7 Bahan Alami Memutihkan Selangkangan Hitam, Terbukti Efektif!

0
79

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Masalah area selangkangan hitam sering dihadapi oleh banyak perempuan. Meskipun area selangkangan tidak terekspos, namun hal ini bisa menurunkan rasa percaya diri kita. Untuk mengatasinya, Ladies perlu mengetahui penyebabnya dan bahan alami untuk memutihkan selangkangan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan selangkangan hitam, seperti seringnya memakai celana dalam ketat, obesitas, iritasi, sering mencukur bulu kemaluan, hingga ketidakseimbangan hormon. Sebenarnya untuk memutihkan selangkangan bisa dilakukan menggunakan bahan alami yang bisa mudah didapatkan di rumah. Penasaran enggak sama caranya? Baca sampai selesai yuk Ladies!

1. Kulit Jeruk

Setelah makan jeruk, kulitnya jangan langsung dibuang, Ladies! Kita bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk memutihkan selangkangan dengan cara yang mudah.

Pertama, keringkan kulit jeruknya lalu tumbuk hingga menjadi halus. Setelah kulit jeruk halus, campurkan dengan perasan air lemon di dalam mangkok. Aduk hingga mengental lalu kamu bisa mengaplikasikan langsung ke area selangkangan. Diamkan hingga 20 menit dan bilas dengan air hangat sambil digosok perlahan.

2. Bubuk Kunyit

Kita juga bisa memanfaatkan bubuk kunyit untuk memutihkan selangkangan, Ladies. Cukup campurkan bubuk kunyit dengan perasan lemon atau jeruk nipis hingga teksturnya menyerupai pasta. 

Oleskan pada selangkangan dan bilas setelah 20 menit. Agar tidak ada residu yang tersisa, pastikan kamu mencucinya kembali pakai sabun ya. 

3. Campuran Lemon dan Minyak Kelapa

Lemon bukan hanya enak dibuat jadi minuman, namun juga bermanfaat untuk kecantikan. Ditambah dengan minyak kelapa, dua komponen ini bisa membantu putihkan bagian selangkangan. Kandungan vitamin C pada lemon dapat atasi masalah hiperpigmentasi. Sementara minyak kelapa efektif menjaga elastisitas sekaligus kelembapan kulit.

Caranya juga mudah, loh. Langkah pertama peras setengah buah lemon dan campurkan air perasan dengan 2-3 sendok makan minyak kelapa. Gosokkan secara perlahan sambil dipijat lembut selama 10 menit. Setelahnya, bisa langsung dibilas, deh!

4. Lidah Buaya

Bahan yang satu ini udah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan zat aloin di dalamnya bisa membantu cerahkan area selangkangan. Lidah buaya bisa membuat kulit lebih rileks, sehingga bisa atasi iritasi. 

Berbeda dengan bahan-bahan sebelumnya, kita tidak perlu bilas setelah pengaplikasian lidah buaya. Kita hanya perlu mengoleskan langsung ke area selangkangan, asal pastikan tidak kena bagian intim ya, Ladies!

5. Kentang

Bahan alami berikutnya yang bisa dimanfaatkan adalah kentang. Jenis umbi yang satu ini mengandung enzim jenis katekolase yang bisa mencerahkan kulit. Cukup gosokkan irisan kentang di area selangkangan selama 15 menit. Eits! Pastikan untuk menggosok secara perlahan ya agar terhindar dari iritasi. 

6. Gula

Gula bisa juga dimanfaatkan nih. Scrub gula dapat mengangkat kulit mati atau yang dikenal sebagai proses eksfoliasi. Campurkan masing-masing satu sendok makan gula, madu dan lemon dan gosok ke area selangkangan. Bahan yang satu ini mudah banget kan ditemui di dapur? Dare to try Ladies?

7. Mentimun

Last! Mentimun diperkaya dengan vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan kulit. Kamu bisa mengiris atau memarut mentimun untuk diaplikasikan ke area selangkangan. Enggak hanya memutihkan, mentimun juga bisa mengurangi iritasi bahkan mengencangkan kulit selangkangan.

Menggunakan bahan alami untuk memutihkan selangkangan memang membutuhkan hasil yang lebih lama dan penggunaan rutin. Untuk memutihkan selangkangan secara efektif, sebaiknya hindari juga memakai celana dalam yang ketat Ladies.

Baca Juga:

7 Rekomendasi Sabun Mandi untuk Memutihkan Kulit Badan 

Ingin Kulit Cerah dan Bersih? Gunakan 6 Rekomendasi Lulur Terbaik Ini!

7 Tips Ampuh Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami