6 Penyebab Rambut Rontok Parah, Diet Terlalu Ketat Juga Termasuk Loh!

0
5

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Setiap orang mengalami siklus pergantian rambut. Siklus ini ditandai dengan kehilangan beberapa helai rambut setiap hari. Rambut yang rontok akan digantikan dengan rambut baru. Namun, jika kamu kehilangan rambut lebih dari 100 helai dalam sehari, kemungkinan kamu mengalami rambut rontok, Ladies. 

Jika kondisi tersebut tidak ditangani dengan segera, kamu akan berisiko mengalami penipisan rambut dan kebotakan dini, lho. Selain menurunkan kepercayaan diri, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis. Dalam artikel ini, Ladies Corner akan membahas mengenai gejala, penyebab, dan dan cara mencegah rambut rontok, Ladies. 

Penyebab Rambut Rontok

penyebab-rambut-rontok

Pada dasarnya, kerontokan rambut dapat terjadi secara perlahan maupun tiba-tiba. Dalam medis, rambut rontok berlebihan (lebih dari 100 helai per sehari) disebut telogen effluvium. Kerontokan ini dapat terjadi secara menyeluruh pada bagian kepala maupun sebagian. Jika tidak segera ditangani kondisi ini berpotensi menyebabkan kebotakan, Ladies.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan rambut mengalami kerontokan berlebihan, yaitu:

1. Faktor genetik

Jika kamu orang tua kamu memiliki riwayat kerontokan rambut, besar kemungkinan kamu akan mengalaminya juga, Ladies. Sejauh ini, faktor keturunan menjadi penyebab utama timbulnya rontok rambut parah. Selain itu, kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor genetik biasaya dapat diprediksi.

2. Kekurangan vitamin dan nutrisi

Sama halnya seperti tubuh, rambut yang kekurangan vitamin dan nutrisi juga rentan mengalami kerusakan. Selain menyebabkan rambut kering, kekurangan nutrisi tertentu seperti zat besi, vitamin C, kolagen, dan zinc dalam tubuh berpotensi membuat rambut mudah rontok, Ladies.

3. Stres

Stres yang tidak terkontrol dapat memicu kerontokan parah pada rambut. Meski begitu, rambut rontok akibat stres biasanya hanya bersifat sementara. Oleh sebab itu, kamu perlu mengelola stres agar tidak berdampak buruk ke rambut.

4. Penggunaan obat tertentu

Selain stres, mengonsumsi obat tertentu juga dapat meningkatkan risiko rambut rontok parah, Ladies. Beberapa obat yang rentan menimbulkan kerontokan rambut antara lain pil KB, obat kanker (kemoterapi), obat antikejang, obat asam urat, dan lain-lain. Sebaiknya konsultasikan efek samping obat tersebut kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

5. Perubahan hormon

Perubahan hormon pada wanita dapat menyebabkan rambut rontok. Contohnya adalah saat hamil, melahirkan, menyusui, bahkan menopause. Selain wanita, pria juga dapat mengalami kerontokan akibat adanya perubahan hormon.

6. Diet ekstrem

Ladies, hati-hati yang kalau sedang menjalani diet terlalu ketat. Penurunan berat badan yang terlalu drastis dalam waktu dekat dapat membuat rambut rontok parah.

Diet terlalu ketat menyebabkan tubuh kamu kekurangan nutrisi dan rentan stres. Untuk menghindari efek bsamping tersebut, sebaiknya kamu menerapkan diet sehat dengan gizi seimbang ya, Ladies. 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

penyebab-rambut-rontok

Dalam beberapa kasus, rambut rontok tidak memerlukan pengobatan khusus. Hal ini karena rambut kamu dapat tumbuh kembali dalam beberapa bulan secara alami.

Namun ada beberapa kasus kerontokan rambut yang perlu perawatan khusus. Oleh karena itu, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter kulit mengetahui penyebab utama kerontokan rambut kamu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan perawatan yang tepat untuk mengobati rambut rontok sesuai dengan penyebabnya, Ladies.

Jika kerontokan rambut kamu memerlukan perawatan medis terkhusus, dookter mungkin akan merekomendasikan obat-obatan, vitmamin, atau prosedur medis tertentu. Adapun beberapa prosedur medis yang dilakukan yaitu:

  • konsumsi obat-obatan dan vitamin tertentu
  • terapi laser untuk merangsang pertumbuhan rambut
  • operasi pengangkatan sebagian kulit kepala
  • operasi transplantasi rambut.  

Cara Mencegah Rambut Rontok

penyebab-rambut-rontok

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kerontokan rambut, meliputi:

  • Hindari penggunaan alat hair styling, seperti hair dryer, catokan, atau curling iron
  • Hindari penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia karena dapat menyebabkan kulit kepala dan rambut sensitif
  • Gunakan penutup kepala untuk melindungi rambut dari paparan sinar UV langsung, seperti kerudung, topi, dan lain-lain
  • Hindari menarik dan mengikat rambut terlalu kencang
  • Batasi konsumsi obat yang dapat menyebabkan rambut rontok
  • Menjaga dan mengelola stres dengan baik
  • Menggunakan sisi rambut dengan gigi yang tidak terlalu rapat
  • Menerapkan diet sehat dengan konsumsi makanan bergizi dan rendah lemak
  • Rutin menggunakan kondisioner, vitamin rambut, hair tonic, maupun masker rambut untuk merawat sekaligus mencegah kerontokan.

Itulah penjelasan mengenai penyebab dna cara mencegah rambut rontok. Selain itu, kamu perlu merawat rambut agar tetap kuat, sehat, dan berkilau. Yuk, cegah kerontokan rambut mulai dari sekarang, Ladies!

Baca Juga:

8 Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tahan Lama dan Sehat

7 Warna Ombre Rambut yang Cocok Bagi Kulit Sawo Matang

10 Rekomendasi Kondisioner Murah Kualitas Terbaik, Bikin Rambut Halus Berkilau