7 Cara Membasmi Kutu Kasur dan Telurnya, Dijamin Ampuh!

0
28

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Kutu kasur atau tungau merupakan serangga yang menyebabkan berbagai macam penyakit, mulai dari gatal-gatal, scabies, hingga gangguan sistem pernapasan. Oleh karena ukurannya yang sangat kecil, kutu kasur sulit dilihat secara kasat mata. Kabar buruknya, hama ini berkembang biak sangat cepat, Ladies.

Jika kulitmu terasa gatal setelah berbaring di kasur, barangkali ada kutu kasur yang hinggap, Ladies. Untuk mengatasinya, berikut ini tujuh cara membasmi kutu di kasur yang ampuh! 

1. Cek Asal Kutu Kasur

Cara-Membasmi-Kutu-Kasur

Kutu kasur tidak hanya hidup di kasur, tetapi juga hidup di perabotan rumah lainnya. Jadi sebaiknya ditelusuri terlebih dulu penyebab gatal yang Ladies rasakan. Jadi, cobalah untuk mengecek kasur, tikar, dan sofa di rumahmu, Ladies.

2. Menjemur Kasur

Cara-Membasmi-Kutu-Kasur

Setelah menemukan sumbernya, jemurlah kasur atau sofa yang menjadi sarang para tungau. Bantal dan guling serta barang-barang di kasur atau sofa lainnya juga harus ikut dijemur di bawah sinar matahari yang cukup terik. Cara ini efektif membunuh tungau secara alami, Ladies.

3. Cuci dengan Air Panas

Cara-Membasmi-Kutu-Kasur

Selain menjemur, ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mencuci kasur, sofa, atau bantal dengan air panas. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan merebus air secukupnya, tunggu hingga mendidih lalu tuangkan detergen antibakteri secukupnya.

Rendam seluruh perabotan rumah yang menjadi sumber tungau dengan larutan tersebut dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, cuci seluruh bagian yang menjadi tempat hidup tungau. Jangan lupa untuk membilas perabotan dengan air bersih dan jemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering.

4. Bersihkan dengan Penguapan atau Vakum

Cara-Membasmi-Kutu-Kasur

Untuk memastikan tungau benar-benar hilang, Ladies dapat memakai vakum untuk membersihkannya kembali. Jika tidak ada vakum, lakukan dengan cara sederhana, yakni rebus air dengan ketel listrik, lalu biarkan uapnya ke sela-sela jahitan kasur. Jika tidak ada tungau yang keluar, maka perabotan sudah bersih sempurna.

5. Taburkan Silica Gel

Cara-Membasmi-Kutu-Kasur

Meksipun kita sudah rajin membersihkan perabotan rumah, tungau tetap bisa muncul kembali, Ladies. Oleh karena itu, sebaiknya Ladies melakukan pencegahan. Gunakan silica gel kemudian taburkan di sekitar tempat tidur dan sofa.

6. Taburkan Kapur Barus

Cara-Membasmi-Kutu-Kasur

Selain menggunakan silica gel, kapur barus juga efektif mencegah tungau datang lagi. Caranya campurkan kapur barus dan air, kemudian semprotkan ke sarang tungau atau di sekitar tempat tidur.

7. Gunakan Bahan-Bahan Alami

Cara-Membasmi-Kutu-Kasur

Selain silica gel dan kapur barus, kita juga bisa menggunakan bahan alami. Caranya larutkan garam dengan air lalu semprotkan ke kasur atau sofa. Tidak hanya itu, cuka juga efektif mencegah datangnya tungau. Cukup semprotkan cuka atau larutan garam ke area yang dihinggapi tungau agar tungau tidak datang lagi.

Itulah penjelasan mengenai cara membasmi atau menghilangkan kutu kasur (tungau). Segera lakukan cara ini agar kulit dan tubuh kita sekeluarga kembali sehat, Ladies.

Baca Juga:

4 Cara Masturbasi untuk Cewek, Bikin Hasrat Makin Puas

8 Cara Ampuh Mencerahkan Kulit Tangan yang Belang

Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Intim, Intip Yuk!