6 Manfaat Membaca Surat Maryam dalam Ajaran Islam

0
102

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Ladies, tahu enggak sih kalau ibu yang sedang hamil itu dianjurkan untuk membaca Surat Maryam? Hal ini karena surat tersebut dipercaya mendatangkan banyak manfaat dan memberikan keberkahan bagi sang ibu dan calon buah hatinya. 

Surat yang terdiri dari 98 ayat ini tidak hanya mengisahkan perjuangan Maryam ketika melahirkan Nabi Isa AS. Tetapi ada juga kisah lainnya yang juga menggambarkan tentang kebesaran Allah SWT. Apa saja? Berikut ini ada keutamaan membaca Surat Maryam, khususnya untuk ibu hamil.

1. Memberikan Ketenangan Saat Proses Persalinan

Ketika seorang ibu hamil selalu mengamalkan Surat Maryam, maka niscaya ia akan mendapat ketenangan saat menghadapi persalinan. Sebagaimana yang sudah dijelaskan oleh firman Allah SWT dalam Surat Maryam ayat 23-25 yang menggambarkan tentang kesabaran dan ketegaran Maryam saat persalinan. 

Artinya: “Kemudian rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, Maryam berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan. Kemudian, Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, Sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu” (QS Maryam: 23-25)

2. Mendoakan Anak agar Menjadi Anak yang Berbakti Kepada Orang Tua

Selanjutnya,  Surat Maryam yang diamalkan juga merupakan sebuah bentuk ikhtiar seorang ibu dalam mendoakan buah hatinya agar menjadi anak yang berbakti. Inilah yang telah digambarkan dalam Surat Maryam ayat 14 yang berbunyi:

Artinya: “Dan sangat berbakti kepada kedua orang tuanya dan dia bukan orang yang sombong bukan pula orang yang durhaka” (QS. Maryam: 14).

3. Meningkatkan Kecerdasan Janin

Tahu kah Ladies kalau membaca Al-Quran itu dapat meningkatkan kecerdasan janin dalam kandungan? Hal ini juga yang menjadi keutamaan membaca Surat Maryam. Surat tersebut bisa mendatangkan manfaat bagi tumbuh kembang sang janin sebelum lahir. Lalu, setelah lahir, bayi akan tumbuh menjadi orang yang cerdas, penuh kasih sayang dan memiliki kepedulian kepada sekitarnya.

4. Memperkuat Dinding Keimanan

Isi Surat Maryam menunjukkan kehendak Allah SWT yang terjadi walaupun tidak sesuai dengan hukum alam. Ini mengajarkan kita bahwa Allah Maha memiliki kuasa atas segala sesuatu dan tidak ada yang tidak mungkin bagi-Nya.

Nah, inilah yang menjadi teladan keimanan dan salah satu dari keutamaan surat Maryam untuk ibu hamil. Di mana, ibu hamil bisa menjadikan surat maryam sebagai doa agar dirinya serta anak yang dikandungnya memiliki keimanan sesuai dengan kisah Maryam tersebut.

5. Memperkuat Kesuburan Kandungan 

Surat Maryam tidak hanya menggambarkan kisah tentang Maryam tetapi juga kisah Nabi Zakaria. Di mana surat ini juga diyakini sebagai sebuah mujizat yang diberikan kepada Nabi Zakaria dalam mendapat keturunan. Sebab, dalam surat tersebut dikisahkan tentang Nabi Zakaria yang tak kunjung dikaruniai anak hingga masuk usia tua. 

Beliau kemudian memohon dan berdoa kepada Allah SWT. Lalu, doanya itu dikabulkan dengan mengutus Maryam bin Imran menjadi anak angkatnya. Setelah mengasuh Maryam, kemudian lahirlah Yahya bin Zakaria yang selanjutnya meneruskan risalah kenabian. Dari kisah inilah, Surat Maryam diyakini memiliki kekuatan untuk mendatangkan kesuburan bagi orang yang belum juga dikaruniai anak meski sudah lama menikah.

6. Selalu Mengingat Kebesaran Allah SWT

Sudah dijelaskan sebelumnya, jika Surat Maryam berisi tentang kebesaran dari Allah SWT karena menunjukkan bahwa sesuatu yang tidak mungkin bisa menjadi nyata. Kisah-kisah seperti istri Nabi Zakaria yang mandul, Maryam yang tidak pernah disentuh lelaki kemudian hamil, menunjukkan adanya kebesaran Allah SWT. 

Untuk itu, ketika seorang perempuan diberi kepercayaan untuk memiliki seorang anak itu bisa menjadi bentuk kebesaran Allah SWT. Maka, sudah sewajarnya jika ibu hamil harus mensyukuri dan mengakui kebesaran Allah SWT.

Demikianlah keutamaan dan manfaat membaca Surat Maryam, khususnya bagi ibu hamil. Semoga kita selalu bisa mengamalkan ayat-ayat suci Allah SWT dan mendapat ridho atas-Nya ya Ladies!

Baca Juga:

Kumpulan Motto Hidup Islami, Bikin Hidup Jadi Bermakna

Wajib Tahu! Ini Doa untuk Kesembuhan Orang Tua yang Sakit

Kumpulan Doa Agar Dagangan Laris dan Berkah