6 Tanda Kiamat Kubra Menurut Al-Qur’an dan Hadis, Wajib Tahu!

0
77

Penulis: Aniesa | Editor: Agnes

Hari akhir atau kiamat merupakan perkara yang wajib diimani atau dipercaya oleh umat Muslim. Pasalnya, hari kiamat termasuk dalam rukun iman yang kelima. Rukun iman sendiri merupakan pilar-pilar keimanan dalam agama Islam yang terdiri dari enam perkara. Seorang Muslim dikatakan beriman apabila meyakini keenam hal tersebut, Ladies.

Dalam agama Islam, hari kiamat terbagi menjadi dua, yaitu kiamat sugra (kecil) dan kiamat kubra (kubra). Namun, dalam artikel kali ini, Ladies hanya akan mempelajari tentang kiamat kubra, mulai dari definisi hingga tanda-tandanya. Disimak, ya!

Pengertian Kiamat Kubra

Tanda-Kiamat-kubra

Kiamat kubra merupakan hari kehancuran alam semesta. Saat waktu itu tiba, Malaikat Israfil akan meniupkan sangkakala. Setelah itu, alam semesta akan hancur dan semua yang hidup akan mati, termasuk manusia.

Tak ada yang tahu kapan kiamat kubra akan datang. Bahkan, seorang nabi pun tak mengetahuinya. Meskipun begitu, semua tanda-tandanya sudah tercatat dalam Al-Qur’an dan Hadis. Itulah sebabnya umat Muslim wajib mengimaninya.

Tanda-tanda Kiamat Kubra

Tanda-Kiamat-kubra

Berikut ini enam tanda-tanda kiamat kubra yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadis.

1. Kemunculan Dajjal

Dajjal digambarkan sebagai sosok manusia yang mata kanannya buta, sehingga ia hanya bisa melihat dengan mata kiri. Di dahinya terdapat tulisan Arab yang berbunyi ‘kafara’ atau ‘kafir’. Ia sering mengaku sebagai nabi dan Tuhan untuk menipu manusia agar mau jadi pengikutnya.

Kemunculan Dajjal disebutkan dalam hadis yang berbunyi: “Tidak ada satu pun makhluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari Dajjal.” (HR Muslim).

2. Kemunculan Ya’juj dan Ma’juj

Selain Dajjal, sosok lain yang akan muncul untuk melawan umat Muslim adalah Ya’juj dan Ma’juj. Mereka digambarkan sebagai sebuah suku yang memiliki kekuatan besar. Ia akan merusak bumi dan membunuh manusia yang melawannya.

Kemunculan Ya’juj dan Ma’juj disebutkan dalam surat Al-Anbiya ayat 96 yang berarti: “Hingga apabila (tembok) Yakjuj dan Makjuj dibukakan dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi.”

3. Kemunculan Imam Mahdi

Untuk mengatasi kehancuran di bumi akibat perbuatan Dajjal, dan Ya’juj Ma’juj, Allah akan menurunkan sosok bernama Imam Mahdi. Ia akan memimpin umat Muslim untuk melawan ketiga sosok perusak tersebut.

Kemunculan Imam Mahdi disebutkan dalam sebuah hadis yang berbunyi: “Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun.” (HR Al Hakim).

4. Turunnya Nabi Isa AS

Selain Imam Mahdi, perlawanan umat Muslim terhadap Dajjal, Ya’juj, dan Ma’juj juga akan dipimpin oleh Nabi Isa AS. Allah menurunkan Nabi Isa AS ke bumi untuk menciptakan perdamaian dan menegakkan kembali syariat Nabi Muhammad SAW.

Turunnya Nabi Isa AS disebutkan dalam surat An-Nisa ayat 159 yang berarti: “Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka.”

5. Hancurnya Kabah

Menjelang kiamat kubra, umat Muslim akan dihadap tentang kabar kehancuran Kabah. Peristiwa tersebut disebabkan oleh sekelompok tentara berbangsa Habsyi. Mereka digambarkan memiliki misi untuk menghancurkan Kabah agar tak ada lagi umat Muslim yang pergi haji.

Peristiwa ini disebutkan dalam sebuah hadis yang berbunyi: “Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum Kabah ini tidak lagi didatangi orang untuk menunaikan ibadah haji.” (HR Hakim dan Abu Ya’la).

6. Matahari Terbit dari Barat

Selain rangkaian bencana alam di bumi, tragedi besar yang menjadi tanda kiamat kubra adalah terbitnya matahari dari barat. Jika hal itu tiba, semua taubat tak lagi diterima oleh Allah. Manusia hanya bisa menghitung hari menunggu tiupan sangkakala Malaikat Israfil.

Peristiwa ini disebutkan dalam sebuah hadis yang berbunyi: “Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga matahari terbit dari sebelah barat. Maka, apabila matahari terbit dari sebelah barat, lalu manusia pun akan beriman seluruhnya. Akan tetapi, kelakuan yang demikian itu di saat tidak berguna lagi keimanan seseorang yang belum pernah beriman sebelum beriman setelah kejadian tersebut atau memang berbuat kebaikan dengan keimanan yang sudah dimilikinya itu.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud).

Itu tadi enam tanda-tanda kiamat kubra menurut agama Islam. Semoga Ladies bisa mengambil hikmah dari penjelasan tersebut, ya.

Baca Juga:

Ketahui Pengertian dan Keutamaan Mati Syahid dalam Islam

Kumpulan Motto Hidup Islami, Bikin Hidup Jadi Bermakna

Rukun dan Syarat Sah Menikah dalam Islam