7 Ayat Alkitab tentang Cinta yang Mendamaikan Hati

0
86

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ajaran cinta kasih banyak kita temukan dalam Alkitab. Tuhan memberi sabda agar manusia saling mengasihi. Bukan hanya kepada diri sendiri, keluarga, atau orang terdekat. Pada musuh sekali pun, Tuhan mengajarkan agar kita tetap mengasihi dan mengampuni, Ladies.

Nah, berikut ini ada beberapa ayat-ayat Alkitab yang merujuk pada cinta kasih sejati. Ada kasih dari Tuhan serta kasih terhadap sesama manusia. Ayat-ayat ini dapat menjadi penyejuk hati ketika Ladies merasa kasih menjadi hal yang sulit dilakukan belakangan ini.

Cinta Kasih Sejati dari Tuhan

Ayat-Ayat Alkitab tentang Cinta Kasih

Tuhan adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia (Mazmur 103:8)

Lewat ayat ini, manusia diingatkan bahwa bentuk cinta paling sejati ada pada diri Tuhan. Dialah yang Maha Pengasih serta Maha Penyayang. Kasih setianya senantiasa melimpah dan tak pernah berkesudahan. Bahkan saat manusia melupakan atau meninggalkan-Nya, Tuhan sabar menanti manusia kembali kepada-Nya.

Perintah untuk Saling Mengasihi

 

Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. (Yohanes 15:12)

Sebagaimana kita telah menerima cinta kasih dari Tuhan, ayat ini mengingatkan agar kita juga mengasihi sesama. Tuhan menganugerahkan cinta kepada para manusia agar mereka dapat saling menolong di dunia. Tidak ada satu pun manusia yang tahan hidup tanpa kasih. Oleh sebab itu, jangan sampai kasih kita ke sama mengering.

Cinta Kasih adalah Hal Paling Besar di Dunia

Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih (1 Korintus 13:13)

Dalam Alkitab, cinta kasih merupakan hal paling penting dibandingkan sekadar rutinitas beribadah semata. Tanpa kasih, sulit bagi manusia untuk bisa merasakan kebaikan Tuhan di dalam hidupnya. Tanpa cinta, hati manusia akan senantiasa dirundung curiga atau benci ke sesama.

Mencintai Tuhan

Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita (1 Yohanes 4:19)

Hanya dengan kebesaran cinta kasih dari Tuhan, manusia dapat mengasihi sesamanya. Ayat Alkitab ini hendak menunjukkan bahwa sumber cinta paling hakiki berasal dari Tuhan. Maka, mencintai Tuhan adalah sikap yang semestinya dimiliki setiap manusia jika ingin merasakan kasih dari sesama.

Pengorbanan Sebagai Bentuk Cinta Kasih

Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya (Yohanes 15:13)

Pengorbanan merupakan bentuk kasih yang kerap kali diabaikan manusia. Tidak mementingkan diri sendiri merupakan cara terbaik buat belajar berkorban. Saat manusia sudah mengenal pengorbanan, maka akan lebih mudah baginya mencintai sesama. Entah itu keluarga, pasangan, ataupun sahabat.

Kesabaran Kasih

Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong (1 Korintus 13:4)

Ayat Alkitab ini mau menjelaskan setidaknya ada tiga hal penting dalam kasih. Ketiga hal tersebut adalah sabar, murah hati, serta tidak cemburu. Ayat ini sekaligus menjadi pengingat dalam menjalani relasi dengan pasangan, hendaknya bentuk kasih penuh kesabaran harus menjadi yang utama.

Pengampunan dalam Kasih

Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu (Efesus 4:32)

Dalam kasih bukan hanya ada cinta, melainkan juga sikap mau mengampuni ketika seseorang berbuat salah. Tidak ada gunanya memendam benci ke orang lain, Ladies. Kebencian hanya akan memudarkan cinta kasih. Seperti Tuhan telah mengampuni manusia karena kasih, manusia juga semestinya melakukan hal yang sama.

Semoga ayat Alkitab tentang cinta kasih sejati di atas dapat menjadi pengingat agar kita senantiasa mengasihi sesama manusia ya. Perbanyak kasih, kurangi benci.

Baca Juga:

Inilah Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Ulang Tahun

Kumpulan Doa Pagi Katolik buat Mengawali Hari

Kumpulan Ucapan Belasungkawa Kristen yang Meneduhkan Hati