6 Manfaat Virgin Coconut Oil Untuk Kulit, Ini Cara Mengaplikasikannya

0
31

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Saat ini banyak produk kecantikan mengandung virgin coconut oil sebagai formula utama. Virgin coconut oil atau VCO berbeda dengan minyak kelapa biasa yang diproses secara kimia. VCO merupakan ekstraksi alami daging buah kelapa segar yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Jadi, tidak heran VCO banyak dijadikan sebagai bahan baku produk kecantikan.

Selain dikonsumsi, VCO juga bisa langsung diaplikasikan pada kulit Ladies. Penggunaan minyak kelapa murni secara rutin, dijamin bikin kulit jadi mulus, lembap, dan awet muda, Ladies.

Ragam Manfaat VCO

Manfaat-Virgin-Coconut-Oil

VCO mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh. Asam lemak ini membantu membuang racun di dalam tubuh. Tidak hanya itu, VCO juga kaya akan antioksidan tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kulit, loh. Berikut ini enam manfaat VCO bagi kulit yang wajib kamu tahu, Ladies!

1. Atasi Masalah Jerawat

Jerawat muncul karena pori-pori wajah yang tersumbat oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Penyumbatan ini menyebabkan bakteri cepat berkembang biak sehingga membuat kulit meradang.

Virgin coconut oil mengandung antioksidan yang bersifat anti inflamaai, sehingga efektif melawan bakteri penyebab jerawat.  Tidak hanya itu, antioksidan dalam minyak kelapa murni ini juga membantu meredakan peradangan yang disebabkan infeksi bakteri maupun masalah kulit seperti psoriasis, Ladies.

2. Mencegah Penuaan Dini

Radikal bebas dapat menimbulkan kerusakan kulit. VCO mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas. Tidak hanya itu, antioksidan juga membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Penggunaan secara rutin efektif membantu beragam masalah kulit mulai dari penuaan dini, jerawat, dan kekeringan kulit.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Penelitian menemukan bahwa VCO terbukti meningkatkan kadar kolagen dan antioksidan pada kulit. Kolagen merupakan jenis protein yang membantu mempercepat penyembuhan luka. Antimikroba yang terdapat dalam minyak alami ini efektif mencegah infeksi pada kulit. 

4. Pelembap Alami

Seperti penjelasan sebelumnya, virgin coconut oil bisa jadi pelembap alami karena efektif menghidrasi kulit secara optimal. Asam lemak tak jenuh dalam VCO dapat mengikat kadar air pada kulit wajah. Bahkan, VCO sangat baik digunakan bagi penderita masalah kulit seperti roscea, psoriasis, dan eksim.

5. Berfungsi sebagai Makeup Remover

Selain melembapkan serta melawan bakteri penyebab jerawat, virgin coconut oil juga bisa digunakan untuk menghapus makeup loh. Kamu bisa langsung mengaplikasikan VCO menggunakan kapas untuk membersihkan riasanmu. Wajah akan terasa lembap setelah dibersihkan.

6. Memudarkan Dark Circle

Kandungan alami dalam minyak kelapa murni efektif mengurangi hyperpigmented pada area sekitar mata atau dark circle. Lingkaran hitam ini dapat muncul akibat kelelahan atau kurang istirahat.

Untuk mengurangi dark circle, kamu bisa mengaplikasikan virgin coconut oil di area bawah mata. Gunakan secara teratur agar hasilnya maksimal, Ladies.

Cara Mengaplikasikan Virgin Coconut Oil Pada Kulit

Manfaat-Virgin-Coconut-Oil

Virgin coconut oil sebenarnya bisa langsung dioleskan ke kulit tubuh, Ladies. Namun bagi kulit sensitif sebaiknya lakukan skin test terlebih dahulu. Caranya dengan mengoleskan sedikit VCO pada leher atau belakang telinga. 

Jika timbul alergi atau reaksi tertentu, artinya kulit kamu tidak cocok menggunakan VCO. Tapi kalau tidak menimbulkan reaksi buruk, bisa langsung coba diaplikasikan pada kulit wajah ataupun bagian lain yang membutuhkan.

Dari penjelasan di atas, ternyata virgin coconut oil punya banyak manfaat untuk kulit kita. So, nggak ada salahnya kamu menggunakan VCO sebagai skincare alami harianmu. Tapi, segera hentikan penggunaannya jika tidak cocok di kulitmu, Ladies.

Baca Juga:

Manfaat Citra Fresh Glow Multifunction Gel, Ampuh Bikin Kulit Sehat

Jangan Sembarang Pilih! Ini Rekomendasi 5 Serum untuk Remaja

7 Rekomendasi Pelembap untuk Kulit Kering dan Berminyak yang Berjerawat