6 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

0
22

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang tinggi serat. Selain diolah menjadi sayur bening, jagung juga sering dimasak menjadi berbagai jenis camilan seperti seperti jagung bakar, jagung susu, bakwan jagung, dan lain-lain.

Tetapi apakah Ladies tahu bahwa jagung mengandung banyak nutrisi di dalamnya? Jagung tentu kaya akan karbohidrat kompleks, serat, protein, kalium, fosfor, zat desi, vitamin B3, vitamin B5, vitamin C, antioksidan, dan masih banyak lagi.

Seluruh nutrisi tersebut membuat jagung menjadi bahan pokok pengganti nasi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Mari simak artikel ini sampai habis ya, Ladies. 

1. Sumber Energi Bagi Tubuh

Manfaat-Jagung-Bagi-Kesehatan

Seperti yang sudah diketahui, jagung merupakan salah satu makanan pokok alternatif penggan nasi. Karbohidrat kompleks dalam jagung bisa menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh kita. Dengan merebusnya, kita bisa mengonsumsi jagung sebagai pengganti nasi dengan rasa yang nikmat, loh!

2. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat-Jagung-Bagi-Kesehatan

Selain wortel, termyata jagung juga kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, loh. Dilansir dari laman Healthline, kandungan karotenoid dalam jagung berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang rajin mengonsumsi karotenoid memiliki risiko degenerasi makula lebih rendah.

3. Bagus untuk Kesehatan Jantung

Manfaat-Jagung-Bagi-Kesehatan

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia, Ladies. Untuk mencegah penyakit tersebut, kamu bisa mengonsumsi jagung.

Hal ini karena jagung kaya akan vitamin c, karotenoid, bioflavonoid, serat, dan asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Dengan mengonsumsi jagung secara rutin, efektif membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Mencegah Penyakit Pencernaan Sembelit

Dilansir dari Organic Facts, tingginya kandungan serat dalam jagung dapat mencegah sembelit. Serat dibutuhkan oleh sistem pencernaan agar terhindar dari sembelit, diare, dan wasir. Pencernaan yang lancar juga memengaruhi metabolisme tubuhmu. Oleh karena itu, nggak ada salahnya mengganti nasi dengan jagung agar pencernaan lebih sehat.

5. Mencegah Penyakit Anemia

Manfaat-Jagung-Bagi-Kesehatan

Untuk Ladies yang memiliki keluhan anemia, jangan khawatir! Jagung mengandung zat besi yang dapat membentuk sel darah merah, sehingga membantu mencegah anemia. Dengan mengonsumsi secara rutin, keluhan anemia seperti sakit kepala, lemas, dan pandangan berkunang-kunang akan berkurang secara signifikan, Ladies. 

6. Menjaga Kesehatan Kulit dan Saraf

Manfaat-Jagung-Bagi-Kesehatan

Ada berbagai jenis vitamin B yang terkandung dalam jagung, mulai dari vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, hingga vitamin B9. Kombinasi vitamin B kompleks tersebut membantu menjaga kesehatan saraf dan kulit. Bahkan kombinasi vitamin ini juga baik untuk kamu yang sedang hamil, Ladies!

Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat jagung bagi kesehatan tubuh. Selain rasanya nikmat, ternyata jagung juga baik untuk tubuh kita. So, nggak ada salahnya mengganti nasi putih dengan jagung rebus yang kaya akan manfaat, Ladies. 

Baca Juga:

Infused Water: Kenali Manfaat dan Cara Membuatnya, Baik untuk Tubuh

12 Manfaat Wedang Uwuh yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh