Jangan Digaruk, Ini 7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Selangkangan Gatal

0
2

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Selangkangan gatal dapat dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Kondisi tersebut dapat mengganggu aktivitas kamu, Ladies.

Ada beberapa faktor penyebab selangkangan gatal, mulai dari infeksi jamur, iritasi, alergi, dan lain-lain. Jika tidak diobati dengan segera dapat membuat selangkan hitam, lho.

Kabar baiknya, kamu bisa mengobati selangkangan gatal dengan bahan-bahan alami di rumah. Penasaran apa saja bahan-bahan alami untuk meringankan gatal pada selangkanganmu? So, keep scrolling, Ladies!

Baca Juga: 6 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Minyak Kelapa

Bahan-alami-untuk-menghilangkan-selangkangan-gatal

Pertama, bahan alami untuk mengobati selangkangan gatal adalah virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa murni. Bahan alami yang satu ini mengandung antioksidan yang dapat melawan bakteri dan jamur penyebab gatal.

Selain itu, minyak kelapa atau VCO cenderung lebih aman digunakan sehari-hari, sehingga tidak menimbulkan iritasi, Ladies. Meski begitu, kamu perlu melakukan testing terlebih dahulu.

Caranya dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa ke bagian lengan. Kemudian diamkan selama 24 jam. Jika tidak muncul tanda-tanda iritiasi seperti kemerahan dan gatal, kamu bisa melanjutkan penggunaan VCO ke area selangkangan yang gatal.

Baking Soda

Bahan-alami-untuk-menghilangkan-selangkangan-gatal

Selain bakteri, gatal pada selangkangan juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur. Infeksi ini terjadi karena area selangkangan yang terlalu lembab.

Nah, baking soda dapat menghilangkan rasa gatal, lho. Bahan kue yang satu ini mampu menekan pertumbuhan  jamur Candida penyebab gatal di area sensitif wanita.

Untuk menggunakannya kamu hanya perlu mencampurkan seperempat cangkir baking soda ke dalam bak mandi. Kemudian berendamlah menggunakan campuran air baking soda tersebut.

Baca Juga: Ini Deretan Menu Makanan Sehat Buat ke Kantor

Daun Sirih

Bahan-alami-untuk-menghilangkan-selangkangan-gatal

Sejak ribuan tahun lalu, daun sirih sudah digunakan dalam dunia pengobatan. Sama halnya seperti baking soda, daun sirih mengandung senyawa antiseptik yang efektif membunuh bakteri dan jamur. 

Untuk menggunakannya, kamu perlu merebus tujuh lembar daun sirih dalam satu liter air bersih. Setelah itu, tunggu sampai 15 menit, lalu basuh air rebusan tersebut ke area selangkangan dan miss v.

Cuka Apel

Bahan-alami-untuk-menghilangkan-selangkangan-gatal

Selain bagus untuk diet, ternyata cuka apel dapat mengobati gatal, lho. Cuka apel memiliki pH asam sekitar 4,76 yang mampu membunuh mikroorganisme penyebab gatal, Ladies.

Kamu hanya perlu menyediakan kapas yang sudah diberi cuka apel. Kemudian oleskan pada selangkangan yang gatal.

Setelah itu, tunggu sampai 15 menit kemudian bilas sampai benar-benar bersih. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali sehari untuk melihat perbedaannya.

Bawang Putih

Bahan-alami-untuk-menghilangkan-selangkangan-gatal

Tahukah kamu bahwa bumbu dapur yang satu ini punya segudang manfaat? Salah satunya adalah mengoabti gatal.

Melansir berbagai sumber, bawang putih mengandung senyawa ajoene, yaitu senyawa organosulfur yang berpotensi mengobati gatal. Tidak hanya itu, bawang putih mengandung antioksidan yang dapat mencegah iritasi kulit.

Kamu dapat mendapatkan manfaat tersebut dengan menghaluskan satu siung bawang putih. Setelah itu, campurkan dengan dua sendok minyak zaitun.

Oleskan bahan campuran tersebut ke area yang gatal. Diamkan selama dua jam, lalu bilas hingga bersih.

Baca Juga: 12 Manfaat Wedang Uwuh yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Oatmeal

Bahan-alami-untuk-menghilangkan-selangkangan-gatal

Kulit yang kering dapat membuat selangkangan menjadi gatal, lho. Nah, untuk meredakan gatal kamu bisa menggunakan oatmeal.

Selain enak dan sehat, oatmeal mengandung polisakarida dan vitamin E yang dapat melembapkan dan mencegah infeksi kulit. 

Namun kamu perlu mencampurkan dua sendok makan oatmeal dengan lima sendok air putih. Setelah itu, aduk sampai berbentuk seperti pasta, lalu oleskan pasta oatmeal ke bagian tubuh yang gatal. 

Makanan Probiotik

Bahan-alami-untuk-menghilangkan-selangkangan-gatal

Selain baik untuk pencernaan, probiotik juga dipercaya mampu mengurangi gatal selangkangan yang diakibatkan oleh eksim. Makanan probiotik mengandung senyawa antihistamin yang dapat meredakan gatal secara alami.

Salah satu makanan probiotik yang dapat kamu konsumsi adalah yogurt, kimchi, dan makanan fermentasi lainnya. Konsumsi makanan ini setiap hari membantu mengurangi gatal pada selangkanganmu, Ladies.

Itulah tujuh bahan alami untuk mengobati gatal selangkangan yang perlu kamu tahu. Jika gatal tidak kunjung mereda setelah beberapa hari, sebaiknya kamu langsung konsultasikan ke dokter ya.

Artikel Terkait:

7 Merek Susu Diet Rendah Kalori, Dijamin Bikin Sehat dan Langsing!

Ladies Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Lari buat Kesehatan Tubuh

Apa Itu Rapid Test? Ketahui Lokasi Terdekat untuk Mendapatkannya

Ajaib Banget! 8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Setiap Hari