6 Manfaat dan Kalori Nasi Putih, Benarkah Bikin Gemuk?

0
20

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, mayoritas orang Indonesia mengonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok. Bahkan, sampai ada anggapan bahwa orang Indonesia belum kenyang jika makan tanpa nasi. Apakah Ladies juga sepakat dengan hal ini?

Di balik rasanya yang enak dan mengenyangkan, beredar juga kabar bahwa nasi putih bisa bikin gemuk. Untuk mengecek kebenarannya, mari simak artikel ini sampai habis, Ladies!

Kalori dan Nutrisi pada Nasi

Manfaat-dan-Kalori-Nasi-Putih

Dilansir dari SehatQ, nasi putih memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Selain karbohidrat, nasi putih juga mengandung nutrisi lainnya, loh. Dalam satu porsi atau sekitar 186 gram nasi mengandung nilai nutrisi berikut ini:

  • Kalori: 242 kalori
  • Karbohidrat: 53,4 gram
  • Protein: 4,4 gram
  • Serat: 0,6 gram
  • Lemak: 0,4 gram

Selain itu, ada juga vitamin B kompleks, berupa niacin, tiamin, dan riboflavin, yang baik untuk mengubah gula menjadi energi. Tidak hanya itu, nasi putih juga menjadi sumber mineral antara lain magnesium, mangan, dan zat besi.

Manfaat Nasi bagi Tubuh

Manfaat-dan-Kalori-Nasi-Putih

Kandungan vitamin, karbohidrat, dan mineral di dalam nasi putih membuat makanan pokok ini memiliki banyak manfaat. Adapun beberapa manfaat nasi putih untuk kesehatan yaitu:

1. Sebagai sumber energi

Dengan kandungan utama berupa karbohidrat, jelas bahwa nasi menjadi sumber energi untuk aktivitas harian kita. Saat mengonsumsi nasi, karbohidrat akan diubah oleh tubuh menjadi energi dan disebarkan ke seluruh sel tubuh.

Jadi, jangan sampai kamu diet ekstrim tanpa makan nasi putih ya, Ladies. Hal ini karena kekurangan karbohidrat membuat tubuh mudah lelah.

2. Menjaga kesehatan usus

Selain karbohidrat, nasi mengandung serat yang baik untuk pencernaan, Ladies. Dalam tubuh kita, serat akan diubah menjadi asam lemak yang membantu mengurangi risiko terkena kanker kolorektal.

3. Membantu menjaga kesehatan tulang, saraf, dan otot

Kandungan magnesium dalam nasi juga baik untuk menjaga kesehatan tulang, saraf, dan otot, Ladies. Asalkan dikonsumsi dalam porsi yang wajar, nasi baik untuk kesehatan tubuh,.

Benarkah Nasi Putih Membuat Gemuk?

 Manfaat-dan-Kalori-Nasi-Putih

Pada dasarnya, mengonsumsi jenis makanan apapun secara berlebihan dapat meningkantkan risiko kegemukan. Hal ini karena secara alamiah tubuh kita akan menyimpan kalori yang berlebih dalam bentuk lemak sebagai cadangan energi. 

Jadi, konsumsilah nasi dalam jumlah yang tepat alias tidak berlebihan. Selama kita makan nasi dengan jumlah cukup, kita tidak akan mengalami kegemukan. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Dalam sepiring nasi berisi menu yang mencukupi kebutuhan tubuh, mulai dari karbohidrat seperti nasi, vitamin dan mineral dari sayur serta buah, dan protein dari daging. Hindari juga mengonsumsi nasi bersama dengan karbohidrat lainnya seperti mie, roti, dan gorengan yang tinggi lemak.

Hati-Hati pada Kandungan Gula Tinggi

Manfaat-dan-Kalori-Nasi-Putih

Dibandingkan nasi jenis lainnya, nasi putih memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi. Hal ini tentu memengaruhi kenaikan gula darah. Oleh karena itu, penting untuk mengatur porsi nasi setiap kali makan. Untuk penderita diabetes, konsumsi nasi putih biasanya akan diganti dengan nasi merah atau nasi coklat yang kadar indeks glikemiknya lebih rendah.

Bagaimana, Ladies? Ternyata nasi putih punya manfaat baik juga buat tubuh. Asalkan kita mengonsumsinya dengan bijak, nasi putih nggak akan menyebabkan kegemukan, kok. Baca Juga:

7 Jenis Sayuran Tinggi Nutrisi untuk Ibu Hamil, Bikin Tubuh Sehat

Jadwal Makan Diet yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan

Biar Tetap Sehat, Ini Daftar Suplemen Vitamin C yang Bagus