7 Cara Meluruskan Rambut yang Mengembang dan Kering

0
4

Penulis: Sabrina | Editor: Agnes

Cara meluruskan rambut menjadi tips yang sering dicari banyak kaum hawa. Rambut yang sehat dan berkilau adalah idaman banyak wanita.

Tetapi ada kalanya rambut menjadi kering dan mengembang. Hal tersebut karena udara yang panas, terlalu sering hair styling, hingga masalah pada kulit kepala. 

Jika Ladies memiliki rambut yang mengembang dan kering, Ladies bisa menerapkan cara meluruskan rambut dengan tips di bawah ini. So, keep scrolling, Ladies! 

Baca Juga: 5 Serum Penumbuh Rambut Terbaik, Bikin Rambutmu Makin Lebat!

Pakai Kondisioner untuk Meluruskan Rambut

cara-meluruskan-rambut

Kebiasaan hair styling dan mengeringkan rambut menggunakan hair drayer membuat rambut semakin susah untuk diatur. Penggunaan alat hair styling dan pengering rambut dapat menghilangkan kelembapan rambut, sehingga rambut kamu susah diatur.  

Namun tidak usah khawatir, cara meluruskan rambut mengembang dan kering yang satu ini mudah dilakukan. Kamu hanya perlu menggunakan kondisioner rambut, lho.

Produk perwatan rambut yang satu ini dapat menutrisi rambut, sehingga rambut tampak bervolume, halus, dan mudah diatur, Ladies.  Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskan kondisioner mulai dari pangkal hingga ujung rambut secara merata.

Setelah itu, diamkan kondisioner selama tiga hingga lima menit agar nutrisinya meresap ke rambut. Lalu bilas menggunakan air hingga benar-benar bersih.

Saat menngunakan produk ini, jangan sampai kondisioner mengenai atau mengendap di kulit kepala. Ini karea kondisioner bisa menyebabkan ketombe di kulit kepala, apalagi jika kamu tidak membilas kondisioner dengan bersih. 

Gunakan Minyak Alami untuk Rambut

cara-meluruskan-rambut

Pada dasarnya, kulit kepala yang sehat akan menghasilkan minyak alami sehingga hidrasi rambut terjaga. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit kering, produksi minyak yang kering membuat rambut jadi susah diatur.

Untuk mengatasinya, ada cara meluruskan rambut menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau tea tree oil. Bahan alami tersebut membantu menutrisi sekaligus melindungi rambut dari kerusakan, Ladies.

Rutin Menggunakan Masker khusus Meluruskan Rambut

cara-meluruskan-rambut
Selanjutnya, kamu bisa menggunakan masker rambut atau hair mask minimal seminggu sekali. Masker rambut adalah cara yang cepat namun untuk membersihkan sekaligus menutrisi rambut. 

Masker rambut membantu menyuburkan, melindungi, melembabkan, hingga mengurangi kerusakan rambut. So, tertarik untuk mencobanya, Ladies?

Baca Juga: Cara Membaca Hasil USG, Wajib Banget Tahu Ladies!

Jangan Keramas Terlalu Sering

cara-meluruskan-rambut

Keramas terlalu sering akan membuat rambut Anda kering dan akhirnya kehilangan kelembaban alaminya. Hal itu membuat rambut kamu jadi kering dan mudah bercabang, Ladies.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan shampoo yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya, minyak zaitun, dan ginseng. Bahan alami tersebut efektif merawat rambut agar tampak lurus alami.

Selain itu, kamu bisa mengurangi frekuensi keramas. Kamu hanya perlu keramas 3 kali dalam seminggu untuk menjaga kelembaban alami rambut.

Baca Juga: Cegah Rabun! Ini 5 Vitamin Terbaik Untuk Kesehatan Mata

Gel Lidah Buaya untuk Menutrisi Rambut Kering 

cara-meluruskan-rambut

Selain kondisioner dan minyak alami, Ladies juga bisa menggunakan lidah buaya untuk meluruskan rambut yang kering dan mengembang. Lidah buaya dapat membersihkan rambut secara efisien, mengurangi produksi ketombe, dan menghilangkan residu produk rambut lainnya. 

Mengggunakan Sisir yang Tepat 

cara-meluruskan-rambut

Pilihlah sisir yang terbuat dari serat nilon untuk mengembalikan kelembaban dan meningkatkan kilau rambut. Hindari sisir bergigi banyak karena membuat rambut kamu rentan rontok, Ladies.

Itulah penjelasan mengenai cara meluruskan rambut yang kering dan mengembang. So, penasaran tips lainnya? Jangan lupa untuk pantau terus Ladies Corner supaya kamu mendapatkan informasi terbaru mengenai life style, pop culture, kecantikan, dan kesehatan, Ladies.

Artikel terkait:

6 Penyebab Rambut Rontok Parah, Diet Terlalu Ketat Juga Termasuk Loh!

8 Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tahan Lama dan Sehat

5 Rekomendasi Catokan Rambut Bagus dan Murah, Di bawah 200 Ribu