7 Cara Membuat Portofolio Fotografi Profesional, Yuk Pelajari!

0
7

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Mendapatkan pekerjaan sebagai fotografer dengan cara yang mudah ternyata bisa dilakukan, lho. Kamu bahkan bisa mengembangkan bisnis fotografi dengan omset yang luar biasa nominalnya. Nah, kunci sukses untuk memulai hal tersebut yaitu dengan membuat portofolio fotografi.

Portofolio fotografi menjadi salah satu cara paling ampuh untuk menarik hati klien atau para rekruter. Namun, ada baiknya jika kamu berusaha membuat portofolio yang unik dan menarik.

Lantas, bagaimanakah caranya? Simak penjealsan mengenai tips cara membuat portofolio fotografi profesional di bawah ini, Ladies!

Baca Juga: Tips dan Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

1. Menentukan Tujuan Terlebih Dahulu

Cara-Membuat-Portofolio-Fotografi-Profesional

Sebelum membuat portofolio, alangkah baiknya jika kamu terlebih dahulu menentukan tujuan. Dengan mengetahui hal tersebut, nantinya kamu bisa menggapai tujuan dengan mudah.

Untuk melakukan hal tersebut, kamu perlu menentukan target audiens yang ingin digapai. Selain itu, tentukan pula keunggulan dan ciri khas dari fotografi yang kamu punya. Dengan demikian, kamu bisa menentukan perusahaan atau tempat publikasi untuk melamar pekerjaan fotografi.

2. Sesuaikan Isi Portofolio dengan Minat Audiens

Cara-Membuat-Portofolio-Fotografi-Profesional

Setelah menemukan tujuan, kamu perlu menentukan target audiens terlebih dahulu. Pikirkan klien seperti apa yang menjadi target pasar kamu, Ladies. 

Jika hendak melamar sebagai posisi fotografer properti, kamu perlu membuat portofolio fotografi bertema properti. Misalnya, kamu bisa mengisi portofolio fotografi dengan foto-foto perumahan atau gedung hasil jepretan kamera kamu.

Namun jika ingin berkarier di bidang pernikahan, kamu perlu mengisi portoflio dengan foto-foto bertema pernikahan. Misalnya seperti foto-foto pengantin atau prewedding.

3. Mulailah Membuat Portofolio

Cara-Membuat-Portofolio-Fotografi-Profesional

Selanjutnya, kamu bisa memulai membuat portofolio fotografi secara manual maupun digital. Namun, lebih baik jika menggunakan platform online agar kualitas foto tetap terjaga. Selain itu, platform online akan memudahkan kamu dalam membentuk personal branding, Ladies.

Saat ini ada banyak platform online untuk membuat portofolio yang bisa kamu gunakan seperti Facebook, Instagram, Dribbble, dan lainnya. So, buatlah portofolio dengan desain yang menarik ya, Ladies.

4. Tentukan Foto Terbaik untuk Portofolio

Cara-Membuat-Portofolio-Fotografi-Profesional

Selanjutnya unggah foto-foto hasil karya kamu ke berbagai platform. Namun, kamu perlu menyeleksi foto terbaik dan memikirkan tentang kualitas gambar, relevansi, hingga warnanya.

Hal tersebut akan memperkuat nilai dari karya kamu di mata calon klien, Ladies. Hasil foto yang berkualitas menjadi nilai utama bagi kamu yang ingin mejadi fotografer profesional. 

Baca Juga: Cara Perpanjang Paspor Online Terbaru, Biaya, dan Syaratnya

5. Buatlah Cerita Menarik Tentang Foto Tersebut

Cara-Membuat-Portofolio-Fotografi-Profesional

Jangan lupa untuk membagikan cerita menarik di balik foto hasil lensa kamu. Tujuannya untuk membangkitakan emosi audiens melalui rangkaian cerita tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa membuat video atau reels behind the scenes dari foto yang kamu hasilkan. Hal ini membuat audiens semakin tertarik dengan hasil karya kamu pastinya, Ladies.

6. Gunakan Desain yang Rapi dan Sederhana

Cara-Membuat-Portofolio-Fotografi-Profesional

Cara membuat portofolio fotografi selanjutnya adalah dengan mendesain secara sederhana dan rapi. Selain lebih enak dipandang mata, porotofolio yang rapi akan menarik perhatian dan memudahkan calon klien mengenal karya-karya foto kamu.

7. Minta Saran Orang Terdekat

Cara-Membuat-Portofolio-Fotografi-Profesional

Untuk menyempurnakan portofolio fotografi, kamu bisa meminta masukan dari teman, keluarga, maupun forum fotografi. Setelah itu, cobalah untuk mengevaluasi portofolio fotografi agar semakin baik, Ladies.

Itulah beberapa cara membuat portofolio bagi kamu fotografer pemula. Semoga tips kali ini bermanfaat dan menambah wawasan kita smeua untuk meraih kesuksesan di masa depan, Ladies.

Baca Juga: Dear Jobseekers, Ini Cara Membuat CV Online Praktis dan Bagus