6 Manfaat Membaca Surat Yasin yang Wajib Diketahui Umat Muslim

0
24

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Apakah Ladies sering membaca surat Yasin di waktu tertentu seperti malam Jumat atau malam nisfu sya’ban? Apakah Ladies tahu apa hukumnya dan apa saja manfaat membaca surat ini?

Jika belum tahu, informasi dalam artikel berikut ini akan sangat membantu Ladies dalam mendapat keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT. So, baca artikel ini sampai habis ya, Ladies.

Hukum Membaca Surat Yasin Di Malam Jumat

manfaat-surat-yasin

Ada beberapa ulama yang menganggap bahwa membaca surat Yasin di malam Jumat itu sebagai bid’ah. Bid’ah diambil dari bida’ yaitu mengadakan sesuatu tanpa ada contoh yang akurat.

Ustaz Abdul Somad dalam channel Dakwah Majelis Ilmu menjelaskan perihal ini. Beliau menjelaskan jika memang Nabi Muhammad SAW tidak pernah mengkhususkan membaca Yasin di malam Jumat. Akan tetapi, bukan berarti membacanya disebut sebagai bid’ah.

Ustaz Abdul Somad juga menambahkan, jika membacanya setiap malam tidak memungkinkan, maka tidak apa-apa jika membacanya di hari khusus, seperti malam Jumat. Hari ini dipilih karena menjadi hari agung atau dikenal dengan sayyidul ayyam (penghulu hari). Jadi, membaca surat Yasin akan lebih baik jika dibaca setiap hari, tetapi dibaca di malam Jumat juga tidak apa-apa. 

Hukum Membaca Surat Yasin di Malam Nisfu Sya’ban

manfaat-surat-yasin

Selain malam jumat, surat Yasin juga sering dibaca di malam nisfu syaban. Namun, menurut Kyai Yahya Zainul Ma’arif (Buya Yahya), Nabi Muhammad memang tidak membaca surat Yasin di malam Nisfu Sya’ban. Akan tetapi, beliau menyebut jika membaca surat Yasin di malam nisfu sya’ban termasuk dalam tawasul dengan amal soleh.

Manfaat Membaca Surat Yasin

manfaat-surat-yasin

Setelah mengetahui hukum membaca surat Yasin menurut para ulama, ada baiknya kita mengetahui informasi lainnya. Di bawah ini ada enam manfaat yang dapat kita rasakan dari membaca dan mengamalkan surat Yasin.

1. Mendapat kelancaran rezeki

Ladies ingin mendapatkan rezeki yang lancar? Surat Yasin bisa menjadi ayat yang ampuh untuk mendukung tercapainya hal tersebut.

Menurut Imam Ad-Darimi, barang siapa yang membaca dan mengamalkan surat Yasin di pagi hari, maka pekerjaannya di hari itu akan dilancarkan Allah SWT. Begitupun jika membacanya di akhir hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya juga akan dimudahkan.

2. Memperoleh banyak keberkahan dalam hidup

Rezeki tidak hanya berupa materi, tetapi juga dapat berupa keberkahan bagi setiap orang yang membaca surat Yasin. Artinya, rezeki tersebut akan bermanfaat dan tidak cepat habis. Oleh karena itu, jika ingin mendapat keberkahan yang berlimpah, dianjurkan untuk membaca surat Yasin di pagi hari, sesuai anjuran Imam Ad-Darimi.

3. Mendapat ampunan dari Allah SWT

Selanjutnya, manfaat membaca surat Yasin lainnya yaitu mendapat ampunan dari Allah SWT. Terutama jika kita terus mengamalkannya sesering mungkin, maka bukan tidak mungkin jika dosa-dosa yang besar pun akan diampuni oleh Allah SWT. Hal ini dijelaskan oleh Abu Hurairah Ra dalam hadist riwayat At-Thabrani dan Al-Baihaqi yang berbunyi:

“Siapa yang membaca (Surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya.”

4. Terlindungi dari adanya malapetaka

Surat yasin juga bermanfaat sebagai obat malapetaka loh, Ladies. Jadi, ketika hidup sudah terasa begitu melelahkan, sial sering menghampiri, maka surat Yasin bisa menjadi pelebur dan menenagkan hati, Ladies.

Dengan rajin membaca surat yasin, Allah SWT akan memberikan perlindungan kepada kita dengan menjauhkan dari segala penyakit, dilindungi selama hidup di dunia, dan akhirat. Tidak hanya itu, rajin membaca surat Yasin juga akan dimudahkan saat ajal menjemput. 

5. Terhindar dari siksa kubur

Selain bermanfaat untuk kehidupan di dunia, surat Yasin juga diyakini mendatangkan manfaat di alam kubur nanti. Seperti yang dijelaskan dalam tafsir Nur ats-tsagalayn yang berbunyi:

“Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan Surat Yasin, maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksa kubur mereka. Serta, diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu.”

6. Mempermudah sakaratul maut

Manfaat membaca surat Yasin selanjutnya adalah dipermudah saat sakaratul maut. Hal ini dijelaskan dalam tafsir Al-Qur’an Al-Azhim yang berbunyi:

  • “Membaca Surat Yasin di sisi mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh,” (Tafsir Al-Qur’an Al-Azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi).
  • “Disunnahkan membaca Surat Yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian,” (Al–Majmu’syaih Al-Muhadzdzab 5 /76 Dar’alim alkitab).

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa surat Yasin bermanfaat untuk mempermudah kita dalam berbagai aspek hidup, mulai dari rezeki hingga maut. Semoga kita dapat mengamalkan surat Yasin dengan rutin agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. 

Baca Juga:

6 Keutamaan Surat Al Mulk, Memberi Syafaat dan Ketenangan

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat, Penting Banget!

Makna dari Surat Al Waqiah, Lengkap dengan Latin dan Terjemahannya