7 Ayat Alkitab tentang Perceraian, Yuk Jaga Kekudusan Pernikahan

0
27
kumpulan ayat alkitab tentang perceraian

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladiescorner.id – Dalam agama Kristen, Tuhan melarang umat-Nya untuk bercerai. Sejak zaman Yesus, aturan perceraian pada Perjanjian Lama telah diperbarui. Saat dua orang sudah berada dalam ikatan kudus pernikahan, tidak ada kuasa manusia yang mampu memisahkan atau menceraikan keduanya.

Supaya lebih paham berikut beberapa ayat Alkitab tentang boleh tidaknya sebuah perceraian terjadi pada umat Kristen. Semoga ayat-ayat ini menguatkan pernikahan kamu dengan pasangan ya, Ladies!

Baca Juga: Curiga Si Doi Selingkuh? Selidiki Chat Kekasih dengan 6 Aplikasi Sadap WA Ini

Aturan Tak Boleh Bercerai

kumpulan ayat alkitab tentang perceraian

Markus 10:9

“Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

Dalam Alkitab Perjanjian Baru ditegaskan bahwa perceraian bukanlah hal yang dikehendaki Tuhan. Saat Tuhan sudah mempersatukan dua insan dalam ikatan cinta, sudah semestinya manusia menjaga dan merawat pernikahan tersebut.

Ayat ini Markus ini juga menguatkan bahwa pernikahan sejatinya untuk kemulian-Nya, bukan sekadar main-main. Inilah kekuatan Tuhan menyatukan dua insan dalam ikatan abadi, Ladies.

Zinah dalam Perceraian

kumpulan ayat alkitab tentang perceraian

Matius 5:32

“Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan istrinya kecuali karena zinah, ia menjadikan istrinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.”

Perceraian yang bukan disebabkan perzinahahan juga tak disukai Tuhan. Ayat ini menegaskan bahwa Allah tak menyukai perceraian.

Oleh karena itu, hendaknya manusia berupaya untuk menghindarinya. Sebaik-baiknya manusia adalah yang berusaha mempertahankan rumah tangganya agar tetap mendapatkan kasih dari-Nya.

Bagaimana Jika Memilih Bercerai?

kumpulan ayat alkitab tentang perceraian

1 Korintus 7:10-11

“Kepada orang-orang yang telah kawin aku–tidak, bukan aku, tetapi Tuhan–perintahkan, supaya seorang istri tidak boleh menceraikan suaminya. Dan jikalau ia bercerai, ia harus tetap hidup tanpa suami atau berdamai dengan suaminya. Dan seorang suami tidak boleh menceraikan istrinya.”

Ayat Korintus menjelaskan bahwa suami, sebagai kepala rumah tangga, harus menjaga istri. Sayangnya, dalam beberapa kasus, perceraian harus terjadi karena sebab yang fatal.

Meski demikian, Tuhan tetap mengajarkan umat-Nya untuk tetap berbuat baik kepada mantan pasangan. Bahkan akan lebih baik jika tidak ada pernikahan kembali selepas bercerai. 

Baca Juga: 5 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba Pelancong Saat Berlibur

Aturan Cerai di Zaman Musa

kumpulan ayat alkitab tentang perceraian

Matius 19:8

Kata Yesus kepada mereka: ”Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian. Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.”

Dalam Perjanjian Lama, Musa memberi izin kepada bangsa Israel untuk menceraikan istri. Namun, Yesus memperbarui aturan ini dalam Perjanjian Baru.

Seorang laki-laki yang menceraikan istrinya dan menikah kembali dalam pandangan Yesus termasuk berzinah. Oleh karena itu, jagalah hubungan dengan pasangan sebaik mungkin agar mendapat berkat dari-Nya.

Kekudusan Pernikahan

kumpulan ayat alkitab tentang perceraian

Matius 19:6

Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.

Dalam Matius dijelaskan bahwa Tuhan hanya menghendaki perpisahan yang terjadi karena maut. Manusia tidak berhak memisahkan pasangan yang terikat dalam janji suci pernikahan.

Baca Juga: Tips Ciuman Bibir Romantis yang Bikin Mabuk Kepayang 

Satu Suami Seumur Hidup

kumpulan ayat alkitab tentang perceraian

1 Korintus 7:39

Istri terikat selama suaminya hidup. Kalau suaminya telah meninggal, ia bebas untuk kawin dengan siapa saja yang dikehendakinya, asal orang itu adalah seorang yang percaya

Pada dasarnya, seorang istri harus menjaga pernikahan dengan satu suami seumur hidup. Namun, Alkitab memperbolehkan seorang janda yang ditinggal mati suaminya untuk menikah kembali.

Dalam Korintus tertulis jelas bahwa seorang janda harus memilih laki-laki yang dicintai dan dapat dipercaya untuk membina rumah tangga kembali. Bukan tanpa alasan, ini karena pernikahan adalah ritual suci yang harus dijaga kesakralannya.

Jika Istri Punya Pasangan Tak Seiman

kumpulan ayat alkitab tentang perceraian

1 Korintus 7:13

Dan kalau ada seorang istri bersuamikan seorang yang tidak beriman dan laki-laki itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah ia menceraikan laki-laki itu

Seorang istri yang memiliki pasangan tak seiman juga harus menjaga kekudusan pernikahan. Sekalipun tidak seiman, perceraian dalam pernikahan juga tak dikehendaki Tuhan. Oleh karena itu, manusia harus menjaga keharmonisan rumah tangga dengan pasangan agar hidup sampai tua nanti.

Dari ayat Alkitab tentang perceraian tadi, jelas bahwa Tuhan tidak menghendaki umat-Nya berpisah. Belajarlah untuk saling menerima satu sama lain dan belajar dalam Kristus demi kesucian pernikahan, Ladies.

Artikel Terkait:

40 Kata-Kata Pengorbanan Cinta yang Disia-siakan, Bikin Hati Terenyuh

Ramalan Zodiak Virgo Tahun 2023, Apakah Percintaan Akan Mulus?

Mengenal Rangkaian Prosesi Pernikahan Adat Padang dan Maknanya

Inilah Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Ulang Tahun