6 Keutamaan Membaca Ayat Kursi, Bahkan Membuka Pintu Rezeki

0
8

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Ladies, banyak dari kita yang mengetahui bahwa salah satu keutamaan ayat kursi adalah melindungi kita dari godaan setan. Hal ini karena ayat kursi dikategorikan sebagai ayat yang paling agung. Sebab di dalam ayat kursi terdapat nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum

Lantas apa saja keutamaan membaca ayat kursi bagi kehidupan kita, Ladies? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak penjelasan berikut ini. Kali ini Ladies Corner sudah merangkum keutamaan membaca ayat kursi menurut ulama.

Lafadz Ayat Kursi

Keutamaan-Membaca-Ayat-Kursi

Di dalam ayat kursi terdapat pemaparan tiga macam tauhid yaitu tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, dan tauhid nama dan sifat Allah. Bacaan ayat kursi yang selama ini kita lantunkan adalah ayat yang terletak dalam surat Al Baqarah ayat 255:

Keutamaan-Membaca-Ayat-Kursi

Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim.

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar,” (QS. Al Baqarah: 255).

Keutamaan Ayat Kursi

Keutamaan-Membaca-Ayat-Kursi

Dalam hadist riwayat Al-Bukhari, Rasulullah pernah menjelaskan jika kita membaca ayat kursi pada malam hari, maka Allah melindungi kita dari godaan setan dari hingga pagi hari. Bahkan dalam hadist lain yang diriwayatkan An Nasa Rasulullah SAW menjelaskan bahwa membaca ayat kursi selesai salat dapat melindungi kita dari siksa api neraka.

Selain kedua keutamaan tersebut, ayat kusri menyimpan manfaat positif lainnya. Nah, berikut ini manfaat membaca ayat kursi yang wajib kamu ketahui sebagai umat Muslim.

1. Merupakan ayat paling utama di Alquran

Sebagai salah satu ayat dalam Al-Quran, ternyata ayat kursi menjadi ayat yang paling utama. Seperti yang disebutkan dalam Tafsir Jalalain dan Ibnu Katsir dalam sebuah hadist shahih dari Rasulullah SAW. Imam Ahmad juga menyatakan hal serupa:

Keutamaan-Membaca-Ayat-Kursi

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah menceritakan kepada kami Sufyan, dari Sa’id Al-Jariri dari Abus Salil dari Abdullah Ibnu Rabah dari Ubay ibnu Ka’b bahwa Nabi SAW pernah bertanya kepadanya, Ayat Kitabullah manakah yang paling agung? Ubay menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Nabi SAW mengulang-ulang pertanyaannya, maka Ubay menjawab, “Ayat Kursi.” Lalu Nabi SAW bersabda: Selamatlah dengan ilmu yang kamu miliki, hai Abdul Munzir. Demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman kekuasaan-Nya, sesungguhnya Ayat Kursi itu mempunyai lisan dan sepanjang bibir yang selalu mensucikan Tuhan Yang Mahakuasa di dekat pilar Arasy,” (HR Muslim).

2. Membukakan pintu rezeki dan hikmah

Ada sejumlah doa dan ayat dalam Alquran yang diyakini membantu memperlancar rezeki, salah satunya ayat kursi. Tidak hanya rezeki, Allah SWT juga akan membukakan pintu hikmah bagi siapa pun yang membaca ayat kursi sebanyak 18 kali setiap harinya.

Umat Muslim yang membaca ayat kursi akan dinaikkan dan dimudahkan rezekinya oleh Allah di dunia dan akhirat. Dengan membacanya sebanyak 18 kali sehari, Allah akan memberikan pengaruh besar sehingga orang akan senantiasa menghormati kita.

3. Terhindar dari setan hingga waktu pagi

Ada sebuah riwayat hadist yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW menjelaskan keutamaan ayat kursi sebelum tidur. Keutamaan ini berupa penjagaan saat seseorang terlelap hingga pagi hari. Berikut dikutip dari Abu Hurairah:

Keutamaan-Membaca-Ayat-Kursi

Artinya: “… bila engkau akan beranjak ke tempat tidurmu maka bacakah ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan ‘Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum’. Karena sesungguhnya ia (dapat menjadikanmu) senantiasa mendapatkan penjagaan dari Allah dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari,” (HR. Bukhari).

4. Mendapat perlindungan Allah SWT

Selain rezeki dan hikmah, Allah juga akan menolong siapa pun yang membaca ayat kursi. Kita akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dan terhindar dari segala bencana yang akan menimpa. Apalagi jika kita membacanya di waktu salat subuh dan salat ashar.

5. Keagungan ayat tersebut melebihi langit dan bumi

Dalam hadist riwayat Tirmidzi menyebutkan keagungan ayat kursi. Dalam hadist itu menyebutkan bahwa keagungan ayat kursi melebihi langit dan bumi.Keutamaan-Membaca-Ayat-Kursi

Artinya: “Seperti diceritakan Abdullah bin Mas’ud: “Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah).” Sufyan ats-Tsauri berkata, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi,”‘ (HR Tirmidzi).

6. Ayat yang setara dengan membaca seperempat Alquran

Selanjutnya dikutip dari buku Tanya Jawab Islam oleh Habib Mumu BSA menjelaskan riwayat Abu Hurairah bahwa Rasulullah pernah bersabda:

Keutamaan-Membaca-Ayat-Kursi

Artinya: “Sesungguhnya segala sesuatu pasti memiliki punuk dan punuknya adalah Alquran adalah surat Al Baqarah dan di dalamnya terdapat penghulu dari ayat-ayat Alquran yaitu, ayat kursi,” (HR At Tirmidzi).

Itulah penjelasan mengenai keutamaan ayat kursi. Beberapa hadist tersebut menunjukkan keutamaan ayat kursi yang sangat penting bagi kehidupan umat Muslim.

Ayat kursi termasuk pendek, jadi tidak ada salahnya untuk menghapal dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, kita senantiasa diberi keberkahan oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat, Ladies!

Baca Juga:

4 Doa Meminta Kemudahan dalam Segala Urusan Hidup

Doa Mendapat Pekerjaan dengan Cepat, Amalkan Setiap Hari

5 Bacaan Doa untuk Ketenangan Hati, Amalkan Saat Hati Galau