6 Keutamaan Surat Al Mulk, Memberi Syafaat dan Ketenangan

0
55

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Semua ayat dalam Al Quran merupakan firman-firman Allah SWT yang isinya berupa aturan, larangan, dan janji-janji Allah kepada semua makhluk ciptaan-Nya. Oleh karena itu, setiap surat biasanya memiliki keutamaannya masing-masing, sesuai dengan isi di dalamnya. 

Kali ini Ladies Corner akan membahas salah satu dari surat dalam Al Quran yang memiliki banyak keutamaan yaitu surat Al Mulk. Bahkan kita dianjurkan untuk membaca surat ini, paling tidak sebelum tidur karena bisa memberikan banyak manfaat dan keberkahan.

Keutamaan Surat Al Mulk

1. Diberikan pengampunan dosa

Keutamaan surat Al Mulk yang pertama adalah membuat siapa pun yang membacanya akan diampuni dosa-dosanya. Hal ini sudah dijelaskan dalam beberapa hadist. Di antaranya dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda:

“Ada surat dari Al Qur’an yang terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk“. (HR. Abu Dawud)

Selain itu, Anas bin Malik mengatakan, Rasulullah SAW bersabda:

“Ada surat dari Al Qur’an, ia hanya terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat membela ‘temannya’ sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarok“. (HR. Thabrani dalam Mu’jam Al Ausath)

2. Menjauhkan diri dari maksiat

Surat Al Mulk menjealskan bahwa orang yang taat pada Allah adalah orang yang tetap taat meski tidak ada yang melihatnya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam ayat berikut:

“Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah”, ( QS Al Mulk:12 ).

Untuk itu, bagi siapa pun yang membaca surat ini akan mendapat pelajaran akan sikap taat pada Allah SWT. Sehingga kita bisa menjauhkan diri dari tindakan maksiat yang merugikan.

3. Menyelamatkan dari siksa kubur

Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, kita akan mengalami kematian dan berpindah dari alam dunia ke alam kubur. Nantinya, kita diharuskan untuk mempertanggungjawabkan semua perbuatan di dunia. 

Salah satu yang dapat memberi pertolongan dari siksa kubur adalah amal perbuatan kita semasa hidup, seperti sholat, beramal, dan membaca Al-Qur’an. Surat Al Mulk adalah salah satu surat yang bisa menyelamatkan kita dari siksa kubur, sebagaimana sabda Nabi dalam hadist berikut:

Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah azza wa jalla menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rosululloh-shollallohu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabullah, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan”, (HR. An Nasa’i).

4. Membuat kita jadi orang bertawakal

Tidak hanya menjauhkan diri kita dari maksiat, surat Al Mulk juga bisa membuat kita menjadi orang yang bertawakal. Sebagaimana yang sudah tercantum dalam surat Al Mulk ayat 15: 

هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِنْ رِزْقِهِ

Artinya: “Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya.” (QS. Al Mulk: 15).

5. Dinaikkan derajatnya oleh Allah SWT

Oleh karena manusia bukanlah makhluk yang tak luput dari dosa, maka kita pasti menginginkan ampunan dari Allah SWT agar diberikan kebaikan oleh-Nya. Nah, ampunan dan kebaikan ini bisa kita dapatkan dengan rutin membaca surat Al Mulk sebelum tidur, loh. 

Selain ampunan dan kebaikan, derajat kita juga akan dinaikkan oleh Allah SWT masing-masing 30 kebaikan dan 30 ampunan. Dari Ibnu Abbas ra. bahwa ia berkata, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Bahwasanya aku tidak menjumpai di dalam kitab Allah suatu surat yang terdiri 30 ayat. Barangsiapa membacanya ketika akan tidur, maka dengan pembacaan itu Allah menetapkan tiga puluh kebaikan baginya, dihapuskan tiga puluh kejelekannya, ditingkatkan baginya tiga puluh derajat, dan Allah mengutus seorang malaikat dari para malaikat untuk mengembangkan sayapnya untuknya dan menjaganya dari segala kejahatan hingga ia bangun. Surat ini dapat menolak siksa kubur dan mahsyar, yaitu “TABARAKAL-LAZI BI YAHDIHIL-MULKU.” (HR.Ad Dailami)

6. Memberikan syafaat pada hari kiamat

Keutamaan surat Al Mulk lainnya adalah bisa memberikan syafaar kepada kita di hari kiamat. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW berikut:

“Bahwasannya satu surat dari kitab Allah yang isinya 30 ayat, dapat memberikan syafaat pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkannya dari neraka dan memasukkannya ke surga yaitu surat “Tabarak”.”  (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi, dan Beliau, dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’).

Itulah penjelasan mengenai keutamaan membaca surat Al Mulk. Jangan lupa untuk membaca dan mengamalkannya ya, Ladies. Dengan begitu, kita akan diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

Baca Juga:

Bacaan Surah Al-Falaq dan Keutamaannya dalam Islam

7 Nama-Nama Lain Hari Kiamat Menurut Islam, Wajib Diketahui!

Muhasabah Diri, Cara Intropeksi Diri dalam Ajaran Islam