Super Ampuh! Ini 7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Beruntusan

0
82

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Sama seperti jerawat, bruntusan merupakan masalah wajah yang kerap dialami oleh banyak orang. Bruntusan menyerupai jerawat kecil yang umumnya ada di dahi, hidung serta pipi. Kondisi ini biasanya muncul akibat biang keringat, iritasi, atau kondisi lingkungan tertentu dan terasa kasar saat diraba. Untuk mengatasi ini Ladies bisa menggunakan bahan alami, loh.

Perlu Ladies tahu bahwa dalam kondisi tertentu, bruntusan ini bisa menyembabkan gatal atau perih. Jika salep tidak mempan mengobati bruntusan di wajah, cobalah gunakan 7 bahan alami ini untuk hilangkan bruntusan.

1. Oatmeal

Bahan-Alami-untuk-Menghilangkan-Beruntusan

Oatmeal dapat mengatasi iritasi kulit akibat bruntusan. Kandungan antioksidan di dalam oatmeal efektif mengatasi bruntusan di wajah. Selain itu, kandungan dalam oatmeal juga memberikan efek dingin agar kulit menjadi lebih tenang.

Untuk menggunakannya mudah kok, Ladies. Campurkan oatmeal dengan air hangat dan diamkan agar oatmeal  mengembang. Setelah itu, aplikasikan pada bagian wajah yang bruntusan lalu diamkan hingga 30 menit. Bilas wajah hingga bersih dengan air dingin.

2. Lemon dan Air Dingin

Bahan-Alami-untuk-Menghilangkan-Beruntusan

Campuran air dingin dan lemon juga bisa membantu redakan bruntusan, loh. Air dingin akan membantu menenangkan syaraf dan meredakan rasa gatal yang timbul akibat bruntusan. Sementara itu, lemon memiliki kandungan antiseptik dan antiradang yang bisa meredakan bruntusan. 

Ladies bisa mencampurkan kedua bahan ini lalu mengoleskannya ke kulit yang sedang bruntusan. Kedua bahan ini mudah kan didapatkan di rumah pastinya, jadi lebih hemat.

3. Kayu Manis

Bahan-Alami-untuk-Menghilangkan-Beruntusan

Bahan alami berikutnya yang efektif hilangkan bruntusan adalah kayu manis. Salah satu bahan dasar pembuat pastry ini efektif menghilangkan ruam dan bruntusan dengan mengembalikan kelembutan tekstur wajah. 

Ladies tinggal mencampur satu sendok teh kayu manis dengan satu sendok teh air lemon hingga menyerupai pasta. Oleskan campuran bahan tersebut pada bagian bruntusan. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas air hangat. Gunakan cara ini selama 2x seminggu Ladies supaya kulit kembali mulus.

4. Tomat

Bahan-Alami-untuk-Menghilangkan-Beruntusan

Bahan alami yang satu ini memang sudah dikenal efektif membuat kulit kembali mulus. Bukan hanya ampuh hilangkan jerawat, tomat juga bisa menghilangkan masalah bruntusan pada wajah loh.

Oleskan tomat yang sudah dihaluskan pada seluruh bagian wajah, layaknya memakai face mask. Diamkan selama 15 menit dan bilas setelahnya hingga bersih. Jika Ladies menggunakan masker tomat ini secara rutin, siap-siap dapat kulit mulus deh!

5. Lidah Buaya

Bahan-Alami-untuk-Menghilangkan-Beruntusan

Lidah buaya bisa menenangkan kulit karena mengandung vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit. Lidah buaya juga mampu meredakan gatal yang biasanya dirasakan akibat bruntusan. Ladies cukup mengoleskan gel lidah buaya pada bagian bruntusan aja!

6. Putih Telur

Bahan-Alami-untuk-Menghilangkan-Beruntusan

Pisahkan bagian putih telur untuk dioleskan ke bagian bruntusan. Bahan alami ini bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan menghilangkan bruntusan. 

Setelah mengoleskan putih telur ke area bruntusan, diamkan hingga meresap kurang lebih selama 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih agar wajah tidak terasa amis. Ladies akan merasa kulit lebih kencang dan mulus setelah menggunakan bahan alami yang satu ini.

7. Teh Hijau

Bahan-Alami-untuk-Menghilangkan-Beruntusan

Kalau Ladies biasa menggunakan teh hijau untuk membuat minuman, coba deh aplikasikan di wajah untuk meredakan bruntusan. Teh hijau kaya akan antioksidan yang bisa membersihkan kotoran menumpuk di lapisan terdalam kulit. Bahan alami ini juga efektif meredakan peradangan dan mampu mengontrol produksi sebum di wajah. 

Ladies bisa meminum teh hijau sebagai upaya perawatan dari dalam. Bisa juga langsung Ladies aplikasikan campuran air dan bubuk teh hijau di wajah untuk membuat kulit lebih bersih dan fresh

Bagaimana, Ladies? Mudah kan mendapat bahan alami di atas? Lakukan perawatan secara rutin to say goodbye pada bruntusan!

Baca Juga:

Simak! Ini 8 Bahan Alami untuk Mencerahkan Wajah

5 Cara Membuat Natural Eye Make Up Look, Simple But Fresh!

Kulit Wajah Cerah dengan 7 Serum Niacinamide Lokal Terbaik