6 Cara Merawat Wajah Agar Putih Bersih dan Cerah, Goodbye Wajah Kusam!

0
33

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Wajah kusam bikin Ladies nggak pede ketemu banyak orang? Take it easy Ladies! Kamu bisa melakukan perawatan sederhana agar kulit wajah menjadi bersih, putih ,sekaligus cerah. Untuk memperoleh kulit wajah yang sehat, tidak melulu harus pergi ke klinik kecantikan dan menghabiskan banyak uang. 

Merawat wajah sedari dini juga merupakan bentuk pencegahan yang optimal untuk membuat kulit wajah tetap sehat. Berbagai masalah seperti jerawat, kusam, penuaan dini hingga bintik hitam bisa dicegah ataupun diatasi melalui perawatan rutin. So, here is the key, Ladies!

1. Membersihkan Wajah dengan Benar

Cara-Merawat-Wajah

Ladies, faktanya membersihkan wajah dengan cara yang salah justru menimbulkan berbagai masalah kulit, seperti kulit berminyak, kusam, kering, bahkan jerawat loh. Sebelum menyentuh wajah, pastikan tangan telah dicuci bersih dengan sabun agar tidak ada bakteri yang menempel.

Setelah itu, bersihkan wajah dengan makeup remover untuk mengangkat sisa makeup dan kotoran. Cuci bersih wajah dengan face wash yang sesuai jenis kulit dengan pijatan lembut agar kotoran wajah terangkat maksimal. 

Jika sabun sudah terbilas sempurna, keringkan wajah secara alami. Jangan dilap dengan handuk, Ladies! Biarkan wajah kering sendiri dengan ditepuk-tepuk lembut oleh ujung jari. Jagan lupa untuk membersihkan wajah minimal dua kali sehari ya.

2. Gunakan Skincare Lengkap

Cara-Merawat-Wajah

Setelah wajah bersih maksimal, sebaiknya segera gunakan skincare lengkap seperti toner, serum, pelembap, dan sunscreen. Aplikasikan juga toner saat wajah masih agak lembap supaya kandungan toner terserap optimal. Lalu aplikasikan serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu.

Untuk pagi hari kamu bisa menggunakan serum yang mengandung vitamin C, sedangkan di malam hari gunakan serum retinol. Namun, jika kamu memiliki kulit berjerawat, gunakan serum yang mengandung niacinamide dan tea tree oil, Ladies.

Apabila serum sudah terserap, gunakan pelembap untuk mengunci hidrasi kulit di wajahmu. Terakhir, jangan lewatkan sunscreen atau tabir surya tujuannya untuk melindungi kulit dari paparan radiasi sinar matahari UVA dan UVB.  So, penting pakai sunscreen setiap hari sebelum beraktivitas, Ladies.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Cara-Merawat-Wajah

Selain merawat kulit dari luar, mengonsumsi makanan sehat juga membantu merawat kesehatan kulit dari dalam loh. Pola makan erat kaitannya dengan kondisi kulit wajah. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa beberapa makanan efektif mencegah munculnya jerawat. 

Cobalah untuk mengonsumsi makanan rendah gula dan lemak yang menyehatkan kulit. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah  yang kaya vitamin, mineral, serta serat. Kamu juga wajib mengonsumsi air putih yang untuk menghidrasi kulit dari dalam.

4. Olahraga Rutin

Cara-Merawat-Wajah

Hormon stres di dalam tubuh dapat lebih terkontrol jika kita rajin berolahraga. Terkendalinya hormon stres dapat mencegah munculnya berbagai masalah kulit, Ladies. Nggak harus olahraga yang berat dan rumit, kamu bisa mulai dengan olahraga berintensitas rendah seperti jogging, yoga, bersepeda, atau renang.

Lakukan olahraga dua kali seminggu selama minimal 30 menit per sesi. Jadikan olahraga sebagai kebiasaan sehari-hari untuk agar tubuh lebih sehat secara keseluruhan dan terhindar dari berbagai penyakit.

5. Eksfoliasi Wajah

Cara-Merawat-WajahMenumpuknya sel kulit mati dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit. Lakukan eksfoliasi seminggu sekali agar kulit wajah lebih bersih dan cerah.

Kamu bisa menggunakan serum dengan kandungan AHA, BHA, dan PHA untuk mengangkat seluruh kototran dan sel kulit mati. Aplikasikan serum tersebut pada wajah lalu diamkan selama 15 sampai 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Setelah eksfoliasi, hindari penggunaan serum yang mengandung naicinamide dan vitamin C. Sebaiknya, aplikasikan serum yang mengandung cerimide untuk mengembalikan hidrasi kulitmu.

6. Pakai Masker Alami

Cara-Merawat-Wajah

Selain menggunakan produk skincare di pasaran, kamu juga bbisa menggunakan bahan alami untuk merawat wajah. Misalnya membuat masker alami dari putih telur, tomat, alpukat, timun, lidah buaya, dan lain-lain. Bahan alami tersebut mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulitmu, Ladies. 

Untuk penggunannnya, aplikasikan bahan alami ke wajah lalu diamkan kurang lebih 15 sampai 20 menit hingga benar-benar mengering. Bilas wajah dengan air hingga benar-benar bersih. Setelah itu, lanjutkan tahap skincare lainnya mulai dari serum dan pelembap.

Itulah enam cara merawat wajah agar terlihat cerah, bersih, dan mulus. Hal yang kamu ingat bahwa butuh konsistensi untuk mendapatkan kulit wajah sehat, Ladies. So, let’s try it!

Baca Juga:

7 Rekomendasi Lipstick Nude Cantik Dibawah 50 Ribu Rupiah

8 Tips Make Up Natural Tahan Lama Seharian, Bikin Cantik Seharian

7 Manfaat Tamanu Oil Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Ampuh Atasi Jerawat!