6 Keutamaan Menuntut Ilmu dalam Islam, Jaminan Bahagia Dunia dan Akhirat

0
30

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Pada dasarnya, ilmu berarti pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem dengan metode tertentu. Ilmu ini dapat digunakan untuk menjelaskan segala hal dalam suatu bidang pengetahuan.

Ilmu juga bisa diartikan sebagai pengetahuan atau kepandaian tentang soal duniawi, akhirat, lahir, batin, dan sebagainya. Oleh karena itu, sebagai makhluk hidup yang berakal, menuntut ilmu hukumnya wajib.

Selain menjadi kewajiban, ternyata menuntut ilmu memiliki keutamaan, loh. Nah, kira-kira apa saja ya keutamaan menuntut ilmu? Berikut penjelasan keutamaan menuntut ilmu dalam pandangan Islam. Mari simak sampai habis, Ladies!

Keutamaan Menuntut Ilmu dalam Pandangan Islam

keutamaan-menuntut-ilmu-dalam-islam

Dalam Islam, tepatnya Surat Al-Mujadilah ayat 11 menjelaskanbahwa barang siapa yang menuntut ilmu maka akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. Berikut ini adalah perintah Allah SWT bagi umat manusia agar menuntut ilmu:

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.”

Berdasarkan kutipan ayat tersebut, dapat disimpuljan bahwa menuntut ilmu memiliki banyak manfaat di dunia maupun akhirat. Adapun manfaat yang dapat diperolah adalah sebagai berikut.

1. Dimudahkan Jalannya Menuju ke Surga

Dalam hadis riwayat Muslim, salah satu keutamaan dari menuntut ilmu adalah dimudahkan jalannya menuju surga. Adapun penjelasan hadis tersebut sebagai berikut:

“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga,” (H. R. Muslim: 2699).

2. Amalan yang Tidak Terputus Pahalanya

Sebagaimana yang tertulis dalam hadis riwayat Bukhori dan Muslim, dijelaskan bahwa ilmu adalah amalan yang tidak akan terputus pahalanya. Ilmu menjadi amal jariyah bagi manusia apabila dijalankan dengan penuh keikhlasan.

”Jika manusia meninggal maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara: shodaqoh jariahnya, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya, “ (H. R. Bukhori dan Muslim).

3. Menjadi Saksi terhadap Kebenaran

Dalam Alquran Surat Ali-Imran ayat 18, Allah SWT berfirman:

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ ۚ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Artinya: “Allah menyatakan bahwasanya tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali dia. Yang menegakkan keadilan. para malaikat dan orang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu.”

4. Dicintai oleh Rasulullah SAW

Ternyata orang yang gemar menuntut ilmu akan dicintai oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu, Rasulullah SAW juga mendoakan orang-orang yang mencari ilmu. Hal ini dijelaskan dalam hadis riwayat Abu Daud yang berbunyi:

“Dari Zaid bin Tsabit ia berkata, “Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Semoga Allah memperindah orang yang mendengar hadits dariku lalu menghafal dan menyampaikannya kepada orang lain, berapa banyak orang menyampaikan ilmu kepada orang yang lebih berilmu, dan berapa banyak pembawa ilmu yang tidak berilmu, ” (dari Zain bin Tsabit dalam H. R. Abu Daud).

5. Ilmu adalah Anugerah dari Allah SWT yang Sangat Besar

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat Al-Baqarah ayat 269 yang menjelaskan bahwa ilmu adalah anugerah dari Allah SWT yang sangat besar.

يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya: “Dia menganugerahkan hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa yang dianugerahi hikmah, sesungguhnya dia telah diberi kebaikan yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang mempunyai akal sehat”.

6. Bahagia Dunia dan Akhirat

 

Keutamaan lain dari orang yang menuntut ilmu adalah mendapatkan kebahagian di dunia dan akhirat. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَةَ فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

Artinya: “Barang siapa menginginkan kebahagian dunia, maka tuntutlah ilmu dan barang siapa yang ingin kebahagian akhirat, tuntulah ilmu dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, tuntutlah ilmu pengetahuan,”  (Manaqib Asy Syafi’i, 2/139).

Nah, itulah keutamaan menuntut ilmu dalam Islam. Semoga dengan mengetahui informasi dapat menambah semangat kita dalam belajar dan meraih cita-cita ya, Ladies!

Baca Juga:

4 Doa Meminta Kemudahan dalam Segala Urusan Hidup

6 Doa Tata Cara Shalat Jenazah, Lengkap Beserta Artinya