ladies, ternyata stres menjadi sumber berbagai penyakit, loh. Stres dapat meningkatkan kadar hormon kortisol yang dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Jika dibiarkan dapat meningkatkan risiko penyakit serius seperti stroke. Untuk mengurangi stres, cobalah bermeditasi dengan teknik yang benar. Jika merasa butuh bantuan tenaga ahli, jangan ragu hubungi psikolog atau psikiater.

7. Menjaga Kebersihan Diri Sebaik Mungkin

Cara Merawat-Tubuh-Tetap-Bugar-dan-Sehat

Cara merawat tubuh tetap bugar selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan. Tubuh yang bersih dapat mengurangi risiko terkena penyakit karena kuman.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dengan rajin mencuci tangan, mandi setiap hari, hingga menutup mulut dan hidung ketika batuk dan bersin. Dengan menjaga kebersihan, tubuh kita akan terhindar dari kuman atau virus berbagai penyebab penyakit. 

Itulah penjelasan mengenai cara merawat tubuh tetap bugar. Selain menerapkan tips-tips di atas, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat dan lakukan medical check up secara rutin.

Baca Juga:

Enggak Cuma Enak, Ini Nutrisi dan 5 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan

Jadwal Makan Diet yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan

7 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik, Dijamin Aman dan Sehat!